Campervan adalah kendaraan yang mengonsumsi daya listrik cukup besar (Sumber gambar: Pexels/Amanda Kevin)

3 Hal yang Harus Jadi Perhatian dalam Memilih Aki untuk Campervan

11 October 2024   |   21:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Campervan jadi kendaraan yang mulai dilirik oleh traveler untuk berwisata. Agar kendaraan yang kerap menjadi pilihan untuk berkemah itu tetap dapat diandalkan, pemilihan aki sangatlah penting. Dengan begitu, Genhype tidak boleh sembarangan ketika menggunakan komponen yang berfungsi sebagai sumber daya listrik tersebut. 

Aki merupakan komponen penting bagi kendaraan karena memiliki fungsi menyalurkan listrik dan menghidupkan kendaraan. Tanpa aki, mobil tidak bisa menyala. Sementara itu, kualitas aki yang tidak baik juga berpotensi membuat kendaraan mogok di tengah jalan, sehingga berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan. 

Baca juga: Mau Liburan Seru Bareng Keluarga atau Sahabat? Coba Sewa Campervan Yuk

Genhype pun perlu memastikan bahwa kondisi aki dalam mobil memiliki kondisi prima sebelum menempuh perjalanan, terlebih untuk campervan yang banyak digunakan untuk perjalanan jarak jauh mengunjungi sejumlah destinasi wisata.

Penting bagi kalian memilih aki dengan daya start andal, umur pakai panjang, dan perawatan yang mudah untuk kendaraan campervan yang membutuhkan listrik dengan daya yang besar. Berikut alasannya, seperti dilansir dari Bosch Indonesia. 
 

1. Daya start andal 

Genhype perlu memilih aki dengan daya start yang dapat diandalkan lantaran berfungsi untuk memberikan pasokan listrik yang diperlukan untuk menyalakan mesin serta mengoperasikan peralatan elektronik di campervan.

Aki yang ada dalam campervan harus dapat memberikan tenaga dan menghantarkan daya dengan baik serta memiliki daya kejut yang tinggi. Aki yang andal sangat penting lantaran campervan memiliki banyak fitur yang memerlukan daya listrik mumpuni.

Fitur tersebut seperti dashcam, fog lamp, dan CCTV. Di antara aki yang ada, Genhype dapat menggunakan jenis aki kering karena karakteristiknya dapat memudahkan sisi perawatan dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lebih panjang. Campervan biasanya mengonsumsi listrik sampai 500 watt selama 5-7 jam, termasuk saat mobil kendaraan sedang berhenti.


2. Umur pakai yang lebih lama 

Peran aki yang sangat krusial bagi kendaraan campervan membuat Genhype harus memilih sumber daya tersebut dengan umur pakai yang lebih lama. Bukan tanpa alasan, aki memiliki peran penting dalam mendukung kelistrikan mobil campervan – terutama pencahayaan dan aktivitas lainnya. 

Tidak hanya itu, aki yang baik juga dengan umur pakai yang lama, dapat membuat pengemudi tidak perlu khawatir dengan kelistrikan saat melakukan perjalanan dengan campervan. Sebab, mesin mobil akan tetap berfungsi dengan baik meskipun telah digunakan dalam jangka waktu panjang. 
 

3. Perawatan yang mudah  

Dalam memilih aki, Genhype juga perlu memilih yang mudah dalam perawatannya, serta tersedia untuk banyak tipe kendaraan. Dengan begitu, kalian yang tidak terlalu mengerti tentang aki tidak perlu cemas, termasuk ketika harus memasangnya lantaran tidak terlalu sulit.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Taylor Swift jadi Musisi Wanita Terkaya di Dunia Versi Forbes, Geser Posisi Rihanna

BERIKUTNYA

Cek Jadwal Babak Point Rush & Grand Finals FFWS Sea 2024 Fall

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: