Ilustrasi alternator mobil (dok: Suzuki Indonesia)

Kenali Ciri-Ciri Alternator Bermasalah sebelum Mobil Mogok

24 December 2021   |   12:44 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Pada kendaraan terdapat komponen yang bisa menyuplai arus listrik untuk menjalankan sistem kelistrikan, yaitu dinamo ampere. Komponen ini juga kerap disebut sebagai altenator dan berfungsi menjaga arus listrik saat mesin kendaraan hidup dan mengisi daya aki sehingga arusnya stabil dan semua sistem kelistrikan mobil bekerja dengan baik.

Apabila alternator rusak, penggunaan daya listrik pada mobil bisa lebih besar dari pemakaian normal.  Kondisi ini akan menyebabkan aki tekor atau boros. Apabila hal ini terjadi, maka suplai tenaga dari aki bisa habis dalam waktu sekejap.

Masalah yang bisa dialami adalah mobil bisa mogok tiba-tiba. Jadi penting sekali mengenali kondisi kelistrikan mobil ini dengan melihat kinerja dinamo ampere apakah masih baik atau sudah ada tanda-tanda mengalami kerusakan.

Baca jugaPengisian Aki Mobil Tidak Berjalan Lancar? Simak Dulu Penjelasan Ini

Berikut ini ciri-ciri alternator mobil bermasalah yang kondisinya sudah tidak prima mengutip Suzuki Indonesia.
 

1. Lampu sorot mobil redup

Tanda utama yang bisa dilihat yaitu lampu sorot mobil menjadi redup. Hal ini dikarenakan suplai listrik yang melemah sehingga intensitas cahaya lampu berkurang. Jika selalu redup bahkan saat berkendara di malam hari, sebaiknya segera cek komponen alternator mobil.
 

2. Lampu indikator dashboard nyala

Ciri kerusakan yang kedua yaitu lampu indikator pada dashboard menyala. Hal ini juga diakibatkan dari energi listrik pada lampu baterai yang menurun. kalian bisa menemui lampu indikator ini di bagian dashboard berbentuk baterai accu.

Kondisi baterai yang menurun tersebut tidak lain bisa dipengaruhi oleh masalah yang terjadi pada dinamo ampere.  Jika lampu indikator selalu menyala padahal aki mobil normal, maka komponen alternator yang mungkin tidak berfungsi normal.
 

3. Aki bermasalah

Dinamo mobil memang berhubungan langsung dengan sistem kelistrikan mobil, seperti dengan aki mobil. Biasanya saat dinamo bermasalah, maka aki mobil juga menunjukkan gangguan seperti suplai energi listrik yang tidak maksimal. Bagi yang mengira aki yang rusak, maka pengisian daya ulang dilakukan bahkan mengganti komponen aki.

Padahal, mungkin saja kerusakan yang terjadi pada komponen dinamo ampere sebagai penyuplai arus listrik yang kinerjanya sedang tidak optimal.
 

4. Terdengar suara decitan

Ciri selanjutnya adalah terdengar suara decitan di ruang mesin saat mobil hidup. Jika suara ini terdengar, posisi pulley sedang tidak sejajar, sehingga belt alternator menjadi melintir. Sebaiknya segera lihat komponen dinamo saat suara decitan di ruang mesin terjadi.
 

5. Tercium bau terbakar

Tanda paling parah yang muncul, yaitu tercium bau kebakaran di dalam mesin mobil. Jika kondisi ini terjadi, cepat lakukan pengecekan pada mesin dalam mobil, atau segera bawa kendaraan kalian ke bengkel terdekat.

Kerusakan dinamo ampere dengan tanda bau kebakaran biasanya terjadi pada karet yang terbakar. Selain itu, kabel alternator bisa juga terbakar setelah bergesekan atau tidak terpasang dengan baik. Jadi, pastikan dari mana bau kebakaran tersebut berasal.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Smartphone Lipat Huawei P50 Pocket Meluncur, Begini Spesifikasinya

BERIKUTNYA

5 Drama Korea yang Cocok Ditonton saat Natal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: