Ilustrasi aki sepeda motor (dok: Yuasa)

Sepeda Motor Sulit Dinyalakan? Jangan Buru-Buru Beli Aki Baru Ya!

11 October 2021   |   07:11 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kadung membeli aki baru karena sepeda motor kalian sulit dihidupkan atau di-starter menggunakan elektrik starter? Namun, ketika aki baru sudah terpasang hasilnya masih sama, mesin tetap tak mau menyala walaupun tombol elektrik starter berulang kali ditekan.

Mengganti aki baru tidak menjamin elektrik starter yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya bisa bekerja normal kembali. Karena ada beberapa penyebab sepeda motor susah di-starter selain aki yang kondisinya sudah tidak baik atau  soak.

Mengenali penyebab ini bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum akhirnya kalian mengganti aki. Tujuannya agar kalian tidak terburu-buru membeli aki karena belum tentu permasalahannya ada pada aki. 

Mengutip Suzuki Indonesia, ada beberapa penyebab motor susah di-starter padahal aki baru berikut yang perlu dikenali.
 

1. Masalah pada kabel dan soket

Aki lemah adalah salah satu kendala yang bisa diatasi dengan mengganti aki baru. Hanya saja masalahnya tidak selalu aki lemah. Sistem kelistrikan dan juga starter elektrik melibatkan begitu banyak kabel dan juga soket. 

Pemasangan kabel ini harus benar sehingga arus listrik dapat dialirkan dengan benar. Sayangnya karena getaran bahkan gigitan tikus, kabel serta soket ini bisa mengalami masalah. Kabel mungkin saja putus yang membuat aliran listrik terhenti. 

Lebih berbahaya lagi jika terjadi konsleting sehingga menimbulkan masalah pada komponen lain seperti lampu. Mesin tidak akan menyala dan jika memang masalahnya ada pada kabel, bukan mengganti aki solusinya tetapi perbaikan kabel. 
 

2. Kotornya starter elektrik 

Penyebab motor susah distarter padahal aki baru juga bisa disebabkan starter elektrik kotor. Pada bagian tombol starter kerak sangat mudah muncul karena sering terkena hujan, debu, dan kotoran lainnya. 

Ketika starter terhambat oleh kotoran, maka alat tidak akan bekerja untuk menyalakan mesin. Tidak ada arus listrik yang terhubung dari starter elektrik sehingga membuat busi menyala. 

Solusi yang bisa kalian lakukan sangatlah mudah yaitu membersihkan area starter listrik terlebih dahulu sebelum membongkar komponen lainnya. Kemudian coba kembali untuk menekan tombol starter, seharusnya sepeda motor bisa menyala kembali.
 

3. Dinamo starter bermasalah

Apabila setelah membersihkan starter mesin tetap tidak mau menyala, maka masalah bisa saja berada pada dinamo starter. Komponen ini berfungsi sebagai pemutar gigi flywheel atau roda gila sehingga mesin dapat dinyalakan. 

Kerusakan dinamo starter adalah hal yang sangat langka karena komponen ini sebenarnya cukup aman. Namun kerusakan bisa terjadi karena arang kumparan atau brush terputus bahkan gosong. 

Biasanya kerusakan dinamo starter dimulai dari terjadinya korslet. Posisi brush pun juga harus benar yaitu berada di 4 titik, jika posisinya salah maka motor juga tidak mau hidup. 

Jika permasalahannya adalah posisi tidak tepat, maka kalian hanya perlu mengetuk secara ringan. Berbeda ketika masalahnya adalah brush putus, maka Anda harus memperbaikinya di bengkel terdekat. 
 

4. Busi melemah

Busi sering menjadi penyebab motor susah di-starter padahal aki baru yang mungkin terlewatkan. Komponen yang satu ini memiliki masa pakai dan jika kekuatannya sudah melemah, maka percikan api yang dihasilkan pun akan menurun. 

Efeknya kendaraan sulit dinyalakan meskipun kalian sudah membeli aki yang baru. Busi biasanya memiliki masalah pada bagian kepala atau elektrodanya. Di mana busi akan mengalami keausan dan juga kotor. 

Apabila kemampuan busi sudah lemah lebih baik kalian melakukan persiapan untuk menggantinya. Lebih baik mengganti busi daripada aki karena biaya penggantian busi jauh lebih murah. 
 

5. Kompresi mengalami kebocoran 

Kebocoran kompresi adalah masalah yang seringkali timbul dan membuat motor tidak bisa menyala. Kalian bisa melakukan pengecekan sendiri apakah benar kebocoran kompresi adalah penyebabnya. 

Caranya adalah dengan melepaskan busi terlebih dahulu baru tutup lubang busi dengan ibu jari. Kemudian kalian bisa menyalakan kendaraan dengan kick starter dan apabila tekanan kaki terasa lemah atau los maka sudah dapat dipastikan terjadi kebocoran kompresi. 

Namun jika ketika menggunakan kick starter terasa berat, maka masalahnya bukan kompresi. Kebocoran bisa terjadi pada bagian klep atau antara ring piston dengan dinding silinder. 
 

6. Switch rem bermasalah 

Penyebab motor susah di-starter padahal aki baru yang satu ini biasanya terjadi pada motor modern yang memiliki pengaman tambahan side stand switch. Pengaman ini akan bekerja ketika kalian menurunkan standar samping maka mesin berhenti bekerja. 

Hal ini akan bekerja berkat komponen switch rem yang dapat memutus arus listrik. kalian pun yang masih menurunkan standar samping tidak akan bisa menyalakan motor. Sayangnya komponen pengaman ini seringkali menjadi bumerang. 

Pasalnya ketika posisi standar sudah mengalami kerusakan karena kotoran dan sedikit turun, maka membuat mesin tidak akan menyala. Anda harus memperbaiki standar dan komponen switch rem yang terhubung.  
 

7. Rusaknya bendik 

Motor memiliki komponen bendik yang fungsinya adalah memicu aliran listrik yang berasal dari aki. Nantinya listrik akan dihantarkan ke dinamo starter baru mesin akan menyala. Apabila bendik mengalami kerusakan maka arus listrik tidak sampai ke dinamo starter. 

Motor pun tidak akan menyala, justru ditambah dengan muncul suara aneh. Beberapa motor mengeluarkan suara cetak cetek dan tidak mau menyala. Apabila yang terjadi adalah kerusakan bendik maka kalian perlu menggantinya. 
 

8. Sekring putus 

Penyebab motor susah di-starter padahal aki baru selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah kerusakan pada sekring.  Sekring merupakan bagian dari komponen listrik yang berfungsi untuk menerima aliran listrik dari aki. 

Disebut juga dengan main fuse, pada saat tegangan arus listrik besar maka sekring akan memutus alirannya. Sekring memiliki kawat di dalamnya yang bisa saja putus apabila terjadi konsleting. 

Sekring yang sudah putus akan membuat motor tidak bisa dinyalakan.  Hal ini menyebabkan aliran listrik yang menuju starter elektrik tidak ada dan motor tak bisa dinyalakan. 

Semua penyebab motor susah distarter padahal aki baru sudah kalian ketahui. Kedelapan penyebab ini bisa kalian cek terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli aki baru. 

Cara ini lebih baik supaya kalian tidak mengeluarkan uang lebih padahal bukan menjadi penyebab utamanya. Pengecekan jauh lebih baik jika kalian melakukannya di bengkel terdekat. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Garin Nugroho Jelaskan Proses Seleksi Nominasi Piala Citra FFI 2021

BERIKUTNYA

Kayak Sepele, Ternyata Tutup Pentil Ban Punya Banyak Fungsi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: