Kenalan Yuk dengan HYBE Insight, Museum Musik Artis HYBE
15 May 2021 |
00:00 WIB
Agensi HYBE yang menaungi sejumlah artis K-pop mulai dari BTS, G-Friend, hingga ENHYPEN resmi membuka museum musik yang menampilkan berbagai hal seputar para artisnya di pusat kota Seoul, Korea Selatan.
Dengan luas area sebesar 4.700 meter kubik di sepanjang dua lantai basement di gedung pusat agensi di Yongsan ini menampilkan sejumlah layar dan berbagai barang dan suvenir seputar para artis.
Sejak dibuka pada Jumat (14/05/2021), ini beberapa fakta yang perlu kalian tahu tentang HYBE Insight yang telah dirangkum Hypeabis.id.
1. Berikan pengalaman kekuatan musik
Kepada Korea JoongAng Daily, perwakilan HYBE mengatakan bahwa museum ini punya serangkaian pameran musik dari HYBE sebagai tema utamanya. Dengan adanya tema ini, pengunjung diharapkan bisa merasakan pengalaman musik dari para artis dalam naungan HYBE dari komunikasi, inspirasi, dan gaungan perspektif para artis dalam agensinya.
2. Berhiaskan layar proyektor dengan tampilan video
Saat masuk ke dalam arena museum, pengunjung akan disambut pertama kali oleh sejumlah layar yang mengarahkan pada ruang pameran yang disebut Innovative Sound.
Pameran ini sendiri punya sejumlah layar besar dengan video penjelasan dari produser Pdogg dari Big Hit Music dan Bumzu dari Pledis Entertainment selaku dua perusahaan yang terafiliasi dengan HYBE.
Innovative Sound memanfaatkan elemen suara, gerakan, dan cerita untuk menjelaskan musik dari agensi HYBE.
3. Punya cerita di balik layar rekaman musik
Dilansir dari Yonhap, ruang selanjutnya dari pameran ini adalah Dynamic Movement yang merupakan ruang tentang aspek visual dalam produksi musik yang diterangkan melalui video para artis HYBE yang menari. Pengunjung diajak untuk berfokus pada koreografi di dalamnya.
Pengunjung juga dibawa ke dalam eksplorasi tentang bagaimana suasana belakang layar saat proses perekaman video di mana para artis sedang menyesuaikan gerakan tarian mereka dengan lagu ketika menggunakan mikrofon atau headset. Kedua barang yang dikenakan Jimin dari BTS dan Vernon dari Seventeen juga dipamerkan dalam ruang ini.
Tak hanya sekadar berbagi cerita, HYBE juga berbagi visualisasi 360 derajat studio rekaman dari dua produser tersebut dan diajak untuk bermain-main sebagai produser dalam fitur interaktif di ruangan tersebut.
4. Sajikan cerita melalui lirik
Ruang pameran Inspiring Story menyajikan berbagai hal yang berkaitan dengan lirik lagu dari beberapa artis melalui visualisasi dan ilustrasi menarik. Di sinilah pengunjung bisa memahami lirik dan mencari makna di baliknya.
Pameran ini juga menampilkan sejumlah karya grafis yang menginspirasi sejumlah lagu seperti Dynamite dari BTS serta beberapa buku yang menginspirasi album-album BTS seperti Art of Loving karangan Eric Fromm, Jung's Map of the Soul karangan Murray Stein, dan novel Demian karangan Herman Hesse.
5. Manjakan indera multisensori
Selain memanjakan pengunjung dengan visualisasi, pameran ini juga punya ruang di mana mereka bisa merasakan getaran melalui vibrasi dari pengeras suara berbahan dasar kayu.
Di satu ruang lainnya, pengunjung juga bisa mencium aroma tertentu dari sebuah lagu ketika masuk ke ruangan tersebut, salah satunya diciptakan untuk lagu solo Jungkook BTS yang berjudul Euphoria yang dirilis pada 2018.
6. Deretan piala dari artis HYBE
Setelah selesai dari pameran di basement bawah, pengunjung akan disambut dengan sejumlah penghargaan yang diterima artis-artis dari HYBE yang dipajang di dinding setinggi 8,5 meter.
Sebuah layar proyektor besar juga terpampang di dalam ruang ini, menampilkan narasi dari solois Lee Hyun tentang penghargaan dan capaian yang didapat agensi induk tersebut.
7. Pameran spesial hasil kolaborasi dengan seniman
Pameran spesial perdana di HYBE Insight diisi dengan berbagai karya seni grafis hasil kolaborasi dengan James Jean, seniman Taiwan-Amerika yang dikenal dengan ilustrasi dan lukisan yang puitis dan mistis di saat yang sama. Salah satunya adalah lukisan raksasa dari Jean yang bertajuk Garden yang terinspirasi dari lagu BTS yang berjudul The Truth Untold.
8. Ada ruangan upcycling dari pakaian para artis
Salah satu bagian pameran yang menarik sejumlah pengunjung adalah HYBE Insight Upcycling Lab, di mana sejumlah potongan pakaian panggung lama yang digunakan para artis kemudian dipotong dan dijadikan sebagai hiasan pajangan dan gantungan kunci dari akrilik.
Dengan luas area sebesar 4.700 meter kubik di sepanjang dua lantai basement di gedung pusat agensi di Yongsan ini menampilkan sejumlah layar dan berbagai barang dan suvenir seputar para artis.
Sejak dibuka pada Jumat (14/05/2021), ini beberapa fakta yang perlu kalian tahu tentang HYBE Insight yang telah dirangkum Hypeabis.id.
1. Berikan pengalaman kekuatan musik
Pintu masuk museum HYBE Insight. (Dok. HYBE Insight)
Kepada Korea JoongAng Daily, perwakilan HYBE mengatakan bahwa museum ini punya serangkaian pameran musik dari HYBE sebagai tema utamanya. Dengan adanya tema ini, pengunjung diharapkan bisa merasakan pengalaman musik dari para artis dalam naungan HYBE dari komunikasi, inspirasi, dan gaungan perspektif para artis dalam agensinya.
2. Berhiaskan layar proyektor dengan tampilan video
Saat masuk ke dalam arena museum, pengunjung akan disambut pertama kali oleh sejumlah layar yang mengarahkan pada ruang pameran yang disebut Innovative Sound.
Pameran ini sendiri punya sejumlah layar besar dengan video penjelasan dari produser Pdogg dari Big Hit Music dan Bumzu dari Pledis Entertainment selaku dua perusahaan yang terafiliasi dengan HYBE.
Innovative Sound memanfaatkan elemen suara, gerakan, dan cerita untuk menjelaskan musik dari agensi HYBE.
3. Punya cerita di balik layar rekaman musik
Ruangan pameran Dynamic Movement dalam museum HYBE Insight. (Dok. HYBE Insight)
Dilansir dari Yonhap, ruang selanjutnya dari pameran ini adalah Dynamic Movement yang merupakan ruang tentang aspek visual dalam produksi musik yang diterangkan melalui video para artis HYBE yang menari. Pengunjung diajak untuk berfokus pada koreografi di dalamnya.
Pengunjung juga dibawa ke dalam eksplorasi tentang bagaimana suasana belakang layar saat proses perekaman video di mana para artis sedang menyesuaikan gerakan tarian mereka dengan lagu ketika menggunakan mikrofon atau headset. Kedua barang yang dikenakan Jimin dari BTS dan Vernon dari Seventeen juga dipamerkan dalam ruang ini.
Tak hanya sekadar berbagi cerita, HYBE juga berbagi visualisasi 360 derajat studio rekaman dari dua produser tersebut dan diajak untuk bermain-main sebagai produser dalam fitur interaktif di ruangan tersebut.
4. Sajikan cerita melalui lirik
Ruangan pameran Inspiring Story. (Dok. HYBE Insight)
Ruang pameran Inspiring Story menyajikan berbagai hal yang berkaitan dengan lirik lagu dari beberapa artis melalui visualisasi dan ilustrasi menarik. Di sinilah pengunjung bisa memahami lirik dan mencari makna di baliknya.
Pameran ini juga menampilkan sejumlah karya grafis yang menginspirasi sejumlah lagu seperti Dynamite dari BTS serta beberapa buku yang menginspirasi album-album BTS seperti Art of Loving karangan Eric Fromm, Jung's Map of the Soul karangan Murray Stein, dan novel Demian karangan Herman Hesse.
5. Manjakan indera multisensori
Selain memanjakan pengunjung dengan visualisasi, pameran ini juga punya ruang di mana mereka bisa merasakan getaran melalui vibrasi dari pengeras suara berbahan dasar kayu.
Di satu ruang lainnya, pengunjung juga bisa mencium aroma tertentu dari sebuah lagu ketika masuk ke ruangan tersebut, salah satunya diciptakan untuk lagu solo Jungkook BTS yang berjudul Euphoria yang dirilis pada 2018.
6. Deretan piala dari artis HYBE
Ruangan pameran berisikan deretan penghargaan yang didapatkan para artis dari HYBE. (Dok. HYBE Insight)
Setelah selesai dari pameran di basement bawah, pengunjung akan disambut dengan sejumlah penghargaan yang diterima artis-artis dari HYBE yang dipajang di dinding setinggi 8,5 meter.
Sebuah layar proyektor besar juga terpampang di dalam ruang ini, menampilkan narasi dari solois Lee Hyun tentang penghargaan dan capaian yang didapat agensi induk tersebut.
7. Pameran spesial hasil kolaborasi dengan seniman
Pameran spesial perdana di HYBE Insight diisi dengan berbagai karya seni grafis hasil kolaborasi dengan James Jean, seniman Taiwan-Amerika yang dikenal dengan ilustrasi dan lukisan yang puitis dan mistis di saat yang sama. Salah satunya adalah lukisan raksasa dari Jean yang bertajuk Garden yang terinspirasi dari lagu BTS yang berjudul The Truth Untold.
8. Ada ruangan upcycling dari pakaian para artis
Salah satu bagian pameran yang menarik sejumlah pengunjung adalah HYBE Insight Upcycling Lab, di mana sejumlah potongan pakaian panggung lama yang digunakan para artis kemudian dipotong dan dijadikan sebagai hiasan pajangan dan gantungan kunci dari akrilik.
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.