Tampilan laman YouTube. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

YouTube Shorts Tambah Durasi Jadi 3 Menit, Cek Pembaruan Lainnya

08 October 2024   |   10:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

YouTube resmi memperluas durasi untuk platform video pendeknya, Shorts. Langkah ini dianggap sebagai perubahan yang signifikan, dengan tujuan utama memberikan lebih banyak fleksibilitas dan peluang bagi para kreator dalam mengekspresikan kreativitas mereka melalui video dengan durasi yang lebih panjang.

Dikutip dari laman blog YouTube, mulai 15 Oktober 2024, pengguna atau yang kerap disapa YouTuber dapat mengunggah video Short berdurasi hingga 3 menit. Disampaikan bahwa keputusan perpanjangan waktu video yang dapat diunggah merupakan permintaan para kreator. 

“Perubahan ini berlaku untuk video yang berbentuk persegi atau lebih tinggi dalam rasio aspek, dan tidak akan memengaruhi video yang Anda unggah sebelum tanggal 15 Oktober,” tulis pihak YouTube dalam laman resminya, Senin (7/10/2024).

Baca juga: Tarif Langganan Naik Hampir 50% per November 2024, Cek 7 Keunggulan YouTube Premium

Dalam beberapa bulan mendatang, manajemen YouTube mengungkapkan akan meningkatkan Shorts yang lebih panjang. Adapun pada pembaruan terkini, tampilan Shorts lebih sederhana. Alasannya agar para kreator bisa menjadi pusat perhatian dan penonton dapat fokus pada konten yang disukai.

Sementara itu, membuat kreasi di Shorts katanya juga lebih mudah. Dengan pembaruan pada 15 Oktober 2024, kreator dapat menggunakan template. 

Genhype dapat mengikuti tren terbaru dengan menyesuaikan klip melalui suara yang paling populer dan menambahkan gaya unik sendiri. “Anda dapat mencoba template dengan mengetuk Remix pada video Shorts yang menginspirasi Anda dan pilih Gunakan template ini untuk memberikan sentuhan Anda sendiri,” tulis keterangan YouTube. 

Adapun dalam beberapa bulan mendatang, pengguna akan dapat memanfaatkan konten YouTube langsung dari kamera Shorts Anda, sehingga memudahkan pengguna untuk remix klip dari video favorit, video musik, dan lainnya. Pengguna bahkan dapat mengambil dari beberapa klip di YouTube.

Model Google DeepMind yang paling mumpuni untuk membuat video, Veo, juga akan hadir di YouTube Shorts. Para kreator akan dapat mewujudkan ide-ide mereka dengan latar belakang video yang lebih advance dan klip video sendiri.

Pihak YouTube menambahkan bahwa pengguna bisa mengikuti tren terbaru Shorts di sesuai negara yang ditinggali. Selain itu, Short kini memungkinkan pengguna dapat melihat pratinjau tentang apa yang dikatakan orang-orang di kolom komentar langsung dari umpan Shorts, bahkan sebelum masuk ke umpan komentar.

YouTube juga akan memperkenalkan opsi untuk ‘Tampilkan lebih sedikit Shorts’. Genhype dapat memilih pengaturan ini dengan mengeklik menu tiga titik di kanan atas kisi Shorts mana pun di halaman Beranda.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Apple Intelligence Rilis 28 Oktober, Cek 8 Fitur yang Bisa Dinikmati Pengguna iPhone

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Venom: The Last Dance, Bakal Tayang Akhir Oktober 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: