Smartphone flagship killer Realme GT 6 (Sumber gambar: Realme)

Daftar Smartphone Flagship Killer 2024, Xiaomi sampai Realme

07 October 2024   |   18:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pasar ponsel pintar (smartphone) makin ramai dengan rilisan produk-produk terbaru dari para vendor di seluruh dunia. Deretan ponsel tersebut umumnya bisa dibagi dalam kategori entry level, mid range, dan flagship. Namun, ada satu kategori menarik yang disebut sebagai flagship killer

Mengutip GSMArena, kategori flagship killer secara ringkas didefinisikan dengan ponsel atau produk yang punya perangkat keras (hardware) kelas atas, tapi dijual dengan harga setengah dari yang dirilis merek-merek besar. Kategori ini dimulai oleh OnePlus pada 2014. 

Baca juga: 5 Rekomendasi HP Terbaik di Kelas Rp5 Jutaan 

Gadget360 menjabarkan bahwa smartphone flagship killer punya perangkat keras dan sejumlah fitur yang ada di ponsel-ponsel premium, tapi banderolnya jauh lebih murah. Bahkan bisa mencapai separuh dari harga flagship murni. Ini sering kali di-trade off dengan sejumlah penyesuaian fitur lain. 

Misalnya, desain ponselnya yang sangat biasa dan memakai material ponsel mid range, kemampuan pengisian daya dan baterai yang biasa saja, sampai sertifikasi waterproofing yang ala kadarnya pula. Sebagai gantinya, dengan harga yang relatif lebih murah, ponsel jenis ini punya performa kencang dan kamera yang mirip dengan produk premium. 

Saat ini, ada sejumlah brand yang selalu menyematkan tagline tersebut saat peluncuran produk barunya. Apa saja vendor dan jenis ponsel terbaik di kategori flagship killer sepanjang tahun ini? Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut daftarnya. 
 

1. Xiaomi 14T 

Seri T dari vendor Xiaomi selalu menjadi perhatian para penggemar performa. Sebab, ponsel dengan embel-embel huruf T ini punya kinerja yang mumpuni, kamera yang bagus, dan harga yang ramah kantong. Xiaomi 13T Pro yang rilis pada September tahun lalu merupakan salah satu flagship killer idaman banyak orang karena alasan-alasan itu. 

Tahun ini, Xiaomi meluncurkan penerusnya yakni Xiaomi 14T Series (varian reguler dan pro). Versi regulernya digadang bakal jadi contender kuat di kategori ini. 

Xiaomi 14T dibekali dengan prosesor MediaTek Dimensity 8300-Ultra 4 nanometer, pilihan RAM 12GB dan penyimpanan mulai dari 256GB. Layarnya berpanel AMOLED dengan refresh rate 144Hz yang disebut sebagai generasi baru memanfaatkan teknologi AI. 

Selain itu, salah satu sorotan utamanya ada di bagian kamera belakang. Sebab, Xiaomi menyematkan lensa optik profesional Leica Vario-Summilux di kamera belakangnya. Pengaturannya adalah 50 MP kamera utama Leica, 50 MP kamera telefoto Leica, dan 12MP ultra lebar Leica. Sementara itu, kamera depannya punya resolusi 32 MP. 

Harga: Rp6,49 juta (12GB/256GB), Rp6,99 juta (12GB/512GB) 
 

2. Poco F6 

Selain Xiaomi, Poco juga dikenal sebagai pendatang baru yang kerap menghadirkan gebrakan dan menyandang gelar flagship killer. Salah satu produk terbarunya adalah Poco F6 yang rilis di Indonesia pada Juli 2024. 

Poco F6 telah menggunakan chipset performa tinggi Snapdragon 8s Gen 3 dengan teknologi fabrikasi 4 nanometer. Cip ini punya teknologi LiquidCool 4.0 dengan IceLoop untuk mempertahankan suhu rendah di ponsel, meski dipakai dengan penggunaan berat seperti bermain gim terus menerus. 

Dari sektor kamera, Poco F6 memanfaatkan lensa utama Sony IMX882 resolusi 50 MP dan ultra lebar IMX355 8 MP. Tersemat juga kamera depan 20 MP. Sorotan lainnya adalah di bagian layar panel yang disebut Flow AMOLED CrystalRes 120Hz dengan Corning Gorilla Glass Victus, serta pengisian daya cepat 90 watt. 

Harga: Rp 4,99 juta (8GB/256GB), Rp 5,69 juta (12GB/512GB) 
 

3. Realme GT 6 

Selain Poco, brand yang punya deretan flagship killer lainnya adalah Realme. Termasuk, salah satu produk yang rilis tahun ini, Realme GT 6. Sama seperti sebelumnya, ponsel ini juga menggunakan chipset Snapdragon 8s Gen 3 dari Qualcomm. Ditambah dengan konfigurasi memori 12GB RAM dan 256GB penyimpanan internal. 

Realme menjadikan perangkat ini sebagai smartphone dengan layar tercerah di dunia, yang bisa mencapai 6.000 nits, disebut Ultra Bright Display. Ukuran layarnya 6,78 inci dengan refresh rate hingga 120Hz. 

Sebagaimana sejumlah ponsel premium yang rilis tahun ini, Realme GT 6 juga telah mendukung teknologi AI, yang diterapkan dalam ftur AI Eye Protection dan AI Smart Charging, AI Smart Removal, dan AI Smart Loop, dan lain sebagainya. Salah satu nilai jual utama lainnya adalah kecepatan pengisian daya yang mencapai 120 watt. 

Harga: Rp7,99 juta (12GB/256GB) 
 

4. Oppo Reno11 Pro 5G 

Oppo dalam beberapa waktu terakhir memang rajin mengeluarkan ponsel kelas premium mereka dengan harga belasan hingga puluhan juga rupiah. Namun, perusahaan juga punya sejumlah perangkat yang masuk kategori flagship killer, yang perlu diwaspadai vendor lain. Satu di antaranya yang terbaru adalah Reno11 Pro 5G. 

Rilis awal tahun ini di dalam negeri, Oppo menghadirkan Reno11 Pro 5G dengan desain cantik yang punya kesan kelas flagship, yang disebut Natural Aesthetic. Ponselnya juga tergolong ramping dan ringan, kurang dari 200 gram. 

Highlight lainnya ada di kamera, dengan lensa utama 50 MP yang sudah dilengkapi OIS dan lensa potret telefoto 32 MP, serta di bagian depan ada kamera swafoto 32 MP. Bagian kameranya juga telah memanfaatkan AI dengan fitur Portrait Retouching sampai AI Eraser. 

Adapun, chipset yang digunakan adalah MediaTek Dimensity 8200 dengan memori 12GB RAM dan 512GB penyimpanan. Baterainya berukuran 4.600 mAh yang sudah support pengisian daya 80 watt SUPERVOOC. 

Harga: Rp8,99 juta (12GB/512GB) 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Desain Arsitektur Dunia yang Menjadi Ikon Hingga saat Ini

BERIKUTNYA

Hypeprofil: Pipiet Noorastuti Co-founder Nona Rara Batik yang Peduli Perajin Daerah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: