The Royal Flavours of Payakumbuah (Sumber Foto: Instagram/yayasanduniamegabintang)

Uniknya Kostum Masakan Padang Karya Desainer Banyuwangi untuk Miss Grand Indonesia 2024

03 October 2024   |   17:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Miss Grand Indonesia 2024, Nova Liana siap tampil unik dengan kostum bertemakan masakan padang di ajang Miss Grand International 2024. Ajang kecantikan dunia tersebut akan digelar pada 25 Oktober 2024 di Kamboja dan Thailand.

Bertemakan The Royal Flavours of Payakumbuah, kostum nasional Miss Grand Indonesia 2024 dirancang oleh desainer asal Banyuwangi, Annisa Banyuwangi. Melalui laman Instagramnya, kostum masakan Padang tersebut diperkenalkan oleh Ivan Gunawan, pemilik Yayasan Dunia Mega Bintang yang memegang lisensi Miss Grand Indonesia.

Baca juga: Kostum Nasional Nova Liana di Miss Grand International 2024 Angkat Kuliner Payakumbuah

Kostum yang akan dikenakan oleh Nova Liana diberi nama Rasa Kerajaan Payakumbuah. Ivan Gunawan menjelaskan bahwa desain busana karya Annisa Bayuwangi tersebut merupakan penghormatan terhadap kekayaan budaya dan kuliner dari Payakumbuah.

"Terinspirasi oleh tradisi Masakan Padang dan beragam hidangannya yang lezat, serta dibawa di atas nampan agung," ungkap Ivan Gunawan, dikutip dari laman Instagram resminya, Kamis (3/10/2024).

 

 
Annisa Banyuwangi menyematkan sejumlah makanan khas Padang yang menjadi andalan di rumah makan padang. Beberapa di antaranya seperti nasi Padang paket lengkap dengan rendang, nasi putih yang dicetak, rendang, telur barendo, dan daun singkong kukus. Tak ketinggalan ada juga beragam lauk yang tersaji di piring ala rumah makan Padang yang disematkan pada bagian sayapnya.

Supaya hasilnya makin sempurna, Yayasan Dunia Mega Bintang mengajak pemilik restoran Payakumbuah, Arief Muhammad untuk berkolaborasi meciptakan masakan Padang yang disusun cantik pada busana tersebut, sehingga nampak seperti karya seni mewah. 


Profil Annisa Banyuwangi

Annisa Febby, desainer yang juga dikenal sebagai Annisa Banyuwangi sejak lama dipercaya untuk membuat kostum-kostum putri kecantikan Indonesia yang akan berkompetisi di tingkat internasional. Alumni Desain Produk Industri ITS pada 2012 tersebut mulai terjun di dunia desain kostum sejak 2016. Saat itu dia diminta untuk membuatkan kostum bagi Putri Indonesia Jatim. 

Deretan kostum yang pernah dibuat olehnya, antara lain untuk Windy Yolanda dalam ajang Supermodel Internasional 2016 dengan kostum bertajuk 'Sunar Udara Barong Banyuwangi'. Ada pula kostum untuk Cordella Fidelia yang tampil dalam ajang World Miss University 2017. Saat itu Annisa membuatkannya kostum bertajuk 'Janger Blambangan'.

Selanjutnya kostum milik Ratu Vashti Annisa dalam Miss Earth 2018 dengan tema 'Ratu Candra Darani'. Ada juga National Costume milik wakil dari Indonesia dalam ajang Miss International 2017 untuk Kevin Liliana, dengan tema Mbok Jamu and The Ancient Secret Potion. Semua kostum tersebut menyabet penghargaan sebagai 'Best Costume'.

Tak sampai di sana, dia juga pernah membuat empat kostum nasional sekaligus untuk Miss International 2017 yang berlangsung di Jepang, lalu kostum untuk Miss Asia Indonesia di India, World Miss University di Korea, dan World Miss University di Kamboja.

Baca juga: Profil Miss Indonesia 2024 Monica Kezia Sembiring, Perwakilan Perdana dari Sumatra Utara

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Pameran Seni Rupa 'Tentang Bentuk & Narasi' Dibuka di Neo Gallery Jakarta

BERIKUTNYA

Rahasia Affiliate Marketing, Dari Hobi Jadi Sumber Cuan Menggiurkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: