Nova Liana membawakan kostum nasional bertema The Royal Flavors of Payakumbuah di ajang Miss Grand International 2024 (Sumber gambar: YouTube GrandTV)

Nova Liana Memukau Dunia dengan Kostum Nasional The Royal Flavors of Payakumbuah

22 October 2024   |   16:01 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Model Indonesia, Nova Liana, berhasil mencuri perhatian di ajang Miss Grand International 2024 dengan membawakan kostum nasional bertema The Royal Flavors of Payakumbuah, di program National Costume Competition. Kostum itu memadukan tradisi dan keindahan kuliner Minangkabau. 

Kostum yang dirancang oleh Annisa Banyuwangi ini terinspirasi dari kekayaan tradisi makanan Padang yang terkenal di seluruh dunia. Dengan konsep makanan Minangkabau yang dibawa di atas nampan besar, Nova memperlihatkan kemegahan dan kelezatan kuliner Indonesia melalui busananya.

Annisa mengungkapkan bahwa pembuatan kostum ini memakan waktu tiga minggu, termasuk satu minggu untuk menyesuaikan mekanisme buka-tutup kostum yang unik, karena di dalamnya terdapat piring-piring dengan berbagai lauk khas masakan Padang. 

"Pembuatan kostum dua minggu dan satu minggu untuk trial and error buka tutup. Jadi total proses pembuatan tiga minggu. Untuk berat kostumnya sekitar 5 Kilogram," jelasnya. 

Baca juga: Uniknya Kostum Masakan Padang Karya Desainer Banyuwangi untuk Miss Grand Indonesia 2024
 

(Sumber gambar: Facebook Miss Grand International)

(Sumber gambar: Facebook Miss Grand International)

Ivan Gunawan, pendiri Yayasan Dunia Mega Bintang yang memegang lisensi Miss Grand Indonesia, menekankan bahwa National Costume bukan hanya soal kostum indah, tetapi juga sarana untuk mempromosikan Indonesia.

"Makanan Padang itu grande dan sangat Indonesia. Saya berharap Nova bisa memperkenalkan masakan Padang kepada kontestan lain dan memancing rasa penasaran mereka untuk datang ke Indonesia," ujar Ivan.

Ide Ivan Gunawan untuk mengangkat masakan Padang ke dunia internasional ini juga didukung penuh oleh Arief Muhammad, pemilik Restoran Padang bernama Payakumbuah. Bagi Arief, National Costume bertema Royal Flavors Of Payakumbuah ini merupakan salah satu cara memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya dari tanah kelahirannya, Minangkabau.

“Melalui kompetisi ini saya ingin masakan Padang diketahui dan dicintai oleh banyak orang, bukan hanya oleh orang Indonesia saja tapi juga dari seluruh dunia," ujar Arief. 

Dukungan untuk Nova Liana mengalir deras, baik dari dalam maupun luar negeri. Di Bangkok, wajah Nova menghiasi tuk-tuk, kendaraan tradisional Thailand, serta terpampang dalam bentuk video di Mall Union. Dukungan ini datang dari pecinta pageant Indonesia yang ingin memotivasi Nova untuk membawa nama Indonesia semakin bersinar di kancah internasional.

"Saya bersyukur dan berterima kasih atas doa dan dukungan masyarakat Indonesia," ujar Nova, yang semakin bersemangat untuk tampil maksimal di malam Preliminary pada 22 Oktober, dan Grand Final yang akan berlangsung pada 25 Oktober 2024.

Penampilan Nova hingga saat ini telah berhasil menarik perhatian dan mencuri hati banyak pihak di ajang Miss Grand International. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Wah, Total Nilai Barang Penumpang yang Tertinggal di Stasiun & Kereta Tembus Rp10 Miliar

BERIKUTNYA

Mengenal Penyakit Kulit Rosacea yang Mirip Jerawat, Cek Gejala dan Penyebabnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: