Ilustrasi rumah dua lantai. (Sumber gambar: John Fornander/Unsplash)

5 Ide Desain Rooftop untuk Rumah Dua Lantai

29 September 2024   |   16:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki hunian dengan pemandangan indah dan suasana yang menyenangkan tentu menjadi impian banyak orang. Hal ini salah satunya bisa dicapai dengan mendesain rooftop pada rumah dua lantai. Tidak hanya menawarkan penambahan ruang, desain ini juga memberikan berbagai keuntungan lain yang membuat hunian semakin nyaman dan menarik.

Rooftop merupakan lantai paling atas pada rumah atau bangunan yang umumnya tidak memiliki atap atau terbuka. Memiliki rooftop adalah kesenangan tersendiri bagi pemilik rumah karena memiliki tempat eksklusif untuk menghabiskan waktu bersantai.

Kehadiran rooftop di rumah dua lantai dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari menciptakan taman minimalis, ruang santai, hingga area barbeque. Memiliki ruang terbuka di area rooftop memberikan kesan lapang dan segar pada bagian atas hunian.

Baca juga: Hunian dengan Area Terbuka hingga Rumah Vakansi Jadi Tren Desain Interior Terkini

Selain itu, rooftop juga bisa diubah menjadi tempat berjemur, area yoga, atau sekadar menikmati udara segar tanpa harus keluar rumah. Fungsi rooftop juga bisa disesuaikan dengan gaya hidup dan kebutuhan keluarga, misalnya dijadikan gym, ruang kerja, atau bahkan kolam renang kecil.

Berikut adalah beberapa ide desain rooftop untuk rumah dua lantai yang bisa menjadi inspirasi.

1. Rooftop tertutup
Rooftop tertutup memberikan ruang tambahan pada bagian atas hunian yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti ruang keluarga kedua, tempat berkumpul bersama teman, atau ruang kerja yang tenang. Rooftop tertutup juga memberikan privasi lebih serta perlindungan dari cuaca ekstrem.

Untuk memberikan kesan ruangan yang terasa lebih luas dan nyaman, gunakan jendela-jendela besar agar cahaya alami masuk. Selain itu, tambahkan pula beberapa tanaman untuk membuat suasana menjadi lebih sejuk. 
 


2. Rooftop ala kafe
Area rooftop pada rumah juga bisa difungsikan untuk menciptakan suasana ala kafe. Tambahkan sofa outdoor, meja makan kecil, dan beberapa kursi yang nyaman. Plus, tanaman hijau di sudut-sudut ruangan serta pencahayaan hangat di malam hari yang akan menambah kesan nyaman dan alami. Pergola atau kanopi juga bisa menjadi elemen dekoratif yang melindungi dari cuaca.

3. Kolam renang pribadi di rooftop
Memiliki kolam renang di rooftop memberikan sensasi yang berbeda. Desain ini juga menjadi solusi bagi pemilik rumah yang ingin memiliki kolam renang namun keterbatasan lahan. Selain memberikan privasi lebih, desain kolam renang di rooftop juga memungkinkan Genhype untuk menikmati pemandangan sekitar sambil berenang.

Kolam renang di rooftop juga menjadi tempat yang ideal untuk menikmati lampu kota di malam hari jika hunian berada di area perkotaan. Namun, kolam renang bisa dibangun di rooftop asalkan konstruksi rumah kokoh dan memiliki standar keamanan yang memadai. 
 


4. Rooftop dengan desain taman minimalis
Rooftop juga bisa difungsikan sebagai taman minimalis pada hunian. Hal ini bisa menjadi solusi bagi Genhype yang menginginkan adanya taman pada rumah, namun terhalang lahan terbatas. 

Tak hanya tanaman-tanaman hias, Genhype juga bisa membangun taman minimalis yang berisikan tanaman-tanaman herbal yang tidak hanya menambah keindahan tetapi juga memberikan manfaat kesehatan. Dengan perawatan yang tepat, taman di rooftop akan memberikan suasana yang menyegarkan pada hunian.

 


5. Rooftop dengan desain multifungsi
Rooftop multifungsi adalah solusi ideal untuk memanfaatkan ruang dengan maksimal. Dengan desain yang fleksibel, area rooftop dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti ruang makan, ruang hobi, atau tempat bersantai. Perencanaan desain yang matang akan membantu menciptakan ruang yang nyaman dan multifungsi sesuai kebutuhan keluarga.

Baca juga: Kiat Bikin Dapur Semi Outdoor, Cocok Buat Desain Rumah Minimalis

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Diadaptasi dari Kisah Cerita Rakyat, Simak Sinopsis Film 'Kutukan Calon Arang'

BERIKUTNYA

Proses Kreatif The Brandals Bikin Karya-karya yang Sarat Pesan Sosial Politik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: