Neta X dibanderol sekitar Rp400 juta (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Mobil Listrik Neta X Meluncur, Cek Harga & Spesifikasinya

27 September 2024   |   21:35 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

NETA Auto Indonesia resmi meluncurkan model electric vehicle terbarunya, NETA X. Kendaraan listrik tersebut memiliki dua varian, yaitu NETA X 500 Elite yang dibanderol Rp428 juta, dan NETA X 500 Supreme seharga Rp448 juta yang bersaing di segmen SUV listrik medium.
 
Jerry Huang, Deputy Managing Director PT Neta Auto Indonesia, mengatakan bahwa ada sejumlah alasan manajemen menetapkan harga kendaraan listrik NETA X. Pertama adalah manajemen ingin memasuki segmen pasar SUV listrik medium. Kedua, manajemen ingin memberikan harga dan produk terbaik kepada konsumen. 
 
"Kami yakin bahwa harga model ini akan cukup menarik bagi pelanggan kami," katanya seusai peluncurkan di Jakarta, Jumat, 27 September 2024. 

Baca juga: Mobil Listrik Tumbuh Pesat, Huawei Siap Bangun Fasilitas Pengisian Daya
 
Dia mengatakan bahwa pada intinya NETA ingin menyediakan pilihan bagi konsumen yang hendak membeli kendaraan listrik. 
"Prioritas utama Neta adalah pertimbangan pelanggan bagaimana memilih produk kami," ujarnya. 
 
Menurutnya, penetapan harga sebenarnya tidak begitu memperhatikan apakah lebih tinggi atau lebih rendah dibandingkan dengan kompetitor. Namun begitu, dia mengklaim bahwa NETA X menjadi produk yang memiliki harga terjangkau bagi konsumen dengan kualitas dan desain yang bagus. 
 
Adapun spesifikasinya, NETA X varian 500 Supreme dan 500 Elite memiliki dimensi yang sama, yakni panjang 4.619 mm x lebar 1.860 mm x tinggi 1.628 mm dengan wheelbase 2.770 mm. Ukuran itu membuat ruang yang lapang untuk 5-penumpang dengan One-piece Affinity Seat, yang menawarkan fitur pengaturan jok elektrik di sisi pengemudi.
 
Kemudian, kapasitas bagasi NETA X juga mencapai 508 liter dan bisa diperluas menjadi 1.388 liter. Selain itu, kendaraan listrik full baterai ini juga memiliki desain interior dengan sentuhan berbahan soft leather dan alcantara.
 
Disematkan juga fitur Panoramic Sunroof di seluruh varian NETA X. Dari sisi keselamatan, tim Neta juga memasang Neta X varian 500 Supreme dengan fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS) Level 2 yang didukung oleh 11 High Precision Sensor di sekeliling mobil, sehingga menghasilkan 15 fitur ADAS yang di antaranya Full Speed Adaptive Cruise Control (ACC), Automatic Emergency Braking (AEB), dan Lane Keep Assist (LKA).
 
Di bagian depan kabin, dilengkapi dengan Wireless Phone Charging, Intelligent Central Control Screen berukuran 15.6 inch yang terkoneksi dengan NETA Auto App dan tampilannya dapat diatur menjadi Split-screen Design, serta Floating D-shaped Steering Wheel. Ada pula fitur V2L (vehicle-to-load) dan Cockpit Cerdas Terhubung.
 
Di bagian eksterior, NETA X menampilkan fascia yang terinspirasi dari gambar-gambar robot atau yang disebut 'Mecha-Design'. Tim memadukan Avant-garde Design seperti L-Shape LED DRL, Camera 360 di bagian depan, samping dan belakang, serta penggunaan Full LED Headlights dengan Intelligent High Beam guna membantu pencahayaan jalan menjadi terang. 
 
Di bagian belakang, NETA X sudah memiliki Continuous Tail-light serta Electric Power Tailgate yang dapat membuka dan menutup pintu bagasi secara otomatis. Struktur bodi kendaraan ini menggunakan 75 persen high strength steel. Kemudian, fitur keamanan seperti Anti-Collision Beam di rangka depan, atas, dan samping, serta Door Side Crash Beam juga terpasang. Kemudian, pada sasis dituning oleh MIRA, sehingga diklaim lebih kokoh, stabil dan aman. 
 
Dari sisi dapur pacu, NETA X memiliki output daya maksimum 120 kW (175 hp) dengan torsi 210 Nm, dan sanggup menempuh jarak hingga 480 Km dalam sekali pengisian daya penuh.

Baca juga: Cek Spesifikasi Mobil Listrik Terbaru Hyundai All-new Kona Electric
 
Untuk penyimpanan daya menggunakan baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) berkapasitas 63.56 kWh yang sudah dilengkapi Liquid Cooling HEPT 4.0 dan bersertifikat IP68+ Waterproof dan Dustproof. Baterai tersebut juga memiliki fitur Ultra Fast Charging hingga 105 kW untuk mengisi daya dari 30 persen ke 80 persen dalam 30 menit. 
 
Kendaraan ini juga sudah mengadopsi port charging model CCS2 (Combined Charging System 2), salah satu port charging yang paling umum dan paling mudah ditemui pada SPKLU di Indonesia untuk pengisian reguler maupun fast charging.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Film Animasi Garuda di Dadaku Siap Rilis Eksklusif di IDEAFEST 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: