Ilustrasi aplikasi Instagram. (Sumber foto: Pexels/Kerde Severin)

Fitur Arsip Instagram Menghilang? Begini Cara Menyimpan Cadangan Foto dan Video

25 September 2024   |   22:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Beberapa pengguna Instagram menerima pemberitahuan mengejutkanyang menyatakan bahwa foto-foto tertentu yang tersimpan dalam Archive atau arsip telah dihapus secara permanen dan tidak dapat dipulihkan. Tidak sedikit pula yang menemukan bahwa konten arsip mereka yang semula dalam format video telah dibekukan menjadi format foto.

Fitur Archive di Instagram adalah opsi yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto dan video dari profil mereka tanpa harus menghapusnya secara permanen. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat menyembunyikan konten dari tampilan publik mereka, tetapi tetap memiliki akses untuk melihatnya di kemudian hari.

Baca juga: Mirip YouTube, Instagram Uji Coba Fitur Iklan yang Tak Bisa Diskip

Fitur ini membantu pengguna menjaga tampilan profil tetap rapi dan terorganisir, dengan memungkinkan mereka menyembunyikan konten yang mungkin sudah tidak relevan lagi. Pengguna masih dapat mengakses dan melihat konten yang telah diarsipkan kapan saja melalui menu Archive di profil mereka.

Sedikit berbeda dengan sistem arsip foto dan video reels yang ada di feed, konten Instagram stories akan tersimpan di Archive secara otomatis setelah terunggah selama 24 jam. Sebelumnya diberitakan bahwa sejumlah pengguna Instagram mengalami bug pada sejumlah konten Highlight yang merupakan fitur rangkuman story pililhan di Instagram. 

Penghapusan fitur Archive berarti bahwa pengguna tidak akan lagi dapat menyimpan postingan secara pribadi. Ini bisa menjadi masalah bagi mereka yang lebih memilih untuk menyimpan konten tertentu tanpa menghapusnya dari profil. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengamankan konten mereka sebelum perubahan ini berlaku secara masif.

Setidaknya ada tiga cara agar Genhype dapat menyimpan konten Instagram kalian di luar fitur bawaan aplikasi. 


1. Unduh Instagram Story Tepat Setelah Diunggah

  • Jika Genhype tidak ingin menyimpan setiap story ke galeri ponsel, kalian dapat menyimpan cerita tertentu secara manual saat mengunggahnya atau segera setelahnya:
  • Buka profil Instagram dan ketuk story yang aktif;
  • Klik menu tiga titik ‘Lainnya’ di bagian bawah story;
  • Ketuk ‘Simpan Foto/Simpan Video’ untuk menyimpan foto atau video cerita tertentu.
  • Proses ini berlaku untuk iPhone dan Android. Setelah mengunduh konten, Genhype akan menemukannya di aplikasi galeri ponsel, dan format konten yang diunduh akan sama dengan format cerita yang diunggah.


2. Unduh Seluruh Data Instagram

  • Buka profil Instagram Genhype & ketuk Menu (3 garis di kanan atas).
  • Ketuk Your Activity.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Download Your Information.
  • Masukkan alamat email Genhype.
  • Masukkan kata sandi Instagram Genhype.
  • Ketuk Done.
  • Instagram akan mengirimkan tautan ke berkas/berkas berisi foto, komentar, informasi profil, dan lainnya melalui email setidaknya selama 48 jam  ke depan.
  • Tautan hanya berfungsi selama empat hari sejak Genhype menerimanya, jadi sebaiknya segera simpan berkas kalian saat menerima tautan melalui email.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Film Animasi 5 Centimeters per Second Makoto Shinkai Bakal Dibuat Live Action

BERIKUTNYA

Art Jakarta 2024 Tempati Ruang Lebih Luas, Targetkan 40.000 Pengunjung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: