Hypeurban Istilah "ang ang ang" digunakan untuk mengekspresikan tawa. (Sumber gambar: Rquiros/Pexels)

Istilah "Ang Ang Ang" Viral di TikTok, Apa Artinya?

24 September 2024   |   16:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak istilah baru yang viral di media sosial akhir-akhir ini, salah satunya "Ang Ang Ang". Istilah ini menjadi populer sebagai ungkapan tawa yang berbeda dari ekspresi pada umumnya. Banyak pengguna medsos seperti TikTok yang menggunakan ang ang ang dalam konten mereka, baik sebagai komentar maupun dalam video .

Istilah "ang ang ang" viral di TikTok salah satunya dipopulerkan oleh akun @clapaucius. Dalam kontennya yang berjudul "POV punya teman ketawanya aneh", akun tersebut mengunggah sebuah video dirinya sedang bergurau dengan teman-temannya di sebuah kafe. 

Kemudian, di tengah-tengah perbincangan, salah satu temannya yang ada dalam video terdengar tertawa dengan bunyi seperti "ang ang ang". Mendengar bunyi tertawa yang dirasa unik tersebut, sang pemilik akun bersama teman-temannya pun ikut tertawa bersama.

Video yang diunggah pada 10 Mei 2024 itu pun viral di TikTok. Sampai saat ini, video tersebut telah ditonton lebih dari 62 juta kali di platform video pendek itu, dan disukai oleh lebih dari 5 juta kali. Sebanyak lebih dari 140.000 komentar juga telah membanjiri unggahan video tersebut. 

Baca juga: Arti Istilah Gaul Berbahasa Inggris yang Viral di TikTok
 
@clapsucius “ang ang ang ang ang ang”@Nandaaa ? original sound - clapaucius

Diketahui, sosok yang viral dengan ketawa "ang ang ang" itu memiliki akun TikTok @yooananda. Di akun media sosialnya, perempuan berjilbab itu pun kerap mengunggah akun yang menampilkan dirinya tertawa dengan bunyian "ang ang ang".

Kepada 40.000 lebih pengikutnya, akun tersebut juga kerap membagikan aktivitas kesehariannya, mulai dari memasak bekal untuk ke kantor, mengulas produk kecantikan, hingga tampilan outfit sehari-hari. 

Dari video tersebut, kata "ang ang ang" pun akhirnya ramai dipakai banyak pengguna lain untuk mengekspresikan tawa. Banyak kreator dan pengguna di TikTok yang membahas istilah "ang ang ang", dan menggunakan kata tersebut sebagai konten video mereka hingga akhirnya semakin viral. Lantas, apa arti istilah "ang ang ang" sebenarnya?

Jika dilihat dari istilahnya, "ang ang ang" terdiri dari kata 'ang' yang ditulis sebanyak tiga kali. Kehadiran istilah ini menjadi tren baru di media sosial, terutama di kalangan anak muda. Ungkapan ini tidak hanya digunakan untuk mengekspresikan tawa, tetapi juga untuk menyampaikan rasa humor dalam berbagai situasi. 

Adapun, kata "ang" tidak terdapat arti khusus dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).  Tapi, merujuk berbagai sumber, kata "ang ang ang" ini disebut sebagai ungkapan tawa mirip dengan istilah "hahaha", "hihihi", atau "wkwkwk" yang sudah lebih dulu muncul.

Istilah ini yang awalnya hanya sekadar onomatope atau tiruan suara tawa, kini jadi bagian dari bahasa gaul yang populer di platform TikTok.  Jika "hahaha" melambangkan tawa dengan bunyi “ha ha ha”, maka istilah itu menggambarkan tawa dengan bunyi “ang ang ang”, sehingga keduanya memiliki makna yang sama, yakni mengekspresikan tawa.

Di kolom komentar media sosial, istilah ini biasanya diikuti dengan emoji tertawa lebar. Tujuannya adalah untuk menambah kesan lucu dan menghibur pada konten atau komentar yang mereka bagikan.

Dengan penggunaan yang semakin meluas, ang ang ang kini menjadi bagian dari bahasa gaul yang sering ditemui di TikTok dan media sosial lainnya. Dengan semakin banyaknya konten kreator dan pengguna TikTok yang menggunakan istilah ini, diperkirakan ang ang ang akan terus menjadi tren dalam beberapa waktu ke depan, memperkaya ragam ekspresi tawa di media sosial.

Baca juga: Yuk Kenali Empat Persona Konsumen Untuk Tingkatkan Penjualan di TikTok

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Spesifikasi HP untuk Main Game Naruto: Ultimate Ninja Storm

BERIKUTNYA

Halal Indo Expo Perdana Digelar 26-29 September 2024, Cek Rangkaian Acaranya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: