Seriel dokumenter olahraga Starting 5 milik Netflix (Sumber foto: YouTube/Netflix)

Netflix Rilis Dokumenter Starting 5 yang Dibintangi Lebron James hingga Jayson Tatum

23 September 2024   |   17:08 WIB
Image
Muhammad Diva Farel Ramadhan Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Starting 5, serial dokumenter olahraga Netflix terbaru yang akan mengikuti kehidupan lima pemain bintang NBA, baik di dalam maupun di luar lapangan, siap dirilis. Dokumenter yang paling ditunggu oleh penggemar basket seluruh dunia ini bakal tayang 9 Oktober 2024. 

Kehidupan Lebron James, Jayson Tatum, Anthony Edwards, Jimmy Butler, hingga Domantas Sabonis pada musim 2023-2024 akan dikupas tuntas dalam serial ini.  Melansir laman resmi Netflix Senin (23/9/2024), Starting 5 menceritakan bagaimana liku-liku kelima atlet tersebut dalam menghadapi perjuangan mereka masing-masing.

“Serial ini menampilkan pertarungan mereka di dalam dan di luar lapangan saat mereka mengejar kejayaan, melewati cedera, dan menyeimbangkan tuntutan keluarga dan warisan,” dikutip dari pernyataan resmi.

Baca juga: Brian May Ungkap Kondisi Kesehatan Usai Alami Stroke Ringan dan Rilis Dokumenter Baru

James mendorong dirinya lebih keras dari sebelumnya untuk tetap bugar walaupun usianya yang sudah tua. Sementara bintang muda dari Minnesota Timberwolves, Edwards yang menggemparkan dunia dengan peningkatan performanya yang melesat di NBA. 

Genhype juga bisa mengikuti bagaimana perjuangan Jayson Tatum yang membawa Boston Celtics meraih kejuaraan NBA pada musim 2023-2024 lalu; serta kisah Jimmy Butler yang tiada hentinya mendorong Heat dan Sabonis yang menjadi jangkar bagi tim Sacramento Kings lewat permainannya.
 

Serial ini terdiri dari 10 episode yang masing-masing berdurasi sekitar 45 menit. Starting 5 disutradarai oleh Susan Ansman, Trishtan Williams, Peter J. Scalettar dan produser eksekutif oleh Maverick Carter, Jamal Henderson, Philip Byron dan Randy Mims. 

Omaha Productions milik Peyton Manning, yang juga membuat Quarterback untuk Netflix, akan memproduksi serial Starting 5. Selain Manning, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, yang dikenal sebagai penggemar berat NBA, turut ambil bagian dalam produksi bersama Michelle Obama melalui label mereka, Higher Ground Productions. 



Serial dokumenter olahraga dengan konten yang memadukan kehidupan dari seorang atlet bukanlah hal yang baru bagi Netflix. Sebelumnya, Quarterback juga mengikuti formula yang sama.  Serial tersebut mengikuti kehidupan Patrick Mahomes, Kirk Cousins, dan Marcus Mariota saat mereka berjuang melewati pelatihan yang melelahkan, perencanaan permainan strategis dan kehidupan keluarga selama musim NFL 2022.  

Salah satu dokumenter olahraga paling sukses milik Netflix lainnya adalah Formula 1: Drive To Survive. Dokumenter yang berhasil mendorong publik Amerika Serikat untuk menonton balapan F1.  Menurut data survei Morning Consult yang diambil pada 2022, sebanyak 53 fans baru F1 mengakui bahwa mereka menyukai olahraga tersebut berkat menyaksikan Drive To Survive

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Dokumenter di Netflix, Diangkat dari Kisah Nyata

Genre film dokumenter olahraga kini semakin kompetitif. Penyelenggara liga, tim olahraga, dan atlet berlomba-lomba menggarap proyek mereka sendiri, didorong oleh popularitas serta sambutan positif dari sejumlah film dan serial yang telah sukses di pasaran.

Selain itu, persaingan berbagai layanan streaming, seperti Amazon yang turut merambah pasar ini dengan dokumenter Jason Kelce, turut memeriahkan perlombaan konten dokumenter di industri layanan streaming global.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sutradara Aco Tenri Bersiap Garap Film Panjang Pertamanya

BERIKUTNYA

Rekap Hari ke-3 VCT Ascension Pacific 2024, Boom Esports Turun ke Lower Bracket

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: