Acara di Gamers Festival 2024 (Sumber gambar: Bank Mandiri)

Bingung Libur Akhir Pekan Mau Kemana? Ada Gamers Festival 2024 di Tennis Indoor Senayan

22 September 2024   |   08:18 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang bagi para penggemar gim di dalam negeri, yakni Livin Gamers Festival 2024 memasuki hari terakhir. Diselenggarakan pada 20-22 September 2024, festival ini dapat menjadi pilihan bagi Genhype yang bingung mengisi liburan akhir pekan pada Minggu, 22 September 2024. 

Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, mengatakan bahwa manajemen menyelenggarakan festival ini untuk mendekatkan perusahaan dengan komunitas gim yang ada di dalam negeri. 

“Industri game di Tanah Air berkembang sangat pesat, dan kami melihat ini sebagai potensi yang luar biasa. Melalui Livin’ Gamers Festival 2024, kami ingin menjadi bagian dari perkembangan tersebut dan memberikan dukungan nyata bagi para gamers,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Hypeabis.id

Baca juga: 8 Event Seru di Jakarta Akhir Pekan Ini 21-22 September 2024

Dia menuturkan, industri game merupakan salah satu sektor ekonomi kreatif yang berkembang di Indonesia. Sektor gim di dalam negeri juga memiliki potensi terus tumbuh pada masa yang akan datang, mengingat saat ini ada 185 juta gamers di Indonesia. 

Jumlah para pemain gim di Indonesia tersebut memberikan kontribusi sebesar 43 persen dari total gamers di Asia secara keseluruhan. Tidak hanya itu, data para pemain gim itu juga memperlihatkan bahwa nilai rata-rata spending setiap bulan untuk membeli game mencapai Rp91.000 dan untuk esports mencapai Rp131.000. 

Dia mengatakan, data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada 2022 menunjukkan bahwa nilai industri gim di tanah air mencapai Rp25 triliun. 

Alexandra menambahkan, pihaknya ingin mendorong pertumbuhan industri gim dan esports dengan adanya festival bagi para pencinta gim. Kemudian, manajemen juga menginginkan ajang ini dapat melahirkan lebih banyak pemain profesional yang dapat bersaing di panggung internasional. 

Untuk diketahui, ajang Livin Gamers Festival 2024 merupakan hasil kolaborasi antara Bank Mandiri dengan publisher Level Infinite dan diadakan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Di ajang ini, Genhype dapat menyaksikan berbagai macam kegiatan, seperti pameran komunitas gim, karnaval, kompetisi cosplay, dan pertunjukan musik dari grup band terkenal seperti J-Rocks dan Vierratale.

Ajang ini menggandeng Level Infinite, publisher dari game Honor of Kings yang menjadi game MOBA terpopuler di Indonesia pada 2024. Salah satu perhatian utama festival yang bertema Futuristic Carnival of Kings adalah pertandingan Final Stage Honor of Kings Championship 2024 Indonesia Qualifier. 

Gim Honor of Kings telah menjadi permainan top worldwide grossing dengan total pendapatan mencapai US$18,6 miliar hingga 2023.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mengenal Haute Couture dan Perbedaanya dengan Busana Ready to Wear

BERIKUTNYA

Begini Respons APM Kendaraan Listrik soal Rencana Pembatasan Pertalite

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: