Tampilan pembaruan iOS 18. (Sumber gambar: Apple)

5 Pembaruan & Fitur Terbaru dari iOS 18, Sudah Bisa Diunduh Hari Ini

16 September 2024   |   19:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Apple merilis pembaruan perangkat lunak untuk iPhone, yakni iOS 18. Sistem operasi ini membawa sejumlah pembaruan dan perubahan guna meningkatkan performa dan pengalaman bagi para pengguna gawai buatan perusahaan asal Amerika Serikat itu. 

Dikenalkan bersama dengan iPadOS 18, watchOS 11 dan macOS Sequoia pada Juni lalu, iOS 18 menambahkan layar beranda baru yang ekstensif dan opsi penyesuaian pusat kendali. Ada pula alat tulis tangan dan matematika pintar untuk Notes, serta tampilan jam baru. 

Baca juga: AI Bikin Pasar Ponsel Pintar Tambah Menarik, Gara-gara Apple Intelligence?

Perangkat lunak ini sudah bisa diunduh semua telepon pintar Apple, mulai dari iPhone XS tahun 2018 atau yang lebih baru yakni seri iPhone 16. Lantas seperti apa pembaruan yang dibawa iOS 18? Simak ulasannya berikut ini yuk, Genhype.


1. Kostumisasi Layar Beranda & Pusat Kendali

Apple akhirnya mengizinkan pengguna untuk menempatkan ikon aplikasi dan widget di layar beranda dalam pola apa pun, tidak hanya diisi dari kiri atas. Mengutip Guardian, ikon aplikasi kini dapat dibuat lebih besar, dan dapat diwarnai agar sesuai dengan mode gelap atau dengan warna tertentu.

Pusat kendali kini memungkinkan berbagai pengaturan cepat ditambahkan dalam berbagai ukuran dan bentuk dengan halaman tambahan yang dapat digeser. Dengan demikian, pengguna dapat memiliki satu halaman khusus untuk musik atau halaman lain dengan kontrol rumah pintar. Kontrol cepat pada layar kunci juga dapat diubah. 


2. Peningkatan iMessage

Apple akhirnya menambahkan dukungan RCS. Protokol pengiriman pesan interaktif ini sebelumnya hanya tersedia untuk perangkat Android. 

RCS akan memudahkan pengguna untuk mengirim pesan teks, terutama dengan media dan tanda terima baca. Kini pengguna iPhone dapat menjadwalkan dan mengirim pesan di lain waktu, yang berguna untuk mengirim ucapan selamat ulang tahun. Teks kini dapat dianimasikan di iMessages dan reaksi kini dapat menyertakan emoji atau stiker apa pun


3. Aplikasi Foto yang Didesain Ulang

Aplikasi foto telah diperbarui dengan foto-foto unggulan dan carousel. Sekarang, aplikasi ini secara otomatis membuat koleksi foto berdasarkan topik seperti hari-hari terakhir, perjalanan, atau orang dan hewan peliharaan. 

Pengguna dapat membuat koleksi sendiri dan menyematkan koleksi atau album yang paling penting untuk akses cepat. Genhype juga bisa mengatur ulang aplikasi agar sesuai dengan keinginan.


4. Aplikasi Catatan, Kata Sandi, dan Peta

Aplikasi catatan kini dapat merekam audio dan membuat transkrip langsung, yang dapat dicari atau digabungkan dengan dokumen lain. Aplikasi ini juga dapat memecahkan ekspresi dan kalkulasi matematika untuk pengguna.

Sementara itu, Keychain Apple telah diubah menjadi pengelola kata sandi yang tepat dengan aplikasi Paswords baru, yang tersedia di semua perangkat Apple dan Windows. Adapun Apple Maps sekarang dapat menyimpan peta topografi secara offline dan membuat rute khusus untuk berjalan kaki dan mendaki.


5. Game Mode

Pertama kali diperkenalkan di Mac, Game Mode kini tersedia di iPhone. Apple mengatakan Game Mode dapat meminimalkan aktivitas latar belakang untuk mempertahankan frame rate yang tinggi secara konsisten selama bermain game, mengurangi secara drastis latensi audio dengan AirPods, dan membuat kontroler game nirkabel sangat responsif.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Resep Nasi Liwet Rice Cooker yang Praktis & Nikmat

BERIKUTNYA

Fakta-Fakta Roman Peony, Film Garapan Indonesia & Jepang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: