Kereta Cepat Whoosh melintas di depan proyek pembangunan perumahan di Kawasan Ciwastra, Bandung, Jawa Barat, Selasa (3/9/2024). (Sumber foto: Hypeabis.id/Rachman)

Kereta Cepat Whoosh Alami Lonjakan Penumpang Jelang Libur Panjang Maulid Nabi 2024

14 September 2024   |   17:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Libur panjang akhir pekan menjadi momentum bagi banyak orang untuk melakukan perjalanan ke sejumlah daerah. Selain pesawat, bis, atau kendaraan pribadi, sejumlah traveller juga menggunakan kereta cepat Whoosh. Kondisi ini membuat penumpang moda transportasi berbasis rel tersebut mengalami peningkatan 25 persen.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan bahwa Genhype yang menggunakan kereta cepat Whoosh mencapai 22.159 orang pada 13 September 2024. Sementara itu, secara keseluruhan, pengguna moda transportasi dengan kecepatan 350 kilometer per jam itu mencapai 75.000 orang dari 13 sampai 16 September 2024.

Baca juga: 4 Juta Orang Sudah Naik Kereta Cepat Whoosh, Cek Fakta-fakta Menariknya

Jumlah penumpang kereta cepat Whoosh pada akhir pekan yang berlangsung dari 13 sampai 16 September 2024 itu tercatat lebih tinggi jika dibandingkan dengan akhir pekan lalu.

“Terjadi peningkatan penumpang Whoosh yang signifikan pada periode libur panjang akhir pekan Maulid Nabi 13-16 September 2024 kali ini. Terdapat peningkatan sebesar 25 persen pada momen liburan kali ini jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya,” ujarnya dalam siaran pers pada Sabtu, 14 September 2024.

Selain jumlah penumpang yang mencapai 75.000 orang dalam 4 hari, berikut sejumlah fakta menarik tentang kereta cepat Whoosh pada akhir pekan ini:

Keberangkatan dari Halim mendominasi

Fakta menarik lain tentang kereta cepat Whoosh pada akhir libur akhir pekan dari 13 sampai 16 September 2024 adalah keberangkatan didominasi dari Stasiun Halim. Eva mengungkapkan bahwa sebanyak 19 dari 24 jadwal keberangkatan dari Halim, yakni dari pukul 06.40 WIB sampai 17.35 WIB telah habis terjual.

Di atas 85 persen

Adapun, fakta lain tentang peningkatan jumlah penumpang kereta cepat Whoosh pada libur panjang akhir pekan Maulid Nabi Muhammad SAW, adalah tingkat keterisian kereta yang mencapai di atas 85 persen untuk jadwal perjalanan selain dari Stasiun Halim.

Integrasi layanan transportasi umum

Genhype yang hendak menggunakan moda transportasi berbasis rel tersebut juga dapat memanfaatkan moda transportasi umum lainnya, lantaran sudah terdapat integrasi. Salah satu contohnya adalah integrasi layanan transportasi umum di Stasiun Halim yang memungkinkan Genhype menggunakan layanan LRT Jabodebek, bus transjakarta, dan sebagainya.

Pemesan tiket melalui online

Manajemen menyarankan masyarakat melakukan pemesanan tiket kereta cepat Whoosh secara daring. Salah satu saluran yanga adalah aplikasi Whoosh karena akan memudahkan Genhype dalam proses pembatalan atau perubahan jadwal perjalanan.

Setengah juta unduhan

Pada saat ini, aplikasi Whoosh yang menjadi platform bagi Genhype untuk memesan tiket moda transportasi dengan kecepatan 350 kilometer per jam itu telah diunduh lebih dari setengah juta kali. Dengan begitu, manajemen mengeklaim sebagai salah satu platform aplikasi pemesanan tiket paling populer.

Baca juga: Jangan Main Layang-layang di Sekitar Jalur Kereta Cepat, Ini Bahayanya

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Panduan Transportasi Menuju Jakarta International Stadium untuk Konser Bruno Mars 14 September 2024

BERIKUTNYA

Fakta Final Trailer Venom: The Last Dance, Knull Muncul jadi Villain Utama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: