Penumpang Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Tegalluar (Sumber gambar: Siaran Pers/ PT KCIC)

KCIC Sediakan Layanan Refund Tiket Kereta Cepat Whoosh

23 October 2023   |   08:02 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Saat rencana perjalanan telah disiapkan dan membeli tiket moda transportasi, kadang kita harus melakukan pembatalan karena beberapa hal, seperti sakit, tugas mendadak, dan sebagainya. Tiket transportasi yang telah dibeli pun harus dibatalkan. Jika Kereta Cepat Whoosh menjadi moda transportasi yang digunakan, Genhype juga bisa melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian dana.

Baca juga: KCIC Tebar Promo Tiket Kereta Cepat Jadi Rp150.000, Yuk Cek Cara Beli & Rutenya

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa mengatakan bahwa penumpang yang membatalkan tiket akan mendapatkan pengembalian dana sebesar 75 persen dari harga tiket.

Untuk melakukan pembatalan, pelancong dapat memprosesnya secara luring di loket Stasiun Kereta Cepat Halim, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. “Ke depan pembatalan tiket kereta cepat dapat dilayani melalui aplikasi Whoosh Kereta Cepat,” ujarnya.

Pada saat ini, banyak masyarakat yang tertarik menggunakan Kereta Cepat Whoosh. Perusahaan mencatatkan bahwa pada Sabtu, 21 Oktober 2023, terdapat 11.329 orang. Sementara pada MInggu, 22 Oktober 2023, terdapat lebih dari 10.000 penumpang.

Selama dua hari tersebut, manajemen telah menjalankan 22 perjalanan Kereta Cepat Whoosh – termasuk kereta tambahan, yakni 12 perjalanan. Operasional kereta cepat tambahan yang dilakukan oleh perusahaan dari Jumat sampai dengan Minggu.

Penambahan kereta cepat tambahan itu dilakukan oleh manajemen lantaran minat masyarakat terhadap moda transportasi berbasis rel dengan kecepatan 350 km / jam itu sangat tinggi. Jumlah kereta cepat yang lebih banyak juga membuat perusahaan menambah jumlah kereta api feeder sesuai jadwal perjalanan kereta cepat.

Selain tiket perjalanan biasa, perusahaan juga telah mulai menjual tiket kelas pertama dan bisnis untuk jadwal tertentu secara bertahap.  

Nah, bagi genhype yang sudah terlanjur melakukan pembelian dan hendak melakukan pembatalan karena beberapa alasan, berikut mekanisme dan ketentuannya.
  1. Pembatalan tiket dilakukan secara luring di loket Stasiun Halim, Stasiun Padalarang, atau Stasiun Tegalluar
  2. Genhype yang sudah memiliki tiket Kereta Cepat Whoosh bisa melakukan pembatalan sampai H-2 waktu keberangkatan
  3. Untuk mengajukan pembatalan, Genhype perlu membawa tiket yang akan dibatalkan, baik fisik jika sudah dicetak maupun bukti transaksi jika tiket belum dicetak.
  4. Penumpang juga harus menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sesuai dengan nama yang tertera di dalam tiket yang akan dibatalkan saat berada di stasiun. 
  5. Genhype juga perlu mengisi formulir yang akan didapatkan ketika hendak melakukan pembatalan di Stasiun Kereta Cepat Whoosh.
  6. Pemegang tiket Kereta Cepat Whoosh hanya akan menerima pengembalian dana sebesar 75 persen dari total harga tiket.
  7. Kalian akan menerima pengembalian uang maksimal 30 persen melalui transfer bank.
  8. Sebelum berangkat ke stasiun, perhatikan waktu pelayanan di loket yang berbeda-beda. Di Stasiun Halim pelayanan mulai dari pukul 05.30 WIB sampai 19.30 WIB; Stasiun Padalarang pada pukul 05.30 WIB – 20.00 WIB; dan Stasiun Tegalluar dari pukul 05.30 WIB – 19.45 WIB.

Baca juga: Harga Tiket dan Rute Kereta Api Suites Class

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Kegiatan Seru Merayakan Halloween, Mulai dari Pesta Kostum sampai Nonton Film Horor

BERIKUTNYA

4 Fakta WhatsApp Diblokir di Beberapa Perangkat Mulai 24 Oktober 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: