Victoria (2015). (Sumber foto: MUBI)

5 Karya Sinema yang Diciptakan dalam Waktu Kurang dari 14 Hari

13 September 2024   |   17:30 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Dalam dunia perfilman, proses produksi yang panjang sering kali dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam menciptakan karya berkualitas. Dengan ribuan elemen yang harus diperhatikan, mulai dari penulisan naskah, pemilihan pemain, pengambilan gambar, hingga proses editing.

Banyak sutradara yang merasa perlu meluangkan waktu bertahun-tahun untuk menghasilkan film yang sempurna. Namun, ada beberapa film yang berhasil menepis anggapan ini dengan menyuguhkan karya luar biasa yang justru dibuat dalam waktu yang sangat singkat.

Baca juga: 5 Film dengan Biaya Produksi Termahal Sepanjang Masa

Salah satu contoh adalah film El Mariachi (1992), yang disutradarai oleh Robert Rodriguez. Film ini berhasil diselesaikan hanya dalam waktu 14 hari. Rodriguez hanya memerlukan anggaran sebesar US$7 ribu untuk produksinya. Dia mampu menekan biaya dengan memanfaatkan lokasi asli daripada membuat set, dan memilih untuk melibatkan penduduk setempat yang sudah tinggal dan bekerja di kota tersebut sebagai pemain.

Lantas apa saja film yang dibuat dalam waktu singkat? Mengutip dari berbagai sumber, berikut rangkumannya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

1. Mass (2021)

 

Mass (2021). (Sumber foto: Bleecker Street)

Mass (2021). (Sumber foto: Bleecker Street)

Film ini mengisahkan empat orang tua yang berduka berkumpul untuk membahas penembakan di sekolah yang merenggut nyawa putra mereka. Sepasang suami istri yang kehilangan anak mereka datang untuk menghadapi orang tua dari pelaku penembakan. Film Mass berfokus pada empat penampilan utama oleh Jason Isaacs, Martha Plimpton, Ann Dowd, dan Reed Birney. Mass berhasil digarap hanya dalam kurun waktu dua minggu


2. Phone Booth (2002)

 

Phone Booth (2002). (Sumber foto: 20th Century Studios)

Phone Booth (2002). (Sumber foto: 20th Century Studios)

Phone Booth, yang dibintangi Colin Farrell, adalah thriller tentang seorang pria yang harus mengakui niatnya untuk berselingkuh atau menghadapi ancaman kematian dari penembak jitu yang menunggu di luar bilik telepon. Phone Booth difilmkan hanya dalam waktu 12 hari. Meskipun konsep film yang berlatar di dalam bilik telepon telah ada selama lebih dari 30 tahun.


3. Paranormal Activity (2007)

 

Paranormal Activity (2007). (Sumber foto: Paramount Pictures)

Paranormal Activity (2007). (Sumber foto: Paramount Pictures)

Film Paranormal Activity yang disutradarai oleh Oren Peli dengan anggaran hanya US$15.000 berhasil memukau penonton dengan kisah kejadian mengerikan di rumah pinggiran kota yang baru. Proses pembuatan film Paranormal Activity dibuat dalam waktu yang lebih singkat dari kedua film di atas. Film ini hanya membutuhkan waktu selama tujuh hari.


4. Locke (2013)

 

Locke (2013). (Sumber foto: A24)

Locke (2013). (Sumber foto: A24)

Film ini mengisahkan Ivan Locke (diperankan oleh Tom Hardy), seorang pria yang harus menghadapi konsekuensi dari perselingkuhannya saat istrinya melahirkan. Locke menerima panggilan telepon yang mengungkap berbagai aspek kehidupannya dan bagaimana ia terjebak dalam situasi tersebut. Dalam film ini, Hardy adalah satu-satunya aktor yang muncul di layar, meskipun karakter lain terdengar melalui telepon. Film ini rampung dikerjakan hanya dalam waktu enam hari
 

5. Victoria (2015)

 

Victoria (2015). (Sumber foto: Senator Film Produktion)

Victoria (2015). (Sumber foto: Senator Film Produktion)

Victoria adalah film yang diambil dalam satu pengambilan gambar, mengikuti kisah seorang wanita muda Spanyol yang tinggal di Berlin. Setelah pulang dari klub malam, dia terjebak dalam perampokan bank dan setuju menjadi sopir bagi empat pria perampok. Film ini sepenuhnya direkam dalam satu pengambilan gambar, berlangsung selama empat jam di jalanan Berlin pada satu malam.

Nah itu dia lima film yang dibuat dalam waktu relatif singkat, Genhype tertarik nonton film yang mana aja nih?

SEBELUMNYA

Kapan iPhone 16 Tersedia di Indonesia? Ini Kata Apple

BERIKUTNYA

Kenali Risiko Sepsis dalam Rangka Memperingati World Sepsis Day

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: