Ilustrasi jajaran produk iPhone dengan kamera vertikal. (Sumber gambar: Apple)

Intip 9 Bocoran Spesifikasi & Fitur iPhone 16

02 September 2024   |   13:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Apple bakal mengenalkan seri terbaru smartphone unggulannya, iPhone 16, pada 9 September 2024. Berlangsung dalam acara bertajuk It’s Glowtime, ponsel ini digadang-gadang membawa perubahan penting pada jajaran iPhone mulai dari ukuran, desain, chipset, hingga fitur baru.

Model terbaru dari iPhone memang sangat ditunggu para penggemar gadget. Pasalnya, Apple selalu menghadirkan fitur baru yang membuat kompetitor ponsel di kelas flagship ketar-ketir. 

Baca juga: Apple Event "It's Glowtime" Digelar 9 September 2024, Luncurkan iPhone 16?

Seperti seri iPhone 15, jajaran produk tahun ini diperkirakan akan tetap terdiri dari empat model, diantaranya iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Lantas seperti apa spesifikasi dan fitur pada iPhone 16? Simak ulasannya di bawah ini yuk, Genhype.


1. Bye-bye Kamera Boba

Apple memutuskan untuk menggunakan sistem kamera yang sejajar vertikal dengan tonjolan kamera berbentuk pil. iPhone sebelumnya menggunakan tonjolan kamera berbentuk persegi atau yang populer disebut kamera boba.

Mengutip dari Mac Rumors, tonjolan berbentuk pil akan menampung lensa wide dan ultrawide secara terpisah. Mikrofon akan berada di samping lensa, sementara lampu kilat kamera akan berada di bagian belakang perangkat di luar tonjolan tersebut.

Pada sisi kiri iPhone, Apple mengganti tombol mute dengan tombol action. Sementara tombol volume akan berada di bawah action button. Sisi kanan perangkat akan dilengkapi tombol capture, tepatnya di tempat antena mmWave.


2. Warna Lebih Variatif

Dari rumor yang beredar, terdapat tujuh warna untuk ponsel terbaru dari iPhone ini, diantaranya biru, merah muda, kuning, hijau, hitam, putih, dan ungu. Namun, analis Apple Ming-Chi Kuo yakin iPhone 16 akan tersedia dalam warna hitam, hijau, merah muda, biru, dan putih, tanpa pilihan ungu atau kuning.

Sementara itu, model dummy iPhone 16 memperlihatkan pilihan warna seperti merah muda muda, hijau biru tua, dan biru cerah, serta hitam dan putih. Adapun lapisan kaca belakang akan menampilkan efek buram yang kontras dengan warna bingkai utama.


3. Ukuran Lebih Besar

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max diperkirakan akan memiliki ukuran layar yang lebih besar. Untuk iPhone 16 Pro akan memiliki layar berukuran 6,27 inci, sedangkan iPhone 16 Pro Max punya layar 6,85 inci. Dengan peningkatan ukuran layar, dimensi bodi ponsel ini juga meningkat. 

Kedua model akan lebih tinggi dan lebih lebar daripada model iPhone 15 Pro. Ketebalannya akan tetap sama, bobotnya sedikit meningkat karena ukurannya yang lebih besar.


4. Layar dengan Tekologi Lensa Mikro

Panel OLED iPhone 16 menggunakan teknologi lensa mikro. Rangkaian lensa mikro atau MLA menggunakan pola seragam miliaran lensa di dalam panel untuk mengurangi pantulan internal. Cahaya yang dipantulkan meningkatkan kecerahan, tanpa meningkatkan konsumsi daya.

Apple menggunakan teknologi Border Reduction Structure (BRS) untuk beberapa layar model iPhone 16. BRS memungkinkan tata letak sirkuit di bawah layar yang lebih ringkas dan efisien, sehingga bezel lebih tipis tanpa memengaruhi kinerja layar.

Belum jelas apakah bezel yang lebih ramping akan terbatas pada model iPhone 16 Pro saja. Namun, ada beberapa perubahan kecil pada sistem Face ID di model iPhone 16. Seorang pemasok Apple di Inggris dilaporkan kehilangan kesepakatan karena Apple berencana untuk merombak Face ID dengan peluncuran iPhone 16.


5. Tombol Baru

Apple berencana menambahkan dua tombol baru ke iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Salah satunya akan menggantikan mute switch.Pertama yakni tombol aksi tersebut yang diperluas, identik dengan tombol aksi iPhone 15 Pro. 

Kedua, tombol tindakan yang menggantikan tombol mute switch yang dapat menjalankan berbagai fungsi seperti mengaktifkan senter, menyalakan kamera, meluncurkan pintasan, mengaktifkan atau menonaktifkan mode fokus, menggunakan terjemahan, hingga menghidupkan/mematikan mode senyap.

Ketiga, Apple melengkapi tombol capture di sisi yang sama dengan tombol power yang sebelumnya ditempati antena 5G mmWave. Dengan penambahan tombol ini, lubang mmWave dipindahkan ke sisi kiri perangkat, di bawah tombol volume. 

Bersifat mekanis, tombol capture akan merespons tekanan dan sentuhan, serta memiliki beberapa kemampuan seperti fokus otomatis saat mengambil gambar atau video, memperbesar dan memperkecil. Ada juga gerakan untuk beralih antara mode foto dan mode video, mirip dengan cara Anda merekam video dengan menekan dan menggeser di aplikasi kamera iPhone.


6. Performa Gahar

Kode di iOS 18 mengonfirmasi bahwa keempat model iPhone 16 akan menggunakan chip A18 generasi berikutnya. Chip A18 generasi berikutnya yang direncanakan untuk model iPhone 16 Pro dapat menampilkan Neural Engine yang ditingkatkan dengan inti untuk peningkatan kinerja artificial inteligence (AI), menurut analis Apple Ming-Chi Kuo.

Sementara itu, ponsel ini dibekali Snapdragon X75 dari Qualcomm, yang memungkinkan konektivitas 5G yang lebih cepat dan lebih efisien. Qualcomm X75 mendukung standar 5G Advanced dengan peningkatan AI dan pembelajaran mesin untuk peningkatan 5G.

Model iPhone 16 standar bakal menggunakan chip Qualcomm X70, yang merupakan chip yang sudah digunakan pada model iPhone 15. Apple tengah berupaya mengembangkan chip modem dan pengaturan antenanya sendiri guna menghilangkan ketergantungan pada Qualcomm, tetapi belum siap diluncurkan tahun ini.

Sementara itu, model iPhone 16 standar bakal memiliki RAM 8GB, naik dari 6GB pada model iPhone 15. Kapasitas RAM tersebut juga berlaku di semua varian.


7. Perbaikan Termal

Ponsel ini bakal menghadirkan desain termal baru yang akan mengatasi panas berlebih. Apple dikabarkan tengah mengembangkan sistem termal graphene untuk model iPhone 16, dan model iPhone 16 Pro mungkin menyertakan casing baterai berbahan logam yang akan meningkatkan pembuangan panas.

Grafena memiliki konduktivitas termal yang lebih tinggi daripada tembaga yang digunakan dalam penyerap panas iPhone. Model iPhone 16 akan menyertakan lembaran grafit yang lebih besar di dalamnya untuk mengurangi panas dan mengatasi potensi panas berlebih dari chip silikon Apple.


8. Adopsi Wi-Fi 7

Analis Apple Ming-Chi Kuo meyakini model iPhone 16 Pro mengadopsi teknologi WiFi 7 untuk memberikan kecepatan setidaknya 30 gigabit per detik (Gb/s), dan dapat mencapai hingga 40 Gb/s. Wi-Fi 7 juga mampu menggunakan saluran 320MHz dan mendukung teknologi modulasi amplitudo kuadratur (QAM) 4K, yang pada akhirnya memberikan kecepatan hingga 2,4x lebih cepat daripada Wi-Fi 6 dengan jumlah antena yang sama. 

Dengan dukungan Wi-Fi 7, kecepatan transfer menjadi lebih cepat, latensi yang lebih rendah, dan konektivitas yang lebih andal. Wi-Fi 7 mungkin terbatas pada model iPhone 16 Pro, sementara model iPhone 16 standar ditingkatkan ke Wi-Fi 6E, yang saat ini terbatas pada model iPhone 15 Pro.


9. Penyempurnaan Lensa Ultra Wide

Tidak ada perubahan untuk kamera utama iPhone 16. Namun, kamera ultra qide akan ditingkatkan dengan bukaan f/2.2, naik dari bukaan f/2.4 pada generasi sebelumnya. Bukaan yang lebih rendah akan meningkatkan kinerja dalam cahaya rendah.

Dengan penyempurnaan lensa Ultra Wide, model iPhone 16 dapat mendukung mode makro untuk pertama kalinya. Adapun kamera ini memiliki resolusi 48 megapiksel yang secara signifikan  meningkatkan kinerja dalam cahaya rendah.

Baca juga: Apple Rombak iPhone 17, Hadir dengan RAM 12GB dan Teknologi AI Terbaru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Popularitas GPT-4o Meroket, Pengguna Aktif ChatGPT Naik Dua Kali Lipat Capai 200 Juta

BERIKUTNYA

Pameran Desain Interior TCOI 2024 Summer Home, Bawa Suasana Liburan Musim Panas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: