Koleksi baju di lemari (Sumber Foto: Freepik)

7 Fashion Item yang Wajib Ada Dalam Capsule Wardrobe, Kemeja Putih dan Gaun Hitam

31 August 2024   |   14:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Capsule wardrobe dalam dunia fesyen mengacu pada koleksi pakaian dalam lemari yang timeless atau tak lekang waktu dari segi warna, desain, dan fungsinya. Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh seorang pemilik butik asal Inggris pada era 1970-an bernama Susie Faux.

Koleksi pakaian dalam capsule wardrobe biasanya hanya berkisar 35 hingga 37, terdiri dari pakaian-pakaian dasar seperti kaus polos, celana jeans, blazer, dress dengan warna-warna netral. Tak ketinggalan aksesori basic seperti perhiasan, scarf, topi, sepatu dan lainnya yang bisa dipadu padankan dalam berbagai gaya.

Baca juga: 5 Istilah dalam Dunia Fashion, Haute Couture sampai Capsule Wardrobe

Menerapkan konsep capsule wardrobe akan membuat seseorang tetap terlihat stylish walau dengan pilihan item fesyen yang terbatas. Pakaian-pakaian yang memiliki warna netral dan desain yang timeless, mudah dipadupadankan untuk dikenakan dalam berbagai kesempatan, baik acara formal maupun kasual.

Konsep ini juga sering dikaitkan dengan gaya hidup minimalis dan keberlanjutan, karena mendorong orang-orang untuk membeli lebih sedikit produk fesyen dan memaksimalkan penggunaan pakaian lamanya. Kalaupun harus membeli, dia akan mempertimbangkan kualitas daripada kuantitas.

Pada akhirnya gerakan ini bisa mengurangi limbah pakaian yang kian harinya makin menumpuk dan bisa merusak lingkungan. Nah Genhype, kira-kira item fesyen apa saja yang wajib ada dalam capsule wardrobe? Yuk, simak daftarnya!


1. Kemeja Putih

Kemeja putih bisa digunakan dalam berbagai kesempatan, mulai dari acara kasual sampai formal. Saat dipadukan dengan celana jeans dan sneakers, kemeja putih akan memberikan tampilan santai namun tetap rapi.

Di sisi lain, saat dipadukan dengan blazer dan celana bahan, kemeja putih bisa memberikan kesan profesional dan formal, cocok untuk menghadiri rapat atau acara bisnis. Kemeja putih juga bisa di-styling dalam berbagai gaya, misalnya dengan menggulung lengannya atau menambahkan aksesori seperti kalung atau scarf, dan lainnya.


2. Celana Jeans Navy dan Hitam

Celana jeans adalah item yang harus ada dalam setiap lemari pakaian. Dengan perawatan yang tepat, jeans bisa tahan lama, sehingga menjadikannya investasi yang baik untuk capsule wardrobe.

Jeans model fit body dengan warna navy atau hitam mudah dipadukan dengan semua model atasan. Cobalah padukan jeans dengan t-shirt atau blus untuk menciptakan tampilan yang chic. Adapun untuk gaya yang lebih formal atau semi-formal, jeans bisa dipadukan dengan blazer dan sepatu hak.


3. Blazer Warna Netral

Blazer dengan warna netral seperti hitam, navy, atau abu-abu dapat memberikan kesan yang lebih profesional. Bahkan saat dipadukan dengan kaos atau kemeja, blazer bisa membuatmu terlihat lebih rapi dan berkelas.

Blazer bisa dipadukan dengan rok pensil atau celana bahan untuk gaya formal di kantor. Sedangkan untuk penampilan kasual, blazer dapat dipadukan dengan jeans dan kaos.


4. Gaun Hitam

Gaun hitam adalah pakaian yang wajib ada dalam setiap lemari. Pilih gaun fit body atau yang pas dengan tubuh untuk memberikan kesan ramping dan anggun. Tampilannya yang simpel namun elegan cocok dipakai di berbagai acara, mulai dari makan malam santai sampai pesta formal.

Tambahkan perhiasan berkilauan, sepatu hak tinggi, dan clutch untuk menciptakan tampilan yang lebih glamor. Sementara untuk gaya kasual padukan dengan jaket denim dan sneakers.


5. Sepatu Flats atau Sneakers

Sepatu flats atau sneakers adalah item penting dalam capsule wardrobe karena nyaman dikenakan dan cocok dipadukan dengan berbagai gaya berpakaian. Sepatu jenis ini bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, seperti jalan-jalan, pergi ke kantor, atau menghadiri acara pesta. Pilih yang desainnya sederhana dan berwarna netral seperti hitam, putih, atau nude.

Flats yang elegan bisa memberikan kesan yang lebih formal dibandingkan sneakers, serta dapat dipakai dengan gaun, rok, atau celana panjang untuk tampilan yang rapi dan profesional. Sementara itu, sneakers akan memberikan kesan yang lebih santai dan modern, cocok dipadukan dengan jeans, celana pendek, atau beberapa jenis gaun untuk tampilan yang lebih casual namun tetap stylish.


6. Topi dan Scarf

Topi yang wajib ada dalam capsule wardrobe, misalnya fedora, beanie, baseball cap, dan beret. Fedora menawarkan tampilan klasik dan elegan, cocok untuk gaya kasual dan semi-formal. Beanie, ideal untuk cuaca dingin, memberikan kehangatan dan kesan santai. Baseball cap adalah pilihan sporty dan kasual, cocok aktivitas luar ruangan, sementara beret memberikan sentuhan chic dan artistik, cocok untuk gaya yang lebih estetik. 

Baca juga: Plaza Indonesia Men's Fashion Week 2024 Digelar Mulai 2 September, Usung Tema Modern Gentleman

Begitupun dengan scarf, item ini wajib dimasukkan dalam capsule wardrobe. Misalnya scarf dengan rajutan tebal dan scarf ringan seperti sifon atau sutra. Scarf rajutan tebal akan memberikan kehangatan yang cocok untuk cuaca dingin. Sementara scarf sifon atau sutra akan menambah sentuhan warna dan pola yang elegan pada pakaian, cocok untuk berbagai cuaca.


7. Perhiasan Basic

Perhiasan dasar yang wajib ada dalam capsule wardrobe misalnya anting-anting stud atau hoop, cincin, kalung rantai sederhana, gelang bangle atau cuff, dan lainnya. Anting stud biasanya berukuran kecil dari material emas atau perak, dengan tambahan batu berlian kecil. Perhiasan ini akan menawarkan tampilan minimalis yang cocok untuk berbagai kesempatan.

Sementara anting hoop berbentuk lingkaran seperti cincin, ukurannya kecil sampai besar. Perhiasan ini akan memberikan sentuhan modern, cocok digunakan untuk gaya kasual maupun formal. Sementara itu, item lainnya seperti kalung rantai sederhana, gelang bangle, cuff, dan cincin akan menciptakan aksen elegan yang timeless

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Jadwal dan Daftar Harga Tiket Waterbomb Festival Jakarta, Ada BCL dan Cinta Laura

BERIKUTNYA

Saatnya Mengangkat Kasta Kuliner Lokal di Kancah Global

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: