Kegiatan Walking Tour Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Untuk Jelajahi Tempat Bersejarah di Kota Bogor. (sumber gambar IHA)

Rayakan Kemerdekaan, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Gelar Walking Tour Sejarah Gratis

21 August 2024   |   21:21 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Penikmat seni dan sejarah ada kabar gembira nih buat Genhype. Pasalnya Museum Kepresidenan RI Balai Kirti bakal menggelar Walking Tour Kebangsaan dengan mengajak para pecinta dan penggiat sejarah untuk menyelisik perjuangan masyarakat di Kota Bogor dalam mempertahankan kemerdekaan. 

Berkolaborasi dengan Bogor Historical Walk (BHW), sebuah komunitas penggemar sejarah yang aktif menyelenggarakan kegiatan walking tour mengenai Kota Bogor, kegiatan ini mengajak generasi muda untuk menjelajahi beberapa lokasi sejarah di kota hujan itu pada Minggu (25/8/24).

Baca juga: Jelajah Istana Daendels & Landmark Ikonik Jakarta Bareng Komunitas Eat Chat Walk

Adapun rute perjalanan ini akan dimulai dari titik kumpul di Stasiun Bogor, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan Napak Tilas Jalan Kapten Muslihat. Setelah itu, Genhype juga akan diajak memasuki Balai Kota Bogor, Gedung Bakorwil Bogor, dan berakhir di Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti. 

Ketua Tim Museum dan Galeri Indonesian Heritage Agency, Zamrud Setya Negara dalam siaran tertulis mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya mewujudkan komitmen IHA. Yakni mewujudkan konsep reimajinasi museum dengan menghadirkan program serta kegiatan inspiratif, edukatif, dan rekreatif. 

Menurutnya bulan Agustus merupakan momen penting bagi bangsa Indonesia untuk kembali menengok apa yang telah terjadi di Tanah Air. Oleh karena itu berbagai kegiatan menarik kerap digelar masyarakat, negara, dan berbagai institusi termasuk museum untuk memperingati bulan bersejarah ini. 

"Kami berharap kegiatan walking tour ini dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk merayakan kemerdekaan dengan cara yang berbeda, yaitu dengan menelusuri sejarah penting bangsa kita di museum," katanya.
 
 

Senada, Penanggung Jawab Unit Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti, Linda Siagian mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan mereka. Sebab, kegiatan ini selalu diminati oleh publik, sehingga menunjukkan bahwa generasi muda juga memiliki semangat untuk mempelajari sejarah.

Selain sebagai rekreasi, walking tour menurutnya juga menjadi kegiatan edukatif yang menyenangkan. Oleh karena itu dia menyambut gembira perayaan kemerdekaan ini dengan membuka pintunya lebar-lebar bagi penikmat sejarah di Tanah Air yang ingin mengetahui kisah-kisah di masa lalu yang masih menjadi misteri. 

"Kami juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dengan kegiatan ini. Khususnya komunitas penggemar sejarah BHW yang telah berkolaborasi untuk menyelenggarakan agenda ini," imbuhnya.

Bagi Genhype yang ingin ikut seru-serusan sambil belajar, agenda Walking Tour akan dilaksanakan pada hari Minggu, 25 Agustus 2024 pukul 08.00-12.00 WIB dengan kapasitas peserta maksimal 30 orang tanpa dipungut biaya selama kegiatan berlangsung.

Adapun, pendaftaran Walking Tour Kebangsaan dibuka mulai Rabu, 21 Agustus 2024. Untuk informasi lebih lanjut tentang agenda dan program publik lainnya dari Museum Kepresidenan RI Balai Kirti juga bisa mengunjungi akun Instagram @balaikirti.

Nantinya, selama Walking Tour Kebangsaan, peserta tidak hanya akan diajak untuk memahami perjuangan masyarakat Bogor dalam mempertahankan kemerdekaan, tetapi juga untuk mengenal lebih dalam tentang tokoh-tokoh lokal seperti Kapten Muslihat dan Margonda, serta kisah pengibaran bendera merah putih pertama di Bogor. 

Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti (Muspres RI) merupakan tempat gagasan dan hasil karya presiden-presiden Indonesia dipamerkan. Nama Balai Kirti dapat dimaknai sebagai bangunan yang menampung berbagai benda bersejarah dan peninggalan perjalanan sejarah kepemimpinan para Presiden Republik Indonesia. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Song Joong-ki & Chun Woo-hee Bintangi Drama Romantis My Youth

BERIKUTNYA

XPAD, Tablet Push Rank dari Infinix Siap Meluncur ke Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: