Karya street art Banksy (Sumber gambar: IG/Banksy)

9 Karya Banksy Menghiasai Kota-Kota di Inggris dalam Sepekan

20 August 2024   |   19:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Seniman Banksy beberapa waktu belakangan menyita perhatian publik Inggris dan juga dunia. Perupa yang tidak diketahui identitasnya itu gencar membuat berbagai macam karya mural di berbagai penjuru kota di Inggris dengan objek hewan.

Banksy adalah salah satu seniman populer yang dikenal lewat karya-karya muralnya yang penuh kritik sosial. Dia telah menghasilkan banyak karya di banyak dinding dan juga di medium lainnya dengan berbagai tema yang menarik perhatian masyarakat, baik dari politik, sosial, sampai dengan lingkungan.

Salah satu karya yang mungkin paling banyak dikenang oleh para pencinta seni mural adalah Love Is In The Bin pada 2018. Dalam karya lukis tersebut, sang seniman yang biasanya membuat karya di dinding atau medium jalanan, kali ini menciptakan karya di atas medium kanvas.

Dia membuat karya dengan cat semprot dan akrilik di atas kanvas yang dipasang di papan serta dibingkai. Karya ini menjadi perbincangan banyak pencinta seni pada saat itu lantaran aksi sang seniman.

Baca juga: Seniman Banksy Bawa Perahu Karet ke Festival Glastonbury, Pemerintah Inggris Angkat Bicara

Dikutip dari laman balai lelang Sotheby’s, sang seniman juga menciptakan sejarah karena karyanya berjudul Girl With Baloon langsung terjual. Tidak hanya itu, karya dari Banksy yang berada di lot pelelangan terakhir itu menjadi rebutan para kolektor yang hendak membelinya.

Karya itu kian menggemparkan dunia seni dan memicu spekulasi serta perdebatan setelah palu lelang diketok sebagai tanda bahwa karya itu jatuh ke tangan salah satu kolektor. Tidak lama setelah palu diletakkan, sebagian karya seni itu melewati mesin penghancur yang tersembunyi.

Dengan begitu, karya Girl With Baloon menjalani proses penghancuran sebagian sehingga menciptakan karya baru berjudul Love Is In The Bin. Aksi sang seniman telah membuat sejarah dalam industri seni dunia.

Setelah itu, dia kerap membuat karya lain yang selalu menarik perhatian para pencinta seni. Pada Agustus 2024, dia menarik banyak publik Inggris dengan beragam karya muralnya di sejumlah dinding bangunan.

Dia membuat karya-karya dengan menggunakan beberapa binatang sebagai objeknya. Penggunaan objek hewan dalam karya Banksy sebenarnya bukan sesuatu yang baru, karena dia pernah menggunakan objek simpanse pada 2009 dalam karya berjudul Devolved Parliament. Seperti biasa, sang seniman tidak menuliskan apapun terkait dengan karya seni yang dibuatnya.

Dalam aksi terakhirnya, karya-karya Banksy ditemukan bertebaran di beberapa tempat di Inggris selama Agustus 2024. Berikut daftar karyanya:


1. Kambing di atas tiang pagar

Karya pertama yang dibuat oleh Banksy pada Agustus 2024 adalah kambing atau domba yang berdiri di atas tiang pagar. Sang seniman membuat karya tersebut di dinding Kew Bridge, London Barat.

Karya tersebut memperlihatkan kambing atau domba yang berada di atas tiang pagar dengan reruntuhan batu dari tempat pijakannya. Kambing yang melihat ke bawah tampak seperti ketakutan atau bersiap untuk melompat ke bawah.
 

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)


Di bagian bawahnya terdapat tempat sampah berwarna hijau dan bagian lainnya tertera kamera pengawas CCTV. Tanpa tulisan apa pun, karya ini membuka interpretasi yang sangat luas bagi para penikmat karya seni.

Banksy bisa saja berbicara tentang kebiasaan masyarakat saat ini yang hendak viral dengan mencoba melakukan kegiatan-kegiatan gila dengan kamera yang merekam. Namun, dia juga tidak menutup kemungkinan berbicara tentang media atau pemilik kekuasaan di sana yang hanya menggambarkan reruntuhan batu tanpa menyiarkan kambing yang sedang dalam bahaya. Sang seniman bisa saja ingin memberikan kritik bahwa banyak pihak tidak melihat inti masalah yang sebenarnya.


2. Dua gajah di jendela tertutup

Karya lain yang dibuat Banksy adalah dua gajah di jendela yang tertutup di sebuah bangunan yang terletak di Kota Chelsea. Sama dengan karya pertamanya, Banksy juga tidak memberikan teks apa pun terkait dengan karya muralnya tersebut.

Banyak orang menafsirkan karya tersebut terkait dengan kepunahan. Meskipun begitu, karya itu juga akan mengingatkan banyak orang tentang cerita-cerita dua individu yang menjalin hubungan dan berkomunikasi lewat jendela.
 

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)


Jika melihat objek gajah yang dibuat, Genhype dapat menemukan bahwa satu di antaranya memiliki gading sementara yang lainnya tidak. Pada umumnya gajah – baik jantan atau betina – mempunyai gading. Namun, gajah perempuan kerap memiliki gading yang pendek dan kadang tidak terlihat.


3. Kera bergelantungan

Mural lain dari sang seniman adalah tiga kera atau monyet yang bergelantungan di jembatan kereta api di Brick Lane, sebelah timur Ibu Kota London. Karya ini juga membuka seluas-luasnya kepada banyak orang untuk memberikan interpretasi.

Lewat karya itu, tidak menutup kemungkinan sang seniman ingin menggambarkan hiruk pikuk manusia di tengah kota yang sibuk dengan berbagai aktivitas. Kera-kera yang bergelantungan itu juga terlihat sedang menuju ke suatu tujuan dengan cara bergelantungan.
 

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)


Sementara itu, di bagian bawahnya, terdapat manusia yang juga melakukan aktivitas, baik berjalan kaki, menggunakan kendaraan pribadi, kereta, dan sebagainya.


4. Serigala melolong

Pada 8 Agutus 2024, Banksy kembali mengunggah karya berupa serigala yang sedang melolong di atas bangunan penuh dengan corat-coret street art atau grafiti. Sang seniman membuat karya serigala itu di sebuah antena parabola.

Lewat karya ini, Genhype dapat melihat kecerdikan sang seniman karena akan menyajikan dua gambaran yang berbeda dalam satu karya. Pada malam hari, antena parabola yang berbentuk bulat akan membuat serigala sedang melolong ketika mellihat bulan purnama.
 

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)


Sementara pada siang hari, karya serigala yang sedang melolong itu terlihat begitu menyedihkan karena seperti sedang terperangkap di suatu tempat. Serigala itu tidak bebas seperti di alam liar.


5. Burung pelikan makan ikan

Karya lain dari sang seniman misterius yang menghiasai Inggris adalah gambar burung pelikan sedang memakan ikan. Dalam karyanya, Genhype dapat melhat burung pelikan yang sedang singgah mengambil ikan yang menjadi bagian dari papan nama toko.

Karya ini cukup menggelitik mengingat aktivitas hewan yang masuk dalam pemukiman manusia untuk mengambil atau mencari makanan adalah sesuatu yang kerap terjadi pada saat ini. Sang seniman bisa saja ingin mengkritik bahwa burung pelikan yang kerap mencari ikan di laut sampai harus ke darat karena ikan sudah diambil oleh manusia, atau habitat ikan di lautnya pun sudah rusak.
 

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)


Banksy – tidak menutup kemungkinan – ingin menggambarkan keserakahan manusia lewat karya ini sampai-sampai burung itu tidak lagi bisa menemukan ikan di laut.


6. Kucing besar di tembok

Karya lain dari Banksy di Inggris yang juga menarik perhatian adalah lukisan kucing besar yang dibuat di pagar di Edgeware Street di Cricklewood, bagian utara Ibu Kota London. Kucing yang digambar oleh sang seniman terlihat sedang melakukan peregangan.
 

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)


Dengan seorang yang sedang bersepeda dalam satu frame di unggahannya di Instagram dan juga bagian pinggir dinding yang dipenuhi dengan tanaman rambat, sang seniman ingin memperlihatkan bahwa binatang ini siap beraktivitas.


7. Ikan piranha di pos polisi kota

Ikan piranha di pos polisi kota menjadi karya lain dari sang seniman. Berbeda dengan kebanyakan karya mural yang dibuatnya dalam beberapa waktu ini, street art ini begitu berwarna. Sang seniman tidak lagi menggunakan warna hitam.

Karya ikan piranha di pos polisi yang bertuliskan City of London Police tersebut membuatnya terlihat seperti di akuarium. Alih-alih ikan hias, sang seniman justru memilih gambar ikan piranha di pos polisi yang terletak di Ludgate Hill, London.
 

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)


Karya ini bisa saja menjadi kritik atau gambaran sang seniman terhadap pihak kepolisian. Dia menyimbolkan polisi dengan ikan piranha yang memiliki sifat ganas dan tidak segan menyerang hewan lain yang lebih besar jika merasa lapar atau korbannya sedang terluka. Hewan bergigi tajam itu juga akan memakan apa saja yang bisa dimakan.


8. Badak di atas mobil

Mural badak di Edgware Road, di London, menjadi salah satu mural yang dibuat oleh Banksy dalam rangkaian karyanya yang menggunakan objek binatang. Dalam karya ini, sang seniman memperlihatkan badak bercula yang menaiki mobil.

Karya ini kemungkinan berbicara tentang kepunahan hewan yang selalu diburu oleh manusia tersebut. Bukan tanpa alasan, badak yang digambar oleh sang seniman terlihat sedang beraktivitas seksual dengan menjadikan mobil tersebut sebagai badak lainnya.
 

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)


Mobil itu terlihat menjadi seperti badak dengan keberadaan traffic cone di atas kap mesinnya seperti sebuah cula badak. Gambar itu menjadi pesan akan ancaman kepunahan badak sebagai satwa yang seharusnya dilindungi dan dilestarikan. 


9. Simpanse membebaskan para binatang

Karya lain yang juga dibuat oleh Banksy adalah mural simpanse yang membebaskan binatang lain seperti burung dan anjing laut. Karya yang terdapat di Kebun Binatang London itu juga menjadi karya terakhir dari sang seniman mengingat sampai saat ini belum ada lagi karyanya yang muncul.
 

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)

Salah satu karya mural banksy (Sumber gambar: IG/ Banksy)


Lewat karya tersebut, sang seniman berusaha menyampaikan pesan kepada pengelola kebun binatang bahwa tempat tinggal hewan sesungguhnya adalah alam liar. Jadi, pengelola perlu melepaskan binatang-binatang tersebut ke alam bebas yang menjadi habitatnya.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Honor Magic V3 Siap Debut Global Awal September, Desainnya Tipis Banget

BERIKUTNYA

Makin Tercemar, Kolaborasi Jadi Kunci untuk Merevitalisasi Sungai Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: