Ilustrasi riasan wajah. (Sumber gambar: Unsplash)

4 Tip Makeup Tahan Seharian saat Lebaran

01 May 2022   |   18:40 WIB

Tampil menarik dan cantik merupakan hal yang penting bagi setiap orang, terutama saat berkumpul bersama keluarga pada Lebaran. Riasan wajah yang cantik bisa meningkatkan kepercayaan diri sekaligus memaksimalkan penampilan saat bertemu dengan sanak saudara dan keluarga besar.

Akan tetapi, tantangan dari riasan wajah untuk Lebaran dan acara-acara formal ada pada memaksimalkan konsistensi riasan wajah atau makeup agar tidak mudah luntur akibat penggunaan masker dan keringat. Untuk itu, yuk simak enam cara ini!


1. Turunkan suhu kulit sebelum merias

Dikutip dari Preview, kreator konten asal Korea Yena memberikan rekomendasi untuk menurunkan suhu kulit dengan masker wajah yang sudah didinginkan. Hal ini bertujuan agar dasar makeup bisa bekerja dengan baik serta mengurangi risiko keseimbangan hidrasi dan minyak pada wajah.

Selain masker wajah yang didinginkan, pelembap dan roller wajah yang didinginkan juga bisa jadi beberapa opsi alternatif lain untuk menurunkan suhu kulit.


2. Gunakan pelembap atau primer

Pelembap dan primer menjadi produk riasan dan skin care yang disarankan dalam menjaga kelembapan kulit. Komposisi dua produk ini cenderung ringan dibandingkan dengan serum atau essence yang bisa membuat riasan menjadi lebih gelap. Hal ini disebabkan karena konsistensi dua produk tersebut yang cenderung membuat riasan menggumpal dan tidak merata.


3. Hindari lapisan makeup yang terlalu tebal

Semakin tipis produk riasan yang digunakan, maka tingkat efektivitas riasan agar bisa bertahan lama bisa semakin besar. Penggunaan riasan yang terlalu tebal bisa berisiko pada rusaknya riasan pada siang hari sebagai dampak terlalu banyak atau tebalnya produk seperti foundation.

Untuk mengatasi hal ini bisa menggunakan produk riasan dengan lapisan tipis, lalu gunakan jari atau spons makeup untuk meratakan produk. Selain itu, pilih produk yang tahan lama seperti maskara tahan air, eyeliner tahan lama, hingga lip liner atau lip stain yang memberikan pigmen tanpa lapisan tambahan.


4. Pakai setting powder atau spray

Produk setting, baik powder maupun spray, biasanya memiliki efek mempertahankan riasan dengan kandungan matte dan digunakan pada tahapan akhir proses riasan. Untuk bubuk, efek yang diberikan bisa mencegah rusaknya riasan pada kulit berminyak dan kombinasi dengan menggunakan produk pada area berminyak seperti dahi, pipi, hidung, dan dagu.

Sedangkan bentuk spray bisa digunakan untuk kulit kering karena memberikan kesan dewy pada riasan serta membuat riasan menjadi tahan lama. Biasanya, penggunaannya dilakukan dengan menyemprotkan cairan dengan jarak tertentu pada tahap akhir merias wajah.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Bandara Lombok Buka Kembali Rute Internasional

BERIKUTNYA

Sidang Isbat Tetapkan Idulfitri 1443 H pada Senin 2 Mei 2022, Simak Penjelasannya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: