Vegapunk merupakan ilmuwan jenius (Sumber gambar: X/One Piece)

Spoiler One Piece 1.123: Vegapunk Ingin Topi Jerami Meraih One Piece

16 August 2024   |   14:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Manga karya komikus Eiichiro Oda, yakni One Piece kian seru. Setelah pertarungan sengit antara kubu Bajak Laut Topi Jerami dengan Angkatan Laut & Gorosei, para penggemar One Piece akan mendapatkan suguhan cerita di balik layar aksi Vegapunk dan keinginan sang ilmuwan agar kelompok Topi Jerami meraih one piece.

Bab 1.123 akan rilis pada Minggu, 18 Agustus 2024. Namun, sejumlah bocoran tentang jalan cerita bab terbaru itu banyak bertebangan di berbagai platform komunitas. Dalam bab paling anyarnya, Eiichiro Oda menyuguhkan semua marinir – termasuk wakil laksamana – pingsan setelah robot raksasa Emeth mengeluarkan haki Joy Boy yang ada di dalamnya.

S-Snake, yakni salah satu seraphim dan kloning dari Boa Hancock, mencoba membangunkan para marinir dan wakil laksamana yang pingsan untuk mengejar kelompok Topi Jerami.

Baca juga: Serba-serbi Remake The One Piece, Dikerjakan Nama-nama Besar di Industri Anime

Sementara di kapal bajak laut Elbaf, kapten bajak laut Topi Jerami, yakni Monkey D. Luffy yang berada dalam mode Gear 5 berterima kasih terhadap Emeth atas bantuan yang diberikan. Namun, sang robot raksasa tidak memberikan reaksi apa pun.

Raksasa Dorry dan Broggy mengungkapkan bahwa mereka tidak dapat merasakan kehadiran musuh sama sekali lantaran semua orang pingsan. "Haki Congueror itu mungkin lebih kuat dari Haki Rambut Merah [Bajak laut Shanks],” ujar Dorry.

Kapal para bajak laut Elbaf dan Thousand Sunny – kapal bajak laut Topi Jerami – pun berlayar menuju Elbaf. Di atas kapal, Bonney yang berada dalam bentuk anak kecil tertidur di atas tubuh sang ayah, yakni Kuma.

Kemudian, Zoro tengah bersantai. Adapun, Usopp menangis ketika menyapa Dorry dan Broggy dari Sunny. Luffy yang kelelahan dan menjadi keriput berbaring di pangkuan sang navigator, yakni Nami.  

Sementara itu, Sanji berdiri sendiri dan melihat tubuh ilmuwan Vegapunk yang berbarig di atas futon. Dia mengatakan benar-benar tidak nyaman dengan perkataan dari Vegapunk. Sang koki pun bertanya-tanya tentang tujuan dari orang paling jenius di dunia tersebut. 

Setelah itu, Eiichiro Oda memberikan cerita kilas balik tentang apa yang terjadi di Pulau Egghead 2 minggu lalu. Dalam cerita kilas balik tersebut, Shaka – salah satu satelit Vegapunk – menemukan ada perubahan dalam data pembangkit listrik. Dia pun menunjukkan informasi itu kepada Vegapunk dan Phythagoras – satelit lainnya dari sang Vegapunk.  

Shaka menemukan bahwa kepadatan jumlah partiketl dan fluks neutron mengalami perubahan. Energi yang digunakan oleh para Seraphim telah mengalami peningkatan secara bertahapan. Kondisi ini menjadi masalah yang sangat serius jika menjadi suatu keselahan.

Perubahan itu menunjukkan bahwa pelaku adalah sosokyang sangat cerdik mengingat keberhasilannya menyembunyikan data dalam catatan. Shaka pun mengungkapkan bahwa hanya ada tiga orang yang memiliki alibi sempurna.

Vegapunk yang mendengar opini Shaka mengungkapkan bahwa pelaku adalah salah satu dari 4 satelit yang tersisa – tertutama Lilith. Untuk diketahui, Vegapunk menciptakan satelit diri sendiri sebanyak 6 sosok.

Phythagoras yang berada di antara mereka memahami alasan Shaka yang menginginkan mode siluman diaktifkan di otak para satelit. Mode siluman mencegah satelit lain memperoleh informasi tentang pengalaman yang dimiliki oleh satelit lainnya ketika diunggah ke Punks Records.

Vegapunk dan dua sosok yang menjadi satelit melakukan investigasi bersama dalam beberapa hari. Hasilnya, mereka menemukan bahwa pelaku adalah satelit bernama York. Fakta ini mengejutkan karena ketiganya menduga pelaku adalah Lilith.

Phythagoras menemukan bahwa informasi yang diunggah York ke Punk Records adalah memori palsu. Tidak hanya itu, York juga memanipulasi video Den Den Mushi. Selain itu, Shaka juga menemukan rekaman York memanipulasi Sea Beast Weapon.

Mereka pun mendengarkan rekaman komunikasi antara York dengan Lima Tetua dari data yang berhasil dipulihkan oleh Vegapunk. Dalam percakapan itu, York membocorkan rahasia bahwa Vegapunk sedang mempelajari abad kekosongan.

Informasi itu membuat Vegapunk paham alasan organisasi pemerintah Chiper Pol melakukan kunjungan beberapa kali baru-baru ini. 1 hari kemudian atau 6 hari yang lalu dari saat ini, Kerajaan Lulusia dihancurkan dan hilang dari peta.

Kejadian itu membuat sang ilumwan menyimpulkan bahwa York mencuri sebagian Mother Flame, dan mengirimkannya ke pemerintah dunia menggunakan Sea Beast Weapon. Vegapunk pun menyadari bahwa pemerintah dunia memiliki senjata kuno.

Vegapunk segera memerintahkan Shaka dan Phytaghoras untuk menyiapkan kapal agar penduduk di Pulau Egghead bisa kabur karena pemerintah dunia memberikan perintah untuk menangkap sang ilmuwan. Namun, Vegapunk tersadar bahwa kabur bukan pilihan.

Dia mengungkapkan bahwa angkatan laut akan mengejarnya sampai ke ujung dunia, sehingga dia akan tetap menemui ajal di mana saja. Dia pun enggan menyerah begitu saja dengan kondisi yang ada.

Sang ilmuwan pun memutuskan untuk membocorkan informasi yang diketahui tentang abad kekosongan kepada dunia dan tidak akan membiarkan kematiannya sia-sia. Tidak hanya itu, Vegapunk juga memberikan pesan tentang teknologi yang harus dilindungi karena dapat menyelematkan umat manusia jika dunia tenggelam.

Teknologi itu bernama Kumofoto yang bisa diterjemahkan sebagai awan. Teknologi ini merupakan mesin untuk membuat pulau awan.
Setelah itu, Eiichiro Oda memperlihatkan bahwa sang ilmuwan mulai melakukan modifikasi terhadap bagian dalam robot raksasa kuno untuk meletakkan Den Den Mushi. Pada suatu waktu, York menemukannya dan bertanya tentang kegiatannya.

Pada saat itu, Vegapunk menjawab sedang mencoba membuat robot bergerak dengan Mother Flame. York yang mendengar jawaban itu pun berharap bahwa Mother Flame akan segera disempurnakan.

Baca juga: Perdana di Indonesia, Konser Orkestra Film One Piece Bakal Hadir di Jakarta

Pada 2 hari yang lalu dari saat ini, Vegapunk, Shaka, dan Pythagoras melakukan rekaman untuk siaran ke seluruh dunia. Kemudian, mereka menghapus ingatan selama 2 minggu terakhir. Dengan begitu, rencana tersebut tidak pernah terbongkar karena pengetahuan tentang York sebagai pengkhianat juga akan terhapus.

Ketika bangun, Vegapunk menemukan catatan yang dibuat sendiri dengan informasi bahwa  penelitian yang dilakukan selama ini tentang abad kekosongan telah bocor ke pemerintah dunia dan mereka akan segera mati. Catatan itu juga menuliskan bahwa diri telah menyiapkan tindakan balasan. “Tolong, percayalah pada diri sendiri dan matilah!! Dan satu hal lagi,” bunyi informasi itu.

Kemudian, Eiichiro Oda memberikan alur cerita ke masa Vegapunk bersama bersama Sanji, Atlas, dan Franky mengendarai Vegatank-08 menuju bawah Egghead ketika Marinir menyerang pulau. Pada saat itu, Vegapunk memberi tahu Sanji bahwa dia tidak akan pernah kembali ke atas dan akan tetap berada di bagian bawah Pulau Egghead.

Vegapunk mengatakan kepada Sanji untuk membiarkannya meninggal dunia jika memungkinkan. Sanji pun tidak bisa membiarkannya mati begitu saja. Vegapunk pun mengungkapkan keinginannya ke Sanji agar kelompok Topi Jerami adalah pihak yang mendapatkan one piece.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Yuk Berburu Ragam Kuliner Khas Medan di Festival Kuliner Serpong

BERIKUTNYA

Mantan JKT48 Sisca Saras Comeback Solo Karier lewat Single Terbawa Suasana

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: