Nasi goreng adalah makanan yang krap dijumpai di Indonesia (Sumber gambar: Pexels/Trista Chen)

5 Varian Menu Nasi Goreng Khas Indonesia yang Wajib Genhype Coba

26 July 2024   |   12:37 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Berbicara kuliner di Indonesia rasanya ada yang kurang jika tidak membahas nasi goreng. Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal di kalangan banyak turis mancanegara. Selain rasanya yang khas dan nikmat, nasi goreng juga dapat menjadi pelipur lapar.

Nasi goreng menjadi makanan yang mudah ditemui di seluruh sudut Nusantara, baik di penjual pinggir jalan sampai restoran mewah. Banyak orang yang suka dengan kuliner yang satu ini menjadi penyebab ada di mana pun.

Baca juga: 3 Resep Nasi Goreng Spesial, Sarapan Praktis Nan Istimewa Untuk Keluarga

Meskipun banyak dijumpai di berbagai tempat, nasi goreng juga ternyata memiliki beragam rasa. Tidak hanya itu, tiap daerah di Indonesia memiliki sajian dan nasi goreng yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Perbedaan itu terdapat pada rasanya. Jadi, Genhype perlu menikmati nasi goreng di suatu daerah di Indonesia ketika melakukan perjalanan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut berbagai macam jenis nasi goreng.


1. Nasi Goreng Aceh

Variasi menu nasi goreng satu ini tak boleh luput dari pencinta kuliner khususnya kalian yang gemar makan makanan kaya rempah serta memiliki cita rasa pedas. Nasi Goreng Aceh memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan variasi menu lainnya.

Perbedaan terletak pada bumbu rempah yang sangat kuat dan juga pekat. Penggunaan rempah-rempah ini membuat nasi goreng aceh memiliki rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan nasi goreng lainnya. Tidak hanya itu, Nasi Goreng Aceh juga terkenal dengan penggunaan daging yang dipotong dalam bentuk dadu sebagai isiannya.
 

2. Nasi Goreng Merah khas Makassar

Berbeda dengan nasi goreng lain yang umumnya berwarna cokelat atau putih, kuliner yang satu ini berwarna merah. Warna merah pada nasi goreng khas Makassar ini berasal dari saus tomat yang diolah dengan bumbu khas. Selain saus tomat, nasi goreng merah Makassar sering kali menggunakan bumbu khas seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan terkadang terasi. Kombinasi bumbu ini memberikan rasa yang gurih, sedikit manis, dan pedas.

Nasi goreng merah Makassar biasanya disajikan dengan berbagai pelengkap seperti irisan mentimun, tomat, telur mata sapi, kerupuk, dan terkadang juga sate atau potongan daging ayam. Ini menambah kelezatan dan variasi rasa pada hidangan.


3. Nasi Goreng Hitam Surabaya

Saat pergi ke Surabaya, Genhype jangan lupa mencoba Nasi Goreng Hitam. Variasi menu satu ini memiliki cita rasa yang unik dan tidak boleh dilewatkan oleh para pencinta kuliner Indonesia. Keunikan yang paling mencolok adalah warnanya yang hitam. Warna ini berasal dari tinta cumi-cumi yang digunakan sebagai salah satu bahan utama.

Tinta cumi-cumi memberikan rasa yang khas, sedikit asin, dan umami yang mendalam. Kombinasi ini menciptakan citarasa yang unik dan berbeda dari nasi goreng biasa. Selain tinta cumi-cumi, nasi goreng hitam Surabaya biasanya menggunakan cumi-cumi segar yang dipotong-potong sebagai bahan utama. Cumi-cumi ini memberikan tekstur kenyal dan rasa laut yang khas.


4. Nasi Goreng Jawa

Nasi goreng lain yang ada di Indonesia adalah Nasi Goreng Jawa. Saat menyantap kuliner yang satu ini, kalian akan merasakan rasa manis dan gurih yang dominan berkat penggunaan kecap manis dalam proses memasaknya. Bumbu nasi goreng Jawa biasanya lebih pekat dan kaya rempah. Ada campuran bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabai yang dihaluskan. Rasanya jadi lebih nendang dan khas.

Beberapa penjual nasi goreng Jawa tradisional masak dengan cara dibakar setelah digoreng. Ini menjadikan aromanya jadi lebih sedap dan unik. Penyajiannya juga beda, biasanya nasi goreng Jawa disajikan di atas daun pisang atau kertas minyak yang membuat tampilannya jadi lebih tradisional dan menggugah selera.


5. Nasi Goreng Daun Mengkudu khas Betawi

Variasi menu satu ini menggunakan daun mengkudu sebagai salah satu bahan utamanya. Daun mengkudu dikenal memiliki rasa yang sedikit pahit, tapi aromanya menyegarkan dan menambah cita rasa unik pada nasi goreng. 

Meskipun menggunakan daun mengkudu, nasi goreng ini tetap menggunakan bumbu tradisional nasi goreng Betawi seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan kecap manis. Ini menjaga rasa otentik dari nasi goreng Betawi sambil menambahkan elemen unik dari daun mengkudu. Perpaduan rasa gurih dari bumbu nasi goreng dengan rasa sedikit pahit dari daun mengkudu menciptakan sensasi rasa yang berbeda dari nasi goreng biasanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Menjelang Perilisan Album Hardcore Romance, Pamungkas Luncurkan Single "Putus"

BERIKUTNYA

Dibintangi Marshanda & Giorgino Abraham, Serial Jangan Salahkan Aku Selingkuh Tayang 2024 di WeTV

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: