Karya terbaru dari Banksy di Kota London. (Sumber foto: Instagram/@banksy)

Ada Piranha di Pos Polisi, Banksy Kembali Warnai Kota London dengan Grafiti Tema Hewan

12 August 2024   |   13:10 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Seniman jalanan anonim asal Inggris, Banksy, kembali menggemparkan dunia seni dengan karya terbarunya. Pada 11 Agustus 2024, Banksy menggunggah foto dari sebuah grafiti yang menampilkan sekelompok ikan piranha di jendela pos polisi Ludgate Hill, London. 

Publik segera bereaksi terhadap karya baru ini. Banyak netizen yang penasaran dengan karya terbaru Banksy, mengingat dalam seminggu terakhir, Banksy telah menyebarkan mural bertema hewan di berbagai lokasi di Inggris.

Pada 5 Agustus 2024, Banksy memulai rangkaian karyanya dengan mural kambing di tepian jalan Richmond. Keesokan harinya, pada 6 Agustus 2024, dia melanjutkan dengan mural dua ekor gajah yang hampir bersentuhan di luar jendela di kota Chelsea.

Baca juga: Banksy Curi Perhatian Lagi Lewat Mural Gajah dan Kambing

Pada 7 Agustus 2024, Banksy menggambar tiga ekor monyet yang berayun di sebuah jembatan di Shoreditch. Keesokan harinya, 8 Agustus 2024, mural serigala yang melolong ke bulan dari antena parabola di Peckham hilang dicuri.

Tidak berhenti di situ, pada 9 Agustus 2024, Banksy menggambar dua burung pelikan yang sedang makan ikan di luar sebuah toko ikan dan keripik di Walthamstow. Dan pada 10 Agustus 2024, muncul mural seekor kucing yang sedang meregangkan badan di papan iklan kayu di Edgware Road.

Mengutip Laman NME, kepolisian setempat menemukan vandalisme pada kotak polisi di Ludgate Hill yang dikelola oleh City of London Corporation pada 11 Agustus. Pemerintah setempat menyatakan bahwa mereka sedang mencari cara untuk melestarikan karya seni Banksy tersebut.

Pihak Badan Pengelola Kota London menyampaikan pesan terbuka kepada publik, mereka berharap agar karya Banksy dapat dilestarikan dan mendorong munculnya lebih banyak karya terbaru.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Banksy (@banksy)


"Kami tahu ada karya seni di pos polisi Kota London di Ludgate Hill. Kami sedang mencari cara untuk menjaga karya seni tersebut." kata salah seorang juru bicara pemerintah setempat.

Mengutip laman BBC, penduduk setempat yang datang untuk mengambil foto dari karya seni Banksy itu mengatakan bahwa menurutnya karya seni itu sangat indah bila terkena sinar matahari.

"[Terlihat] cukup indah jika terkena sinar matahari." ujar warga setempat yang tidak diketahui identitasnya.

Bahkan seniman Daniel Lloyd-Morgan, yang telah membantu menciptakan sebagian besar karya seni terbaru Banksy minggu ini, menyatakan karya seni Banksy memberikan semangat kepada warga London.

"Karya Banksy benar-benar membangkitkan semangat warga London saat ini. Ada antusiasme besar seputar karya-karyanya. Saya merasa senang bisa menangkap momen ini dan juga orang-orang yang menyaksikannya," ujar Daniel.

Ini merupakan aksi terbaru Banksy yang melanjutkan serangkaian karya yang memiliki pesan politik. Tahun ini, Banksy juga menarik perhatian penonton dan publik di acara musik Glastonbury yang terselenggara pada 26-30 Juni 2024 lalu.

Dalam acara musik tersebut, Banksy meluncurkan perahu berisi menekuin boneka sebagai simbol krisis migran. Aksi ini mendapat kritik dari Menteri Dalam Negeri Inggris, James Cleverly, yang menyebutnya keji. Banksy pun membalas kritik itu dengan mengatakan bahwa kapal yang dia danai telah menyelamatkan anak-anak terlantar, dan penahanan kapal tersebut adalah tindakan yang keji dan tidak dapat diterima.

Sebagai informasi, karya perahu rakit yang diinisiasi oleh Banksy ini merupakan bentuk protes terhadap kebijakan kontroversial soal imigran, yang diterapkan oleh Mantan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Baca juga: Seniman Banksy Bawa Perahu Karet ke Festival Glastonbury, Pemerintah Inggris Angkat Bicara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

DAY6 Umumkan Tur Konser di Bali, Surabaya & Jakarta Oktober 2024

BERIKUTNYA

Hari Pramuka 2024: Simak Tema, Logo, & Susunan Upacara Peringatannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: