ArtMoments Jakarta 2024 dirancang dengan tajuk Renewal. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Abdurachman)

ArtMoments Jakarta 2024 Resmi Dibuka, Hadirkan Karya Seniman Indonesia & Mancanegara

09 August 2024   |   19:34 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pameran seni ArtMoments Jakarta (AMJ) 2024 resmi dibuka pada hari ini, Jumat (9/8/2024). Salah satu bursa seni terbesar di Indonesia itu dihelat selama tiga hari berturut-turut pada 9-11 Agustus 2024 di Grand Ballroom, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City dan Gandaria City Hall.

Ini merupakan gelaran ke-7 sejak ArtMoments Jakarta dihelat pertama kali pada 2018. Bursa seni rupa itu tahun ini juga akan menampilkan deretan karya dari galeri di dalam dan luar negeri, mulai dari karya seni modern, kontemporer, hingga new media art.

Co-Founder & Fair Director ArtMoments Jakarta, Sendy Widjaja mengatakan, AMJ kali ini dirancang dengan tajuk Renewal. Tema tersebut berkelindan erat dengan kehidupan manusia yang mencakup pertumbuhan pribadi, transformasi sosial, pembaruan budaya, kemajuan teknologi, dan keberlanjutan lingkungan.

"Kami keliling dunia untuk memilih seni guna menginspirasi seniman Tanah Air dan memperbaiki citra Indonesia di mata internasional. Harapan kami juga agar para kolektor Indonesia dapat memiliki karya seni terbaik di dunia," katanya dalam acara pembukaan AMJ 2024 di Jakarta, Jumat (9/8/2024). 

Baca juga: 5 Fakta Menarik ArtMoments Jakarta 2024: Lineup Galeri hingga Pameran Seniman Aboudia
 

Dari Kiri: Artistic Director ArtMoments Jakarta Sujud Dartanto,  Co-Founder & Fair Director Art Moments Jakarta, Sendy Widjaja, , Vice President of Transaction Banking Business Development PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Septi Herlina, dan Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf, Kurleni Ukar (sumber gambar Hypeabis.id/Abdurachman)

Dari Kiri: Artistic Director ArtMoments Jakarta Sujud Dartanto, Co-Founder & Fair Director Art Moments Jakarta, Sendy Widjaja, , Vice President of Transaction Banking Business Development PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Septi Herlina, dan Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf, Kurleni Ukar (Sumber gambar Hypeabis.id/Abdurachman)

Sejalan dengan tema Renewal, pihaknya juga memberlakukan prinsip keberlanjutan lingkungan agar ekshibisi ini dapat menjadi pameran seni yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, proses seteleng ini juga melibatkan strategi jangka pendek seperti penggunaan bahan beremisi rendah dan rencana jangka panjang untuk desain stan yang sustainable

"Kita juga tampil dengan gaya yang baru dan menyegarkan. Ini dilakukan bukan hanya untuk kolektor-kolektor yang sudah lama tapi kolektor generasi baru, sehingga mereka bisa mendapatkan benefit exposure di mana mereka bisa mulai mengoleksi karya dengan harga terjangkau," imbuhnya. 

Selaras, Artistic Director ArtMoments Jakarta Sujud Dartanto mengatakan, ArtMoments Jakarta 2024 akan menampilkan koleksi dari berbagai galeri dunia. Total, terdapat 40 galeri terkemuka nasional dan internasional yang akan memacak beragam karya seni modern, kontemporer, dan seni media baru dalam bursa seni ini.

"Keunikan dari ArtMoments tahun ini adalah ada banyak karya menarik. Salah satunya kolaborasi Sister City DKI Jakarta dengan Seoul Korea Selatan yang mengambil inspirasi dari sesuatu yang sudah kita lupakan, yakni sampah untuk kemudian diubah menjadi karya seni dengan pendekatan sains,"katanya. 
 

Pengunjung memotret salah satu karya di AMJ

Pengunjung memotret salah satu karya di AMJ 2024 (Sumber gambar Hypeabis.id/Abdurachman)

ArtMoments Jakarta juga mamacak berbagai karya seniman-seniman besar dunia. Di antaranya ada Aboudia, seniman kontemporer terkemuka berdarah Amerika-Pantai Gading yang dikenal lewat lukisannya yang dinamis dan ekspresif karena memadukan estetika seni jalanan seni tradisional Afrika.  

Ada juga Heri Dono, seniman Indonesia pertama yang menembus kancah seni global pada awal 1990-an. Dia terkenal di kancah seni internasional, terutama melalui karya instalasi yang inovatif dan kreatif. Selain memamerkan karyanya, Heri Dono juga melakukan performance untuk pembuka AMJ 2024. 

Dilengkapi dengan tur seni yang telah dikurasi serta berbagai acara pendukung, AMJ tahun ini juga menghadirkan serangkaian diskusi menarik dari para ahli yang membahas berbagai topik serta menyediakan banyak peluang untuk belajar dan berjejaring. Selain itu, akan ada lelang yang bekerja sama dengan S. Sudjojono Center & Larasati Auction House.

Bagi Genhype yang tertarik untuk mengunjungi AMJ, kalian bisa membeli tiketnya  dari Rp100.000 untuk tiket reguler pada 10-11 Agustus 2024, dan bundling reguler seharga Rp180.000. Selain itu, ada juga tiket dengan harga khusus untuk pengguna Bank BCA yang dibanderol seharga Rp75.000, yang bisa dibeli untuk kunjungan pada 10 dan 11 Agustus 2024. 

Baca juga: Jadwal Program Diskusi ArtMoments Jakarta 9-11 Agustus 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kisah Unik Perkenalan Andien dan Putri Tanjung Hingga Jatuh Cinta dengan Perhiasan

BERIKUTNYA

Begini Susunan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: