Albert Einstein di kantornya, Universitas Princeton, New Jersey, 1942, Roman Vishniac. (Sumber foto: Flickr/The Magnes Collection of Jewish Art and Life)

Surat Einstein untuk Presiden Roosevelt yang Mengubah Sejarah Dilelang US$4 juta

07 August 2024   |   17:07 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Beberapa waktu lalu, rumah lelang Christie's di New York memamerkan koleksi pribadi fisikawan teoretis, Albert Einstein. Di antara koleksinya yang luas, surat Einstein menjadi pusat perhatian dan diperkirakan bernilai antara US$4 juta dan US$6 juta. Salah satunya adalah surat yang ditujukan kepada Presiden AS Franklin D Roosevelt.

Seperti dilansir melalui BBC, surat tersebut ditulis pada 1939 untuk memperingatkan bahwa Nazi Jerman mungkin dapat membuat senjata nuklir serupa yang tengah dikembangkan oleh para ilmuwan di Amerika dan mengisyaratkan pemerintah memulai program atomnya sendiri. Tiga tahun kemudian, Amerika memulai Proyek Manhattan yang mengarah pada penggunaan senjata atom pertama terhadap Jepang pada 1945.

Baca juga: 7 Penemuan Hebat Einstein untuk Mengenal Alam Semesta

Surat itu dijual sebagai bagian dari lelang artefak milik salah satu pendiri Microsoft Paul Allen, yang meninggal pada 2018. Berdasarkan arsip tersebut, surat ini diketahui ditulis oleh fisikawan Hungaria, Leo Szilard, dengan bantuan ilmuwan lainnya, yang kemudian ditandatangani oleh Einstein mengingat statusnya sebagai salah satu tokoh terpandang membuatnya lebih diperhitungkan oleh presiden.

Surat tertanggal 2 Agustus 1939 itu memperingatkan bahwa Jerman mungkin telah menemukan ilmu untuk membuat bom nuklir, hanya beberapa minggu sebelum Perang Dunia Kedua dideklarasikan.

"Bisa dibayangkan, meskipun tidak terlalu pasti, bahwa bom jenis baru yang sangat kuat dapat dibuat dengan cara ini," katanya. Namun, Einstein dilaporkan kemudian menyesali surat itu karena perannya dalam menjadikan Amerika sebagai satu-satunya negara pada saat itu yang membuat senjata nuklir.

Koleksi Allen terkait Einstein tidak hanya surat-surat pribadinya yang menjadi arsip sejarah tapi juga barang-barang pribadi yang menunjukkan ketertarikannya terhadap teknologi awal komputer. 

Salah satunya adalah komputer dari tahun 1971, model DEC PDP-10: KI-10 yang direstorasi oleh Allen. Christie's mengatakan komputer ini mirip dengan model yang digunakan Allen bersama Bill Gates saat mendirikan Microsoft. Jenis komputer ini merupakan kunci dalam pengembangan bentuk awal internet dan diperkirakan akan laku antara US$30.000 dan US$50.000.

Ada juga pakaian antariksa milik astronot Ed White - yang menjadi orang Amerika pertama yang melakukan perjalanan antariksa pada 1965, yang diperkirakan bernilai US$80.000 hingga US$120.000.

Koleksi bersejarah dari Albert Einstein ini akan dilelang pada 10 September 2024 oleh Christie's New York. Adapun, surat pribadinya untuk Presiden Roosevelt memiliki dua versi, versi singkat yang akan dilelang di Christie's dan versi yang lebih lengkap yang dikirim langsung ke Gedung Putih.
 

Sosok Albert Einstein merupakan seorang fisikawan teoretis terkenal, dia juga terkenal karena mengembangkan teori relativitas, yang mengubah pemahaman kalian tentang ruang, waktu, dan gravitasi.

Mengutip dari buku Ensiklopedi Tokoh Dunia : Albert Einstein yang ditulis oleh M. Rezha Taufani, Albert Einstein (1879-1955), peraih Hadiah Nobel dalam bidang fisika pada 1922, adalah seorang ilmuwan sangat genius yang dikenal sebagai penemu teori relativitas khusus dan teori relativitas umum dalam ilmu fisika modern. Hipotesisnya tentang sifat partikel cahaya sangatlah berani. Einstein adalah ilmuwan yang paling terkenal pada abad ke-20.

Dalam bukunya, Taufani menuliskan bawha surat Einstein yang dikirim untuk Presiden Roosevelt merupakan momen penting yang menandai dimulainya era bom atom. Surat tersebut memperingatkan potensi senjata nuklir dan mendorong penelitian yang akhirnya mengarah pada Proyek Manhattan dan pengembangan bom atom.

Kisah dramatis mengenai penggunaan tenaga atom yang mematikan, yang diceritakan dalam film paling laris 2023 berjudul Oppenheimer, mungkin tidak lebih dari sekadar fiksi ilmiah jika surat dua halaman yang ditulis pada tanggal 2 Agustus 1939 tidak pernah ada.

Baca juga: Rekomendasi Film tentang Bom Hiroshima & Nagasaki, Cocok Ditonton Setelah Oppenheimer

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Jaga Hutan Jaga Iklim, Simak Sejarah Hari Hutan Indonesia 2024

BERIKUTNYA

FIFTY FIFTY Comeback dengan Mini Album 2 dan Perilisan Misterius

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: