Ilustrasi prosesor. (Sumber gambar: Vectonauta/Freepik)

Bocoran Terbaru Spesifikasi Snapdragon 8 Gen 4, Lebih Andal dari Apple A17 Pro?

05 August 2024   |   21:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Qualcomm resmi mengumumkan Snapdragon 8 Gen 4 bakal meluncur pada Oktober 2024. Meskipun masih dua bulan lagi dirilis ke publik, tetapi kemampuan prosesor generasi terbaru ini telah muncul di Geekbench, aplikasi yang digunakan untuk mengukur kinerja prosesor di berbagai platform seperti smartphone.

Mengutip Gizmochina, system on chip (SoC) buatan Qualcomm ini akan memberikan kinerja single-core dan multi-core yang kuat. Dalam benchmark, Snapdragon 8 Gen 4 mencetak 2.884 poin dalam pengujian single-core, mendekati Apple A17 Pro, yang rata-rata mencetak sekitar 2.915 poin. 

Baca juga: Qualcomm Umumkan Snapdragon Summit 2024 pada 21-23 Oktober 2024

Hasil signifikan didapat dalam pengujian kinerja multi-core. Prosesor tersebut mencetak 8.840 poin, jauh di atas skor rata-rata A17 Pro yang sekitar 7.300 poin. Seperti diketahui, Qualcomm mengadopsi arsitektur baru untuk Snapdragon 8 Gen 4. 

Alih-alih menggunakan inti Arm standar, chip tersebut akan menggunakan desain CPU Oryon khusus, mirip dengan yang digunakan pada seri Snapdragon X untuk PC. Pergeseran desain inti ini diharapkan menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan dan hasil awal Geekbench sudah menunjukkan tanda-tanda peningkatan ini.

Benchmark tersebut juga mengungkap detail tentang arsitektur inti Snapdragon 8 Gen4. SoC ini memiliki struktur octa-core dengan enam core dasar dan dua core berkinerja tinggi. Core dasar memiliki clock 2,78GHz, sedangkan core performa berjalan pada 4,09GHz.

Meskipun Snapdragon 8 Gen 4 ditetapkan menjadi SoC Android teratas pada 2025, kemajuannya harus dibayar mahal. Menurut analis Ming-Chi Kuo, Snapdragon 8 Gen 4 akan diprediksi lebih mahal 25-30 persen dibandingkan dengan andalan saat ini, 8 Gen 3. 

Peningkatan biaya chip tersebut pasti akan menyebabkan harga yang lebih tinggi untuk smartphone pada 2025. Sebagai gambaran, harga Samsung Galazy Z Fold 6 yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 3 dibanderol mulai Rp26,4 juta - Rp31,9 juta. 

Sebelumnya, Digital Chat Station (DCS), leaker ternama di Weibo menyebutkan akan ada peningkatan di bagian kartu grafis. GPU ini akan jauh lebih bertenaga daripada Adreno 750 pada Snapdragon 8 Gen 3. Adapun Adreno 750 sudah berkinerja lebih baik daripada GPU A17 Pro Apple di iPhone 15 Pro Max.

DCS juga menyampaikan chipset ini mampu menekan konsumsi daya. Hal ini berkat fabrikasi 3 nm yang akan menjadi landasannya.

Snapdragon 8 Gen 4 akan diluncurkan pada ajang Snapdragon Tech Summit 2024. Manajemen mengumumkan bahwa ajang tahunan itu akan diselenggarakan dari 21 sampai 23 Oktober 2024 di Maui, Hawaii.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Film Deadpool & Wolverine Raup Rp1,5 Triliun pada Pekan Kedua Penayangannya

BERIKUTNYA

Strategi Unik Dayak Iban Menjaga Tradisi Wastra Tenun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: