Jalan Bareng Genhype Series 2 ke Salihara (Sumber gambar: Abdurachman/Hypeabis.id)

Jalan Bareng Genhype Kembali Digelar, Kali Ini Kunjungi Pameran Skenografi Salihara

04 August 2024   |   16:52 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Acara yang selalu ditunggu-tunggu oleh pembaca setia Hypeabis.id, Jalan Bareng Genhype, akhirnya kembali diadakan hari ini, Minggu (4/8/2024). Berkolaborasi dengan Salihara, kali ini Hypeabis mengajak para pembacanya untuk menikmati pameran bertajuk Rupa Panggung: Sepilihan Skenografi Indonesia.

Ini adalah kali kedua Hypeabis.id menggelar program Jalan Bareng Genhype. Sebelumnya, Jalan Bareng Genhype Series 1 sukses dilaksanakan di Museum Macam pada Juli 2024 lalu.

Baca juga: Jalan Bareng Genhype Kunjungi Pameran Patricia Piccinini di Museum MACAN

Pada gelarannya yang kedua, Jalan Bareng Genhype tambah meriah dengan kehadiran lebih dari belasan peserta. Mereka adalah komunitas pembaca setia Hypeabis.id yang beruntung berkesempatan mendapatkan pengalaman langsung menikmati suguhan seni skenografi dari pertunjukan pertunjukan populer teater Indonesia.
 

Jalan Bareng Genhype Series 2 ke Salihara (Sumber gambar: Abdurachman/Hypeabis.id)

Jalan Bareng Genhype Series 2 ke Salihara (Sumber gambar: Abdurachman/Hypeabis.id)


Sulistyo Hadi, Marketing Communication Manager Bisnis Indonesia Group mengatakan acara kedua ini diadakan untuk lebih mendekatkan media Hypeabis.id kepada para pembacanya yang setia. Tak hanya sekadar kopi darat, acara dikemas secara lebih inspiratif.

“Jalan bareng genhype memiliki konsep bertemu teman baru dan membuat konten bersama. Mungkin di sini ada yang sudah ikut series pertama, tetapi ada juga sepertinya yang baru, mari kita jalan-jalan bersama,” ucapnya.

Dikonsep dengan acara yang seru, Jalan Bareng Genhype Series 2 kali ini mengunjungi salah satu galeri seni terkemuka, Galeri Salihara. Genhype kemudian diajak jalan-jalan keliling berbagai ruang seni dengan didampingi langsung oleh perwakilan tim Salihara.

Cliff Moller, salah satu perwakilan Salihara, mulanya mengajak Genhype menyusuri lorong sisi kiri gedung. Sembari berkeliling Cliff juga bercerita banyak tentang bagaimana Salihara turut pula menjadi kantong seni-budaya Indonesia yang berdiri sejak 8 Agustus 2008

Secara periodik, Salihara memang menjadi pusat seni yang kerap menampilkan beragam kesenian terkini dari Indonesia dan dunia, baik yang sifatnya pertunjukan maupun edukasi, dalam lingkungan kreatif yang menarik.

Dalam kunjungannya kali ini, Genhype juga berkesempatan mengunjungi beberapa ruang-ruang seni ada di Salihara. Dari Studio Tari, sebuah ruang artistik untuk menunjang proses kreatif, Studio Musik, Teater Atap dengan ruang terbuka hijaunya yang asyik, dan terakhir tentu saja Galeri Salihara.

Cliff menjelaskan galeri Salihara ini memiliki keunikan dengan desain bangunan silindris. Ini memberikan ruang dan sudut pandang yang lebih luas bai para pengunjung pameran.

Tak hanya itu, galeri ini juga memiliki tata suara yang ideal, yang memungkinkan ruangan berfungsi secara lebih bervariasi. Di dalam galeri ini, Salihara sedang mempresentasikan pameran bertajuk Rupa Panggung: Sepilihan Skenografi Indonesia.
 

Jalan Bareng Genhype Series 2 ke Salihara (Sumber gambar: Abdurachman/Hypeabis.id)

Jalan Bareng Genhype Series 2 ke Salihara (Sumber gambar: Abdurachman/Hypeabis.id)


Di pameran ini, Genhype dapat menikmati ragam seni skenografi yang unik. Skenografi adalah sisi seni rupa dalam pertunjukan yang menjadi bagian penting dari pertunjukan teater, musik, dan tari.

Perwujudan skenografi beragam, tidak terbatas pada tata panggung, tetapi lebih secara keseluruhan, dari cahaya, suara, unsur gambar, dan mungkin aroma. Semua itu ditujukan untuk meyakinkan penonton akan suatu dunia dalam panggung yang sedang ditampilkan.

Pameran Rupa Panggung ini menampilkan sejumlah aspek rupa dalam pentas-pentas besar di Indonesia, seperti pertunjukan SUmur Tanpa Dasar, Danarto, Teater Kecil (1971), Dhemit, Roedjito, Teater Gandrik (1987), dan masih banyak lagi.

Pameran ini menunjukkan panggung pertunjukan di Indonesia tak pernah jauh dari seni rupa dan para pelakunya. 

Di akhir acara, Sulistyo Hadi mengatakan acara Jalan Bareng Genhype kali ini merupakan gelaran berkala. Dalam artian, ke depan, para pembaca setia Genhype masih bisa mengikuti acara ini lagi dengan keseruan dan lokasi yang berbeda.

Program Jalan Bareng Genhype series selanjutnya akan diadakan dalam waktu dekat. Pantau terus Instagram Hypeabis.id untuk informasi lebih lanjut.
 

Jalan Bareng Genhype Series 2 ke Salihara (Sumber gambar: Abdurachman/Hypeabis.id)

Jalan Bareng Genhype Series 2 ke Salihara (Sumber gambar: Abdurachman/Hypeabis.id)

.
Baca juga: SIPFEst Siap Dihelat di Salihara , Cek Jadwal Lengkap & Daftar Penampilnya

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Strategi Bank Indonesia Dorong UMKM Bidik Pasar Ekspor

BERIKUTNYA

Resep Jitu Brand UMKM Kultiva Co Tembus Pasar Ekspor hingga 8 Negara

Komentar

Milana Lau

Milana Lau

04 Aug 2024 - 20:42

Berkat Hypeabis.id,akhirnya bisa juga mampir ke Salihara Art Center setelah selama ini cuma tahu namanya atau numpang lewat saja. Terima kasih~


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: