Aktris Adinia Wirasti. (Sumber gambar: Leo Pictures)

Adinia Wirasti Reuni dengan Sutradara Rudi Soedjarwo di Film Bila Esok Ibu Tiada

04 August 2024   |   11:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Aktris Adinia Wirasti kembali bekerja sama dengan sutradara Rudi Soedjarwo dalam film Bila Esok Ibu Tiada. Ini menjadi proyek film pertama keduanya selama 20 tahun terakhir. Tak cuma sebagai artis, dalam film ini Adinia Wirasti juga berperan sebagai penulis skenario.
 
Adinia Wirasti mengatakan dalam penggarapan film Bila Esok Ibu Tiada, dia membantu Rudi Soedjarwo sebagai penulis skenario. Dia bertugas untuk menerjemahkan ide-ide yang ingin disampaikan oleh sang sutradara ke dalam skenario film.
 
"Aku menulis sedikit sebagai juru tulisnya Mas Rudi sebetulnya. Apa yang mau Mas Rudi tumpahkan ke dalam tulisan, saya coba lakukan," kata aktris berusia 37 tahun tersebut dalam acara konferensi pers di Jakarta.

Baca juga: Fedi Nuril Ungkap Tantangan Main Film Bila Esok Ibu Tiada dengan Pendekatan Dokumenter
 
Dalam membintangi film Bila Esok Ibu Tiada, Adinia mengatakan dirinya diberikan kebebasan oleh Rudi untuk mengeksplorasi karakter yang diperankannya. Dalam film ini, Adinia berperan sebagai kakak-beradik dengan sejumlah pemain lainnya seperti Fedi Nuril, Amanda Manopo, dan Yasmin Napper.
 
"Mas Rudi percaya pada aktornya 150 persen. Kami sebagai aktor diberi ruang, waktu, dan semacam sand box, kemudian beliau akan framing lewat kamera," kata aktris yang juga membintangi film Ada Apa Dengan Cinta? itu.
Hal itu dilakukan salah satunya lantaran metode pengambilan gambar film Bila Esok Ibu Tiada yang menggunakan pendekatan seperti dokumenter.
 
Laiknya dokumenter, film ini menuntut para pemainnya untuk berakting secara natural, sehingga karakter yang dimainkan bisa benar-benar terasa riil. Begitupun dari segi teknis, kamera yang akan bergerak mengikuti akting para pemainnya, sehingga tidak terlalu berfokus pada blocking.
 
"Jadi bagaimana caranya supaya aktor-aktornya menciptakan dunia yang Mas Rudi mau frame di film ini. Jadi memang persiapannya cukup panjang dan detail," kata Adinia.
 
Bila Esok Ibu Tiada menjadi proyek film pertama Adinia Wirasti dan Rudi Soedjarwo selama 20 tahun terakhir. Keduanya terakhir kali terlibat dalam film Tentang Dunia yang dirilis pada 2004. Sebelumnya, mereka juga terlibat dalam film Ada Apa Dengan Cinta? (2002) yang menjadi pertemuan perdana Adinia dan Rudi.
 
"Jadi ini [Bila Esok Ibu Tiada] memang film yang nostalgic dan menantang. Tapi sebagai aktor, aku merasa dibebaskan sekali di sini," kata aktris kelahiran 19 Januari 1987 itu.
Bila Esok Ibu Tiada merupakan adaptasi dari novel best seller berjudul sama karya Nagiga Nur Ayati yang pertama kali terbit pada 2014. Filmnya akan menyoroti kehidupan sebuah keluarga dengan empat anak yang sangat bergantung dengan ibu mereka. Sang ibu selalu memberikan semua hal yang terbaik dan mendedikasikan diri untuk menjaga anak-anaknya. 
 
Namun pada suatu hari, hal yang tidak diinginkan terjadi. Keempat anak tersebut harus menerima takdir kepergian sang ibu untuk selama-lamanya. Mau tidak mau, mereka harus beradaptasi dengan keadaan.
 
Bila Esok Ibu Tiada digarap oleh Rudi Soedjarwo yang telah memiliki sepak terjang panjang dalam membuat film-film drama populer, di antaranya Ada Apa Dengan Cinta? (2002), Mengejar Matahari (2004), dan In the Name of Love (2008). 
 
Bila Esok Ibu Tiada menjadi film drama pertama yang disutradarai Rudi Soedjarwo selama 8 tahun terakhir, sejak terakhir kali menggarap film drama romantis Stay With Me yang dirilis pada 2016.
 
Belakangan, sutradara berusia 51 tahun itu lebih sering menggarap film horor, diantaranya Primbon (2023), Denting Kematian (2020), Kembalinya Anak Iblis (2019), 13: The Haunted (2018), dan Algojo: Perang Santet (2016).
 
Sementara untuk skenarionya ditulis oleh Oka Aurora yang sebelumnya menulis sejumlah film dan serial populer seperti Layangan Putus the Movie (2023), Bad Boy In Love (2024), dan Ipar Adalah Maut yang sampai saat ini masih tayang di bioskop dan meraup lebih dari 4,7 juta penonton.
 
Adapun untuk ansambel pemain, film Bila Esok Ibu Tiada diisi oleh aktor dan aktris kenamaan seperti Slamet Raharjo, Christine Hakim, Fedi Nuril, Adinia Wirasti, Amanda Manopo, dan Yasmin Napper. Bila Esok Ibu Tiada dijadwalkan tayang tahun ini di bioskop Indonesia. 

Baca juga: Siap-Siap Tisu, Film Bila Esok Ibu Tiada Besutan Rudi Soedjarwo Tayang 2024 di Bioskop

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Prediksi & Link Streaming Semifinal Gregoria Mariska Tunjung vs An Se-Young Olimpiade 2024

BERIKUTNYA

Buku Listen and Design on Micro, Small, and Medium Enterprises Soroti Kebutuhan UMKM Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: