Musisi Ade Anwar. (Sumber gambar: Instagram/@ompancaransinarpetromaks)

Musisi Senior dan Vokalis OM Pancaran Sinar Petromaks Ade Anwar Tutup Usia

02 August 2024   |   16:58 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka datang dari industri musik di Indonesia. Musisi senior dan juga anggota Orkes Moral (OM) Pancaran Sinar Petromaks (PSP) Hariadi Anwar atau yang juga dikenal dengan nama Ade Anwar tutup usia. Ucapan duka datang dari berbagai pihak.

Kabar tentang kepergian sang musisi disampaikan oleh akun media sosial Instagram @adeanwar.ompsp. Akun tersebut mengunggah video karangan bunga yang berisi ucapan duka cita dari sejumlah pihak atas kepergian Ade.

“Selamat jalan pak,” demikian tulisan caption unggahan video tersebut yang juga menginformasikan bahwa Ade Anwar diketahui meninggal dunia pada Kamis (1/8/2024), pukul 16.36 WIB di RS Medistra Jakarta.

Baca juga: Aktor Senior Dorman Borisman Meninggal Dunia, Simak Profil & Rekam Jejaknya

Kepergian sang musisi membuat banyak pihak berduka, baik dari politisi sampai dengan seniman musik. Ucapan bela sungkawa datang dari berbagai pihak seperti Orkes Nunung Cs hingga Orkes Pemuda Harapan Bangsa (PHB).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ade Anwar (@adeanwar.ompsp)



Dikutip dari laman partai Nasional Demokrat, Ketua Fraksi NasDem Jakarta Wibi Andrino mengungkapkan bahwa sang musisi merupakan orng yang sangat baik, jujur, dan amanah. Menurutnya, Ade adalah individu yang aktif dalam misi kemanusiaan. Ade juga kerap terjun langsung untuk memberikan bantuan dalam bentuk tenaga atau materi ketika ada musibah.

Almarhum yang dikenal dengan nama panggung Ade Anwar, memulai karier musiknya dengan bergabung dalam grup Orkes Moral Pancaran Sinar Petromak pada 1978. Dalam grup ini, Ade berperan sebagai vokalis dan pemain gendang. Bersama OM PSP, ia merilis beberapa lagu seperti Warkop (1979), Balada John Lennon (1981), dan Monggo Mas (1982).

Selain itu, Ade juga berakting dalam film Manis Manis Sombong (1980), Orang Sinting (1980), dan Koboi Sutra Ungu (1981).

Pada 1992-1999, Ade Anwar beralih ke dunia politik di bawah Partai Golkar. Kemudian, pada periode 2019-2024, ia bergabung dengan Partai NasDem dan menjabat sebagai anggota DPRD DKI Jakarta.

Dalam unggahan Instagram OM PSP, terlihat bahwa sang musisi masih aktif tampil di atas panggung. Salah satu penampilannya bersama OM PSP adalah di ajang Synchronize Fest 2023 yang diadakan di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Cek Harga dan Cara Beli Tiket Konser DPR Dream Reborn Tour di Jakarta

BERIKUTNYA

YG Entertainment Serahkan Hak Merek Dagang G-Dragon dan GD Tanpa Kompensasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: