Behind the scene film KKN di Desa Penari (2022). (Sumber foto: MD Entertainment)

15 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Genre Horor Mendominasi

30 July 2024   |   20:40 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Industri perfilman Indonesia kian bergairah setelah sempat terpukul akibat pandemi Covid-19 dan mengalami kebangkitannya pascapandemi beberapa tahun belakangan. Pada paruh pertama 2024, 5 karya film yang rilis tercatat masuk dalam deretan daftar 16 besar film terlaris sepanjang masa.

Karya-karya dari para sineas Indonesia yang rilis tahun ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para pencinta film Indonesia. Terbukti ada banyak film yang berhasil menembus 1 juta penonton kurang dari 3 hari penayangan. Bisa dibilang, kini film karya sineas Indonesia mulai menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Kondisi ini juga memberikan energi positif terhadap pembuat film di dalam negeri, sehingga banyak karya bermunculan dari Januari sampai Juli 2024. Genre horor memang masih mendominasi. Namun, beberapa genre lainnya mulai bermunculan.

Baca juga: Daftar Film Animasi Terlaris Sepanjang Masa, Inside Out 2 Resmi Geser Frozen II

Tidak hanya itu, para penonton film Indonesia juga mendapatkan suguhan cerita yang lebih segar dan berani dari para sineas di dalam negeri. Meskipun tidak masuk dalam daftar film terlaris, beberapa di antaranya memberikan warna kepada industri.

Sementara itu, film-film pada 2024 yang berhasil mencetak box office dan menjadi salah satu dalam deretan 16 besar film terlaris seperti Agak Laen, Vina: Sebelum 7 Hari, Ipar Adalah Maut, dan sebagainya.

Dirangkum dari laman filmindonesia.or.id pada Selasa (30/7/2024), berikut daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa.


1. KKN di Desa Penari (2022)          

Obsesi produser dan rumah produksi untuk mencapai jumlah penonton setinggi-tingginya tampaknya meningkat setelah KKN di Desa Penari mencetak total 10.0061.033 penonton. Jika dibandingkan dengan film-film horor lainnya, KKN di Desa Penari cukup membuat gemuruh di internet sebelum akhirnya naik layar dan menjadi film yang tak hanya laris tapi juga banyak dibicarakan.

Seperti yang Genhype tahu, kisah KKN di Desa Penari dimulai dari sebuah utas horor yang diunggah di X (dulu Twitter) oleh akun anonim @SimpleMan. Utas itu kemudian menjadi viral karena diretweet sebanyak 74.000 kali dan disukai hampir 200.000 kali.

Kisahnya bercerita tentang sekelompok mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di sebuah desa. Namun, beberapa di antaranya tidak dapat kembali lantaran melanggar aturan dan tergoda dengan lelembut bernama Badarawuhi.


2. Agak Laen (2024)           

Agak Laen menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa nomor dua dengan jumlah 9.125.188 penonton. Film karya sutradara Muhadkly Acho ini bercerita tentang empat orang pemuda yang mengalami kesulitan finansial.

Mereka yang menjalankan usaha rumah hantu di sebuah pasar malam secara tidak sengaja membuat salah satu calon legislatif meninggal dunia karena serangan jantung. Arwah penasaran sang caleg membuat usaha mereka menjadi digemari dan mendatangkan pundi-pundi rupiah.


3. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (2016)

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 menjadi film Indonesia terlaris ketiga sepanjang masa. Film yang mendapatkan arahan dari sutradara Anggy Umbara itu berhasil membuat 6.858.616 orang datang ke bioskop.


4. Pengabdi Setan 2: Communion (2022)

Pengabdi Setan 2: Communion berhasil menjadi film terlaris nomor 4 sepanjang masa setelah berhasil mendatangkan 6.390.970 orang ke bioskop. Karya dari sutradara Joko Anwar ini merupakan sekuel Pengabdi Setan yang rilis pada 2017.

Pengabdi Setan 2: Communion bercerita tentang keluarga yang memilih tinggal di sebuah rumah susun demi terhindar dari pengalaman masa lalu yang pernah dialami. Namun, teror masa lalu itu tetap datang dan membuat keluarga serta beberapa penghuni rumah susun meregang nyawa.


5. Dilan 1990 (2018)         

Dilan 1990 berhasil mencetak box office dengan mencatatkan jumlah penonton sebanyak 6.315.664 sepanjang penayangannya. Karya hasil adaptasi dari novel penulis Pidi Baiq itu bercerita tentang kisah cinta remaja SMA di Bandung bernama Dilan dan Milea.


6. Miracle in Cell No. 7 (2019)

Miracle in Cell No 7 menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa dalam industri perfilman Indonesia setelah berhasil menarik perhatian 5.861.067 penonton. Film ini merupakan hasil remake dari judul yang sama dan berasal dari Korea Selatan. Indonesia bukan satu-satunya yang membuat ulang film tersebut dan meraih kesuksesan.

Miracle in Cell No. 7 bercerita tentang seorang ayah tunggal dengan kondisi khusus yang dituduh melakukan pembunuhan dan pemerkosaan terhadap anak kecil.


7. Vina: Sebelum 7 Hari (2024)

Vina: Sebelum 7 Hari yang rilis pada 2024 dan menjadi salah satu film terlaris tahun ini juga masuk dalam deretan karya terlaris Indonesia sepanjang masa dengan 5.815.492 penonton. Karya dari sutradara Anggy Umbara itu berhasil menggeser Dilan 1991 yang sebelumnya berada di posisi 7.  
 

8. Dilan 1991 (2019)         

Dilan 1991 berhasil memiliki 5.253.411 penonton sepanjang penayangannya, sehingga membuatnya menjadi film Indonesia terlaris nomor 8 sepanjang masa. Film ini merupakan sekuel Dilan 1990 dan masih bercerita tentang kisah romansa karakter bernama Dilan dan Milea.


9. Sewu Dino (2023)          

Sewu Dino bercerita tentang karakter bernama Sri yang mendapatkan pekerjaan di sebuah keluarga dengan bayaran tinggi karena lahir pada Jumat Kliwon. Namun, pekerjaan mereka tidak masuk akal karena harus memandikan karakter bernama Dela Atmojo yang terkena kutukan santet sewu dino. Film dengan cerita unik dan menakutkan ini berhasil membuat 4.891.469 orang datang ke bioskop untuk menyaksikannya.


10. Ipar Adalah Maut (2024)            

Film Ipar Adalah Maut merupakan pendatang baru dalam daftar film Indonesia terlaris. Tayang di bioskop tahun ini, Ipar Adalah Maut berhasil meraih 4.743.510 penonton. Film ini bercerita tentang suami yang selingkuh dengan adik sang istri.


11. Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi menjadi salah satu film terlaris di Indonesia sepanjang masa dengan jumlah penonton mencapai 4.719.453 orang. Karya ini bercerita tentang kehidupan anak-anak kurang mampu di pulau Belitong yang memiliki semangat untuk menempuh pendidikan dengan berbagai macam tingkahnya.


12. Habibie & Ainun (2012)              

Habibie & Ainun berhasil menarik 4.601.249 penonton, sehingga membuatnya masuk menjadi salah satu film terlaris di Indonesia. Karya yang dibintangi oleh Bunga Citra Lestari dan Reza Rahadian ini bercerita tentang kehidupan romansa salah satu presiden Indonesia dengan sang istri.   


13. Pengabdi Setan (2017)

Pengabdi Setan merupakan karya dari sutradara Joko Anwar. Kemampuan sang pengarah dalam membuat film menjadikan karya ini masuk dalam daftar film Indonesia terlaris dengan jumlah 4.206.103 penonton.


14. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 (2017)

Menyusul film pertamanya, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 juga berhasil masuk dalam deretan film Indonesia terlaris. Bercerita tentang Dono, Kasino, dan Indro yang mencari harta karun, karya dari sutradara Anggy Umbara berhasil meraih box office dengan 4.083.190 penonton.


15. Badarawuhi di Desa Penari (2024)          

Badarawuhi di Desa Penari yang rilis pada 2024 juga pendatang baru selain Vina: Sebelum 7 Hari dan Ipar Adalah Maut dalam deretan film terlaris sepanjang masa Indonesia. karya yang mendapatkan arahan dari sutradara Kimo Stamboel itu berhasil mendatangkan 4.015.120 orang ke bioskop.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Fakta Menarik Karakter Doctor Doom dalam Komik Infamous Iron Man

BERIKUTNYA

Cek Line Up & Harga Tiket Pre-Sale Joyland Festival 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: