Tampilan Facebook. (Sumber foto: Unsplash/Bastian Riccardi)

Begini Strategi Facebook Tetap Eksis di Era Gempuran AI

30 July 2024   |   06:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Facebook berupaya tetap eksis di era perkembangan teknologi, termasuk memanfaatkan artificial intelligence (AI). Platform media sosial dari Meta ini bakal meningkatkan kemampuan fitur menggunakan kecerdasan buatan dan menargetkan pengguna dewasa muda. 

VP of Facebook Tom Alison mengatakan pihaknya melakukan pembaruan terhadap fitur Reels dan Feed agar dapat memberikan rekomendasi lebih efektif di Facebook. Meta diketahui telah menciptakan arsitektur AI model baru yang mampu memproses data dalam jumlah besar dengan sangat efisien, serta mendorong peningkatan signifikan dalam uji coba Facebook Reels. 

Baca juga: Petinggi Facebook Resah Aksi Scamming, Sudah Gelontorkan US$20 Juta Buat Pencegahan

Teknologi ini katanya akan mendukung lebih banyak produk, termasuk seluruh ekosistem video dan rekomendasi Feed dalam platform. Adapun teknologi kecerdasan buatan generatif terbaru dari perusahaan dinamakan Meta Llama 3.1 termasuk Llama 3.1 405B. 

Kecerdasan buatan ini diklaim menjadi language large model (LLM) pertama dengan sistem open source yang terbesar di dunia. “Pada akhir tahun 2026, tujuan kami adalah memiliki teknologi (AI) terbaik di dunia. Ini akan meningkatkan semua produk kami dan membuatnya lebih responsif,” ujar Alison seraya menegaskan akan membawa Meta AI ini ke lebih banyak negara. 

Menargetkan lebih banyak pengguna dewasa muda, Facebook juga meningkatkan pengalaman menjelajah dan terhubung menggunakan video yang sesuai dengan minat.  Pengguna akan lebih mudah untuk mengeksplorasi Reel, video berdurasi lebih panjang, atau konten Live. 

Alison menyampaikan jumlah konten video terus berkembang di semua platform Meta, termasuk Facebook. Bahkan, tingkat konsumsi pengguna terkait konten video di Facebook dan Instagram kini mencapai lebih dari 60 persen dari total waktu aktivitas digital mereka. Reels tetap menjadi pendorong utama pertumbuhan ini.

Oleh karena itu, Facebook melakukan penyempurnaan terhadap video di Facebook, termasuk menghadirkan pemutar video layar penuh (full screen) yang telah diperbarui dan fitur slider untuk melewati video dengan durasi lebih panjang. Pemutar video ini sekarang tersedia secara global. 

Facebook mencatat adanya peningkatan dalam berbagi video secara pribadi, dengan pertumbuhan lebih dari 80 persen year-on-year. Pengguna kini dapat mengirimkan video dengan cepat kepada teman dan keluarga, baik di Facebook maupun di platform lain seperti WhatsApp.
 
Dalam merayakan ulang tahun ke-20, Facebook juga memperkenalkan produk Mode Profesional yang dirancang untuk orang-orang yang ingin membagikan kegiatannya secara publik dan meningkatkan jumlah pengikut. Produk ini telah digunakan lebih dari 100 juta pengguna aktif harian dalam waktu 18 bulan. 

Facebook juga telah mengembangkan Model Pembayaran untuk membayar kreator berdasarkan performa konten mereka di platform. Kemudian, menyederhanakan cara kreator mendapatkan penghasilan dan memperluas peluang monetisasi ke semua format, baik itu foto, video, maupun teks.

Baca juga: Cara Daftar & Monetisasi FB Pro, Bisa Menghasilkan Uang dari Konten Facebook
 
Sementara itu, Alison menuturkan bahwa Facebook melihat adanya perkembangan yang pesat pada Grup. Lebih dari 1,8 miliar pengguna aktif di Grup Facebook setiap bulannya. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Film Dokumenter Rossa Bakal Diputar di Korea hingga Amerika

BERIKUTNYA

Fakta Menarik Audisi Boy Group PLANET B dari Mnet, Siap Susul Popularitas Boys Planet?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: