Tim Rowing Indonesia di Asian Games 2022 (Sumber Foto: instagram/rowing_ina)

Tim Dayung Indonesia Sumbang Medali Pertama di Asian Games 2022

25 September 2023   |   11:13 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia baru saja mencetak prestasi yang membanggakan di Asian Games 2022 di Hangzhou. Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri mempersembahkan medali pertama dari cabang olahraga rowing atau dayung di Asian Games 2022 pada Minggu (24/9/2023).

Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri meraih medali perunggu setelah meraih peringkat ketiga pada final Lightweight Women's Double Sculls yang digelar di Fuyang Water Sports Centre. Tim ini sukses mencatatkan waktu 7 menit 17,64 detik setelah mendayung sejauh 2000 meter.

Baca juga: Partisipasi Kontingen Indonesia di Asian Games, Terbaik kala Menjadi Tuan Rumah

"Untuk Chelsea dan Mutiara, hasil ini sudah sesuai harapan. Kali ini mereka bisa menang dari awal, mereka tidak terburu-buru dan menerapkan irama-irama yang  sudah dilatih. Jepang dan Iran saling mengalahkan, waktu finisnya tipis," kata Budiman Setiawan, Manajer Timnas Rowing, dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Kemenangan tim rowing membuka peluang bagi kontingen Indonesia untuk meraih lebih banyak medali selama perhelatan Asian Games 2022 di Hangzhou. Adapun hari ini masih ada pertandingan final nomor mens double scull, mens pair dan mens eight.

Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri meraih medali perunggu yang merupakan medali pertama untuk Indonesia di Asian Games 2022. Adapun medali perak diraih oleh wakil Uzbekistan Islomova Luizakhon dan Tagmatova Malika dengan catatan waktu 7 menit 16,49 detik. Sedangkan medali emas diraih wakil China Zou Jiaqi dan Qiu Xiuping dengan catatan waktu 7 menit 06,78 detik.

Atlet dayung juga menyumbang medali kedua untuk Indonesia. Ihram dan Memo sukses meraih medali perunggu pada cabang olahraga dayung di nomor men's double sculls pada Asian Games 2022 di FY Water Sports Center. Tim ini mencatatkan waktu 6 menit 27,83 detik pada laga final dan finis ketiga.

Kontingen rowing Indonesia di nomor men's double sculls hanya kalah tipis dari tim asal Uzbekistan, yakni Shakhboz Kholmurzaev dan Mekhrojbek Mamatkulov yang meraih medali perak dan mencatatkan waktu 6 menit 26,25 detik. Sedangkan peringkat pertama diraih oleh wakil dari China, yakni Zhiyu Liu dan Liang Zhang yang meraih medali emas dengan catatan waktu 6 menit 21,54 detik.

Selain medali perunggu, kontingen Indonesia juga mempersembahkan medali perak untuk pertama kalinya di hari yang sama. Diketahui Atlet Edgar Xavier Marvelo dari cabang olahraga wushu putra di nomor Men's Changquan membawa pulang pedali perak dalam laga finalnya di XSG Sports Centre Taolu.

Edgar Xavier Marvelo berhasil mencatatkan skor terbaik kedua dengan memperoleh 9.786 poin. Sedangkan posisi pertama ditempati oleh wakil dari China, yakni Peiyuan Sun yang memperoleh skor 9.840 poin. Sementara peringkat ketiga diraih oleh wakil dari Makau, yakni Kuan Chi dengan catatan poin 9.760.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Partisipasi Kontingen Indonesia di Asian Games, Terbaik kala Menjadi Tuan Rumah

BERIKUTNYA

Cek Rangkaian Cara Merawat Kulit di Tengah Cuaca Ekstrem

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: