Ilustrasi pengecekan mobil (Sumber gambar: Hyundai)

Cek Kiat Aman Menghadapi Kondisi Darurat saat Berkendara

30 July 2024   |   16:17 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Memastikan kendaraan dalam kondisi prima menjadi hal yang tak boleh dilewatkan sebelum memulai perjalanan. Meski sudah melakukan persiapan, tetap saja kita tak bisa menghindari kondisi yang tak diinginkan. Saat dalam keadaan darurat dalam berkendara, penting untuk tetap tenang dan tak panik, serta mengecek kembali mengecek keadaan mobil.

Apa saja tips agar tetap bisa menghadapi kondisi darurat saat berkendara? Melansir Hyundai, simak trik mencegah dan mengatasi masalah kendaraan baik itu menggunakan jenis mobil Internal Combustion Engine (ICE) maupun Electric Vehicle (EV).

Baca juga: Lampu Indikator Aki Mobil Menyala? Segera Periksa 5 Bagian Ini
 

1. Melakukan Persiapan Sebelum Berkerkendara

Untuk mencegah masalah saat berkendara seperti mogok di tengah jalan, pengemudi harus rutin memeriksa kondisi mobil sebelum perjalanan. Pemeriksaan meliputi bagian dalam dan luar mobil, termasuk mesin. Selain itu, memastikan kelengkapan surat-surat dan menyesuaikan posisi mengemudi seperti mengatur jok, kaca spion, dan sabuk pengaman juga penting untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Untuk membuatnya lebih mudah, pengendara bisa memanfaatkan fitur untuk memeriksa kesehatan mobil seperti Manual & Automatic Diagnostic Check, Driving Information, dan Active Vehicle Status Information yang disediakan oleh Hyundai.
 

2. Pastikan Berkendara dengan Aman

Untuk memastikan berkendara yang aman dan menghindari masalah di jalan, pengemudi perlu berhati-hati dalam berkendara. Hal ini termasuk juga mengatur kecepatan kendaraan dengan tidak terburu-buru. Selain itu, pengendara perlu memahami dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, serta menjaga jarak yang aman dengan kendaraan lain.

Langkah penting ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Dengan mengikuti prinsip-prinsip ini, pengemudi dapat mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan perjalanan lebih lancar, aman dan menyenangkan.
 

3. Tetap Tenang dalam Kondisi Darurat

Jika mobil mengalami masalah mendadak seperti tersendat atau mogok di tengah jalan, pengemudi sebaiknya tidak panik. Ketika mobil menunjukkan akselerasi yang tertahan atau transmisi yang tidak lancar, segeralah  kurangi kecepatan mobil.

Pengendara juga bisa mencari tempat yang aman di pinggir jalan untuk berhenti. Jangan lupa untuk menekan tombol lampu hazard atau segitiga merah untuk memberi tanda bahwa kendaraan sedang mengalami gangguan.
 

4. Melakukan Perawatan Secara Rutin

Agar terhindar dari berbagai masalah jangka panjang pada mobil, pemilik kendaraan perlu melakukan perawatan mobil secara rutin dan teratur. Pemilik mobil perlu menjadwalkan perawatan secara berkala dan  tepat waktu di bengkel resmi agar kondisi kendaraan tetap optimal. Selain itu, pemilik mobil harus memastikan penggunaan suku cadang yang resmi demi menjamin  kualitas komponen kendaraan tetap terjaga dengan baik.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, pemilik kendaraan dapat menjaga performa mobil dan mengurangi risiko masalah selama perjalanan. Kedisiplinan dalam perawatan berkala serta memilih  komponen yang asli menjadi  kunci untuk memastikan kendaraan tetap prima dan berfungsi dengan baik dalam jangka panjang.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Klasemen Medali Olimpiade Paris 2024, Akankah Atlet Indonesia Naik ke Podium?

BERIKUTNYA

Pet Lover Wajib Tau! Ini Penyebab Harapan Hidup Kucing & Anjing di Indonesia Rendah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: