Smart Lock dari IT. (Sumber gambar: IT)

Rekomendasi Smart Door Lock Anti Bobol, Punya Fitur Alarm Sampai Pemantauan Jarak Jauh

29 July 2024   |   07:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Teknologi keamanan rumah semakin canggih dan terus berkembang. Tidak hanya CCTV yang dapat diandalkan, smart lock juga menjadi solusi untuk memberi ketenangan ketika meninggalkan hunian. Jika dahulu pintu rumah membutuhkan kunci fisik atau manual, di era modern teknologi smart lock atau kunci pintar jadi andalan.

Perangkat keamanan ini dilengkapi penguncian otomatis bersifat keyless, hingga memungkinkan pengguna melakukan pemantauan melalui aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone. Salah satunya IT Smart Door Lock A230 buatan Immersive Tech dengan fitur unggulan berupa IT Smart App.

Baca juga: Mengenal Kecanggihan Smart Door Lock, Bikin Rumah Lebih Aman

Fitur IT Smart App membuat pengguna dapat membuka atau mengunci pintu dari mana saja dan kapan saja dengan menggunakan aplikasi dari IT Smart. Pengguna juga dapat memantau jika ada yang membuka atau menutup pintu, bahkan mendapatkan push notification jika terjadi pencobaan buka paksa.

IT Smart Door Lock A230 diketahui memiliki 8 metode buka kunci. Selain menggunakan aplikasi, pengguna kunci pintar untuk pintu ini memiliki fingerprint access yang dapat mendaftarkan hingga 100 sidik jari. 
 

Akses berikutnya bisa menggunakan password. Pengguna dapat mendaftarkan hingga 100 password. Adapun password yang bisa disetel berupa angka dengan kombinasi hingga 6-8 angka.

Dynamic password juga menjadi metode lain untuk membuka kunci pintar ini. Dengan dynamic password, pengguna dapat memiliki password berupa angka acak dengan 6-8 kombinasi angka yang digenerate melalui aplikasi IT Smart. Ada pula temporary password yang akan expired dengan limit waktu tertentu.

Terdapat juga kunci akses menggunakan sistem identifikasi frekuensi radio (RFID). Pemilik rumah bisa mendaftarkan hingga 100 ID Card Access. IT Smart Door Lock turut mendukung teknologi NFC untuk membuka pintu dengan e-KTP, kartu e-money, hingga smartwatch tipe tertentu. Bila khawatir baterai habis dan terkunci di luar, pengguna bisa membuka kunci pintar ini secara manual.

“Melalui produk seperti IT Smart Door Lock A230, pengguna tidak saja mendapatkan rasa aman, tapi juga memperoleh pengalaman untuk tinggal di dalam rumah pintar melalui perangkat IoT yang memiliki fitur canggih, desain menarik serta mudah untuk dioperasikan,” ujar Project Director IT Andre Tanudjaja kepada Hypeabis.id beberapa waktu lalu.

Fitur lainnya dari produk ini antara lain dilengkapi alarm, waktu membuka kunci kurang dari 1 detik, dan masa pakai baterai hingga 12 bulan. Adapun sumber daya menggunakan 4 pcs baterai AA. Direkomendasikan untuk jenis pintu kayu single dengan tebal 35-66 mm, IT Smart Door Lock A230 tahan di cuaca panas, berdebu, dan hujan.

 

Onassis K92 Pro. (Sumber foto: Onassis)

Onassis K92 Pro. (Sumber foto: Onassis)



Selain IT, Onassis memiliki serangkaian smart lock yang bisa menjadi pilihan. Salah satu diantaranya yakni K92 Pro yang memiliki fitur unggulan berupa built-in camera dengan resolusi 1 MP. Kamera tersebut berfungsi sebagai door viewer, sehingga pengguna dapat melihat keadaan atau tamu yang ada di luar melalui aplikasi Onassis Smart. 

Satu lagi yang membedakan K92 Pro dengan smart lock lainnya adalah Two Way Audio One Way Video Call. Melalui fitur ini, pengguna dapat melihat tamu di depan pintu secara real time, bahkan bisa berkomunikasi dua arah melalui smart lock dan aplikasi Onassis Smart. 

Uniknya, pengguna juga dapat mengubah suara dengan teknologi AI untuk menyamarkan suara dari orang-orang yang tidak dikenal. Jika sudah terkonfirmasi, pengguna bisa membuka pintu melalui jarak jauh menggunakan fitur remote unlock.

Membuka kunci K92 Pro bisa dilakukan menggunakan fingerprint, kartu RFID, PIN/password. Kapasitas pengguna smart lock ini bisa mencapai 300 orang. Jika terdapat kesalahan 5 kali fingerprint, sistem terkunci otomatis dalam 90 detik. 

Onassis juga memungkinan kunci manual untuk membuka atau menutup pintu, terutama jika baterai mati atau rusak. Ketika baterai K92 Pro habis, Onassis menyediakan USB slot emergency untuk jumper daya smart lock menggunakan powerbank atau aliran listrik dari luar. Adapun kuni pintar ini direkomendasikan untuk pintu kayu dengan tebal 35 mm.

Hasan Anny, CEO PT Karya Megah Gunungmas ("Onassis"), mengatakan dilihat dari tren, salah satu fitur yang cukup diminati dalam pemilihan smart lock yaitu fingerprint. Dengan data biometrik berupa pola unik, permukaan kulit ujung jari tangan menjadi salah satu bentuk keamanan terbaik. Sebab, setiap orang memiliki pola berbeda sehingga pintu rumah tidak mudah dibuka orang lain.

Lalu, ada juga RFID Card yakni teknologi kartu pintar yang menggunakan sistem identifikasi frekuensi radio (RFID) untuk menyimpan dan membaca data tanpa kontak fisik dengan pembaca. Kemudian, pintu juga bisa dibuka tutup menggunakan password. Ini adalah metode keamanan yang menggunakan kombinasi angka sebagai kode untuk mengakses perangkat smart lock.

Fitur lain yang cukup diminati adalah door viewer. Adanya kamera di smart lock tidak hanya untuk pemindai wajah, tetapi juga dapat berfungsi untuk melihat keadaan atau tamu yang ada di luar melalui LCD Screen. Terakhir, tetap dipertahankannya manual key untuk mengantisipasi smart lock mati.

“Pengguna smart lock bakal tambah banyak di masa depan,” sebut Hasan.

Baca juga: Rekomendasi CCTV Outdoor & Indoor yang Punya Fitur Canggih

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Psikolog Bagikan Strategi Pola Asuh Efektif untuk Perkembangan Optimal Anak

BERIKUTNYA

Kecanduan Minuman Manis, Masyarakat Indonesia Rentan Diabetes dan Gagal Ginjal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: