Ilustrasi Nobita dan Doreaemon (Sumber foto - Unsplash - David Kristianto)

Noriko Ohara, Pengisi Suara Nobita di Animasi Doraemon Tutup Usia pada Usia 88 Tahun

25 July 2024   |   20:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka menyelimuti dunia perfilman internasional. Pengisi suara karakter Nobita dari serial animasi Doraemon, Noriko Ohara meninggal dunia pada tutup usia pada umur 88 tahun. Noriko tutup usia pada Selasa, (12/7/24) waktu setempat di Jepang.

Kabar mengenai wafatnya Noriko Ohara atau Noriko dikonfirmasi langsung oleh agensinya , 81 Produce pada Selasa (23/7/24). Mereka menjelaskan, sang aktris meninggal setelah berjuang melawan penyakit meskipun telah mendapatkan perawatan medis.

Baca juga: Film Doraemon the Movie: Nobita's Earth Symphony Tayang 17 Juli 2024 di Bioskop Indonesia

"Aktris kami Noriko Ohara meninggal dunia di usia 88 tahun pada 12 Juli 2024 setelah berjuang melawan penyakit. Kami dengan tulus menghargai kebaikan yang ditunjukkan selama hidupnya dan dengan hormat memberitahu Anda tentang kepergiannya," tulis 81 Produce dilansir Anime Corner, Kamis (25/7/24). 
 
 

Profil Noriko Ohara

Melansir NHK, Ohara lahir di Tokyo pada 2 Oktober 1935. Dia memulai kariernya sebagai aktor pada masa-masa awal televisi sebelum terkenal sebagai pengisi suara untuk karakter animasi. Suara unik dan bakatnya dengan cepat membuatnya menjadi sosok terkenal dalam komunitas pengisi suara.

Noriko Ohara memulai pendidikan di bidang seni peran dan drama sebelum beralih ke dunia pengisi suara. Pengalaman panggungnya inilah yang disebut memberikan dasar yang kuat dalam kemampuan aktingnya saat diterapkan dalam pengisi suara.

Ohara mengisi suara Nobita, seorang anak sekolah yang berteman dengan robot kucing Doraemon, selama 26 tahun sejak 1979. Doraemon adalah serial anime yang diadaptasi dari manga karya Fujiko F. Fujio, pertama kali tayang pada 1979 di Jepang. 

Serial ini bercerita tentang robot kucing dari masa depan yang datang untuk membantu seorang anak laki-laki bernama Nobita. Suara Nobita yang khas dengan intonasi yang unik membantu menciptakan karakter yang mudah dikenali dan dicintai oleh penonton di seluruh dunia.

Selain mengisi karakter Nobita dia juga memainkan karakter utama dalam "Future Boy Conan", sebuah serial anime yang disiarkan di NHK pada 1978. Ohara juga mengisi suara aktor Amerika dan Prancis, termasuk Shirley MacLaine dan Brigitte Bardot, dalam sejumlah film untuk pasar Jepang. 

Kendati begitu, namanya yang dikenal luas di Jepang dan kalangan penggemar anime di seluruh dunia lewat kontribusinya dalam mengenalkan karakter Nobita. Ohara mengisi suara Nobita hingga tahun 2005, yang membuatnya menjadi suara yang paling dikenal untuk karakter tersebut.

Penghargaan

Selama masa kariernya, Ohara sempat menerima penghargaan pencapaian seumur hidup dalam Seiyu Awards perdana pada 2007. Penghargaan Jepang ini memberikan kehormatan kepada pengisi suara atas performa yang luar biasa. Kontribusinya dalam industri ini bahkan diakui dengan berbagai penghargaan dan kehormatan sepanjang karirnya.

Sejumlah kritikus juga menyebut Ohara sebagai salah satu pengisi suara yang membuka jalan bagi generasi baru pengisi suara wanita di Jepang. Kemampuannya untuk membawa karakter anime menjadi hidup dengan emosinya yang mendalam dan penampilan yang autentik membuatnya menjadi teladan bagi banyak orang. 

Dia dikenal tidak hanya karena kemampuan aktingnya, tetapi juga karena dedikasinya terhadap pekerjaannya dan pengaruh positifnya dalam komunitas pengisi suara. Perannya dalam membentuk karakter-karakter yang dicintai di seluruh dunia memastikan bahwa dia akan selalu dikenang sebagai salah satu pionir sejati dalam industri ini.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Doraemon the Movie: Nobita's Sky Utopia yang Tayang 9 Juli 2023

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Bahaya Kesehatan dari Makanan Berpengawet

BERIKUTNYA

Tahapan Prosedur LAMS untuk Menurunkan Berat Badan, Kapan Hasilnya Bisa Terlihat?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: