Bob Newhart (Sumber gambar: www.bobnewhartofficial.com)

Bob Newhart, Komedian Legendaris yang Populer dengan Gaya Humor Deadpan

21 July 2024   |   14:52 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Dunia komedi global tengah berduka. Pasalnya, aktor sekaligus komedian ternama, Bob Newhart, dikabarkan meninggal dunia. Legenda stand up comedy Amerika Serikat ini meninggal dunia pada usia 94 tahun setelah menderita komplikasi penyakit yang menimpanya dalam beberapa tahun terakhir.

Newhart dikenal meraih ketenaran sebagai komika yang mempopulerkan gaya komedi deadpan. Ini adalah gaya komedi yang unik karena lelucon yang dilontarkannya dibawakan dengan wajah datar tanpa ekspresi.

Baca juga: Rekomendasi Stand Up Comedy Special di Netflix untuk Merayakan Hari Tawa Sedunia

Ciri khas lainnya adalah karena humornya kerap kali penuh observasional. Dia kemudian mencoba meramu komedinya dengan terampil dan terkadang diselingi sindiran yang bersahaja.

Menukil IMDB, gaya komedi khas dari Newhart tersebut dipengaruhi oleh tiga sosok yang menjadi idolanya, yakni George Gobel, Ray Goulding, dan Bob Elliot. Selain itu, pengalaman hidup juga menempanya jadi komedian yang punya karakter kuat.

Newhart dibesarkan di sekitar Chicago, Amerika Serikat, dekat sekolah Katolik Roma setempat. Setelah lulus, dia mendaftar di Universitas Loyola Chicago dan berhasil mendapat gelar sarjana dalam manajemen bisnis.

Tak lama setelah lulus, Newhart direkrut menjadi Angkatan Darat Amerika Serikat. Dia bertugas sebagai manajer personalia untuk Angkatan Darat selama Perang Korea (1950-1953). Setelah itu, dirinya melanjutkan studi dengan mendaftar di sekolah hukum, meski akhirnya tak menyelesaikannya.

Newhart sempat bekerja di perusahaan yang memproduksi bahan bangunan, tetapi tak lama. Kariernya justru mulai terlihat saat dirinya banting setir dan menjadi copywriter pada 1958. Walau pekerjaan ini cukup membuat stres, dirinya berusaha bertahan.

Untuk menghibur diri, Newhart memilih bertelpon dengan rekan kerjanya yang ramah. Dia kerap iseng bercerita seolah sedang berskenario. Dari aktivitas ini, bakatnya sebagai penulis sekaligus komedian justru muncul.

Dia lalu merekam rutinitasnya ini ke kaset audisi dan mengirimkan ke stasiun radio. Pada 1959, dirinya mulai tampil sebagai komedian tunggal di klub malam hingga akhirnya menandatangani kontrak rekaman bersama Warner Bros Records.

Newhart menjadi terkenal terutama melalui rilisan audionya. Album komedinya The Button-Down Mind of Bob Newhart (1960) menjadi album komedi pertama yang menempati posisi nomor satu di tangga lagu Billboard. Karya ini juga membuatnya memperoleh Penghargaan Grammy 1961 untuk Artis Baru Terbaik.

Pada 1962, Newhart membuat debut filmnya dalam film perang Hell Is for Heroes. Dirinya lantas sering muncul sebagai bintang tamu di televisi selama tahun-tahun berikutnya.

Namun, salah satu masterpiece darinya adalah ketika membintangi The Bob Newhart Show. Dia memerankan karakter Robert Bob Hartley, seorang psikolog Chicago yang dikelilingi oleh pasien eksentrik, rekan kerja, teman, dan anggota keluarga.

Kariernya terus melesat. Dari awalnya komedi, Newhart mulai masuk banyak proyek sitkom, film, hingga teater. Bob telah meraih banyak kesuksesan di dunia televisi dan film serta telah menjadi pembawa acara Tonight Show sebanyak 87 kali.

Baca juga: Profil David Sanborn, Pemain Saksofon Legendaris Meninggal Usia 78 Tahun

Pada 2015, Bob menerima “Lifetime Achievement Award” dari Publicists Guild of America, bersama presiden Motion Picture Academy Cheryl Boone Isaacs. Selama karier, Bob Newhart menerima tiga Grammy, satu Emmy dan Golden Globe. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Peluang & Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal AFF U-19

BERIKUTNYA

Mengenal Karakter & Gaya Desain Interior Modern & Klasik Ala Prasetio Budhi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: