Ilustrasi sepak bola (Sumber gambar: Unsplash/ Liam McKay)

Peluang & Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal AFF U-19

21 July 2024   |   14:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Indonesia kembali meraih hasil positif pada ajang Piala AFF U-19 2024. Skuad Garuda Muda sukses meraih kemenangan keduanya setelah berhasil mengalahkan timnas Kamboja di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Dalam pertandingan tersebut, timnas Indonesia memang menang dengan skor 2-0 atas Kamboja. Namun, kemenangan ini didapat oleh tim asuhan Indra Sjafri dengan susah payah.

Baca juga: Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024 Pilihan Indra Sjafri

Pertandingan berlangsung sengit sejak menit awal. Meski mendominasi, timnas Indonesia cukup kesulitan dalam meramu serangan. Skema cut back kerap kali dipertontonkan, tetapi masih juga belum mbisa menembus gawang lain.

Skema yang kerap jadi andalan timnas era Indra Sjafri ini bahkan cenderung terus dicoba tanpa ada variasi yang berarti. Hasilnya, Kamboja menjadi lebih mudah untuk mengantisipasi serangan Indonesia.

Pada babak pertama, Indonesia kerap menyerang dari sayap kanan dan kiri. Adapun lini tengah Indonesia terbilang belum berjalan optimal. Skor imbang pun bertahan hingga jeda babak pertama.

Garuda muda baru bisa mencetak gol pada menit 71. Kadek Arel memecah kebuntuan lewat sundulan indahnya yang tak mampu dihalau kiper Kamboja. Sekitar 15 menit berselang, giliran Iqbal Gwijangge yang mencatatkan namanya di papan skor.

Seusai laga, Indra Sjafri pun mengakui kalau timnya kesulitan membongkar pertahanan lawan. Menurutnya, hal ini terjadi karena Kamboja bermain sangat bertahan dengan mengandalkan formasi 5-3-2.

“Karena yang kita hadapi tadi mereka itu bermain dengan tim deep defending, benar-benar butuh kesabaran, butuh sirkulasi bola yang lebih cepat,” ucap Indra dalam keterangan resmi PSSI, dikutip Hypeabis.id, Minggu (21/7/2024).

Dengan kemenangan ini, Indonesia berhasil memperbesar peluang menuju semifinal. Sebab, sebelum membekuk Kamboja 2-0, Garuda Nusantara juga terlebih dahulu mampu menang telak 6-0 atas Filipina pada laga pertama.
 


Skenario Timnas Indonesia Lolos Semifinal

Hasil dua kemenangan ini membuat Indonesia kini tercatat sebagai tim yang belum terkalahkan di Grup A. Indonesia juga berhasil meraih 6 poin dan menjadi modal bagus untuk menatap semifinal Piala AFF U-19.

Sebagai gambaran, timnas Indonesia saat ini berada di puncak klasemen Grup A Piala AFF U-19 2024. Di bawahnya, Timor Leste dan Filipina menempel ketat dengan raihan tiga poin. Adapun, Kamboja berada di urutan terakhir dan dipastikan tidak lolos ke babak semifinal.

Saat ini, hanya tersisa satu pertandingan saja. Timnas Indonesia akan menghadapi saudara lama, yakni Timor Leste. Sementara itu, Filipina akan berhadapan dengan Kamboja.

Jika Indonesia ingin lolos ke babak semifinal, hasil imbang melawan Timor Leste sebenarnya sudah cukup. Sebab, tambahan satu poin saja sudah bisa membuat poin Indonesia tak mungkin bisa dikejar tim lain di Grup A.

Bahkan, jika Indonesia mengalami kekalahan melawan Timor Leste, Garuda Muda masih bisa lolos ke semifinal. Dengan catatan, Indonesia tak boleh kalah dengan selisih empat gol dan Filipina tak boleh menang dengan selisih 12 gol atas Kamboja.

Dengan skenario tersebut, peluang Indonesia melaju ke semifinal sangat terbuka lebar. Pertandingan Indonesia vs Timor Leste akan berlangsung pada Selasa, tanggal 23 Juli 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pukul 19.30 WIB. Sejalan dengan laga tersebut, ada laga lain antara Kamboja dan Filipina di Stadion Gelora 10 Nopember pukul 19.30 WIB.


Klasemen Sementara Grup A AFF U-19

  1. Indonesia: 6 poin (+8 selisih gol)
  2. Timor Leste: 3 poin (-1 selisih gol)
  3. Filipina: 3 poin (-4 selisih gol)
  4. Kamboja: 0 poin (-3 selisih gol)
Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Mengintip Interior The Twins, Rumah Mungil di Gang Sempit yang Sabet Architizer Awards

BERIKUTNYA

Bob Newhart, Komedian Legendaris yang Populer dengan Gaya Humor Deadpan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: