Kuliner berbahan dasar salmon dari Australia (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Menggugah Selera, Cicipi Berbagai Olahan Salmon dari Negeri Kanguru

16 July 2024   |   13:36 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Australia, negeri berjuluk Kanguru yang menyimpan keindahan alam ini juga populer dengan kekuatan pangannya. Lewat keragaman bahan makanan berkualitas, Australia berhasil dilirik chef-chef di dunia dengan berbagai komoditas andalannya.

Dunia kuliner mungkin familiar dengan kualitas daging sapi Australia yang sudah tak perlu diragukan lagi. Namun rupanya, Australia juga memiliki banyak bahan makanan andalan yang tak kalah berkualitas. 

Baca juga: Hidangan Kaya Rempah Tradisional dalam Balutan Kuliner Modern Ala August
 
Negara dengan julukan Benua Hijau ini memiliki bahan komoditas berupa sayur dan buah seperti apel soluna, rainbow chard, caulini, dan lainnya yang populer dalam industri dapur. Tak hanya komoditi tumbuhan, Australia juga dikenal dengan keunikan komoditas ikannya. Salah satu jenis ikan yang sering menarik perhatian dunia kuliner global adalah salmon.
 
Chef Patron of MDA Restaurants Andri Dionysius mengatakan, salmon dari Australia memiliki karakteristik yang berbeda. Dalam agenda lokakarya Austrade, Meat & Livestock Australia (MLA), dan AUSVEG, Chef Andri menjelaskan jika salmon Australia memiliki bentuk sirip unik yang cenderung melebar.
 

Salmon dari Australia (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Salmon dari Australia (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Sembari menampilkan keterampilan dalam mengolah salmon, Chef Andri menyatakan bahwa salmon merupakan jenis ikan yang hampir bisa dimanfaatkan seluruhnya untuk masakan. Misalnya, bagian dagingnya untuk olahan steak, hingga bagian siripnya yang bisa digunakan untuk sup. Maka, teknik memotong salmon pun tak boleh sembarang.

“Dalam dunia kuliner ada banyak style memotong salmon agar hampir seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan. Ada Japanese style yang melewati 3-step, hingga western style yang biasanya dipotong langsung dari spike bone-nya,” kata Chef Andri.

Menggunakan salmon dari pulau paling selatan di Australia yakni Tasmania, Chef Andri menyampaikan bahwa kunci dari kelezatan ikan sudah dimulai dari cara tumbuh kembang ikan yang juga berkaitan dengan tempat hidup sampai tingkat stres ikan. Biasanya, satu buah salmon segar bisa memiliki berat antara 4-5 kg dalam ukuran normal.
 

Kuliner berbahan dasar salmon dari Australia (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Kuliner berbahan dasar salmon dari Australia (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)


Olahan salmon yang lezat sering menonjolkan tekstur lembut di bagian dalam dan crispy di bagian luar. Untuk membuat tekstur yang demikian, diperlukan teknik memasak yang khusus untuk mempertahankan rasa asli salmon.

Untuk produk olahan laut yang satu ini, Chef Andri sering menggunakan metode ‘dry age’, khususnya untuk salmon. Tujuannya adalah menurunkan kadar air supaya rasa asli daging dari salmon lebih terkonsentrasi saat dimasak ke dalam berbagai jenis hidangan.
 
“Musuhnya crispy itu water. Maka supaya less water, metode dry age bisa digunakan untuk membuat bagan daging salmon lebih concentrated,” katanya. Metode ini bisa digunakan untuk hidangan olahan salmon menjadi berbagai kreasi, mulai dari salmon yang dipanggang, hingga potongan sashimi yang segar dan lezat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Intip Keindahan Curug Naga, Wisata Air Terjun yang Memacu Adrenalin

BERIKUTNYA

Resep Moist Tiramisu Steam Cake with Choco Ganache, Bisa Buat Sendiri di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: