Croissant dinobatkan sebagai salah satu menu sarapan terbaik di dunia. (Sumber gambar: Valeriya/Pexels)

10 Menu Sarapan Terenak & Terbaik di Dunia, Genhype Sudah Coba?

13 July 2024   |   11:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

8. Beyran Corbasi (Turki)

Beyran corbasi adalah sup tradisional Turki yang berasal dari Gaziantep, nama tempat sup ini disajikan untuk sarapan. Sup ini terdiri dari lemak domba yang diolah dan diberi nasi serta isian daging domba suwir. Campuran tersebut kemudian dimasak dengan tambahan bawang putih, pasta cabai, dan kaldu domba.

Sup ini terkenal dengan rasa pedasnya, sehingga menjadi cara yang tidak biasa sebagai menu sarapan untuk mengawali hari. Sebagai opsi, sup ini juga dapat disajikan dengan irisan lemon dan roti Turki segar di sampingnya. 


9. Jianbing (China)

Jianbing adalah makanan sarapan favorit di China yang dijual oleh banyak pedagang kaki lima di pagi hari. Jianbing atau panekuk goreng adalah panekuk tipis dan gurih mirip krep yang dibuat dengan mengoleskan adonan di atas lempengan besi panas dengan dayung kayu.Adonannya dapat dibuat dengan berbagai jenis tepung, dan yang paling umum adalah tepung kacang hijau, tepung kacang hitam, dan tepung terigu. 

Pancake goreng ini selalu disiapkan segar dan hangat, biasanya diberi telur, lalu dibumbui dengan berbagai saus seperti saus cabai, saus hoisin, atau saus tianmianjiang (pasta kacang gurih). Diisi dengan bahan-bahan seperti daun bawang, acar mustard, lobak, daun bawang, daun ketumbar, atau bahkan protein seperti sosis China atau ayam.


10. Burek (Bosnia)

Burek terdiri dari lapisan adonan filo yang diisi dengan berbagai isian gurih. Meskipun berasal dari Turki, hidangan ini telah berkembang menjadi salah satu kuliner nasional khas Bosnia. Sebagian besar masyarakat lokal mengklaim bahwa burek yang asli hanya dengan isian daging sapi giling. Meski demikian, seiring waktu, banyak juga burek muncuk dengan isian lain seperti sirnica (keju cottage), zeljanica (bayam), dan krompirusa (kentang).

Burek biasanya dipanggang dan digulung hingga berbentuk seperti siput. Jenis ini biasanya ditemukan di toko roti, sementara restoran tradisional sering membuatnya dalam bentuk pai, yang diiris menjadi empat bagian sebelum disajikan. 

Hidangan ini sangat populer di seluruh Balkan, termasuk di Bosnia dan Herzegovina. Sangking pentingnya makanan satu ini, muncul peribahasa lokal yang menyatakan bahwa jika seorang wanita dapat membuat burek yang baik, dia memenuhi syarat untuk menikah.

Editor: Fajar Sidik 
1
2


SEBELUMNYA

Yura Yunita, Reza Rahadian hingga Anya Geraldine Bicara Manfaat AI

BERIKUTNYA

Seniman Amerika-Pantai Gading Aboudia Gelar Pameran Tunggal di ArtMoments Jakarta 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: