Samsung Galaxy Ring. (Sumber gambar: Samsung)

5 Fakta Menarik Galaxy Ring, Cincin Pintar Titanium yang Dirilis Samsung

12 July 2024   |   21:59 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Samsung akhirnya meluncurkan Galaxy Ring dalam gelaran Galaxy Unpacked. Cincin pintar ini diklaim sebagai paket lengkap untuk pemantauan kesehatan dan kebugaran dalam bentuk yang ringkas dan stylish, layaknya perhiasan biasa. Tampil sebagai cincin yang dibingkai dengan titanium dan memiliki pilihan warna hitam, perak, serta emas, Galaxy Ring membawa evolusi baru bagi jajaran perangkat wearable Samsung.

Presiden dan Kepala Mobile eXperience Business di Samsung Electronics TM Roh mengatakan penambahan terbaru pada portofolio produk wearable ini mengintegrasikan teknologi dan inovasi paling canggih dari Samsung.

“Memungkinkan Anda mengendalikan kesehatan dan kebugaran dengan solusi perawatan kesehatan preventif,” ujarnya saat mengenalkan Galaxy Ring. 

Baca juga: Bocoran Harga Samsung Galaxy Ring Ditaksir Tembus Rp5 Juta

Galaxy Ring menghadirkan pendekatan langsung terhadap kesehatan, menawarkan pemantauan kesehatan, pelacakan, dan wawasan yang dipersonalisasi sambil dikenakan dengan nyaman di jari, bahkan saat tidur. Buat kalian yang penasaran, berikut fakta-fakta menarik dari cincin pintar Samsung ini. 


1. Ada 3 Varian Galaxy Ring

Galaxy Ring hadir dalam tiga pilihan warna, yakni hitam, perak, dan emas. Cincin pintar ini juga tersedia dalam 9 ukuran, mulai dari size 5 hingga size 13. 

Beratnya juga bervariasi berdasarkan ukurannya. Cincin Galaxy size 5 memiliki berat 2,3 gram, ukuran 6 beratnya 2,4 gram, 7 punya berat 2,4 gram, dan ukuran 8 beratnya 2,6 gram. Kemudian untuk ukuran 9 beratnya 2,7 gram, ukuran 10 sebesar 2,8 gram. Lalu, size 11, 12, dan 13  bobotnya 3 gram.


2. Tahan Air

Galaxy Ring memiliki tingkat ketahanan air 100 meter sesuai standar ISO22810. Pengujian dilakukan dalam air garam 5 persen dan air klorin 4ppm. Galaxy Ring juga tahan air dengan rating IP68 berdasarkan uji lab untuk perendaman di air tawar hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Namun, cincin pintar ini tidak cocok untuk aktivitas air bertekanan tinggi dan dipakai saat aktivitas menyelam. 

Kalian bisa menggunakan Galaxy Ring ketika berenang di kolam atau pantai. Perlu dicatat, ketahanan terhadap air bukanlah kondisi permanen dan dapat berkurang seiring berjalannya waktu. Jika cincin ini terkena air laut, sebaiknya bilas dengan air bersih dan keringkan setelah digunakan.


3. Baterai Tahan Hingga Seminggu

Untuk size 12 dan ukuran 13, daya tahan baterai Galaxy Ring bisa mencapai 7 hari dengan sekali pengisian daya. Daya tahan baterai bervariasi berdasarkan ukuran cincin. 

Untuk size 5, 6, 7, 8, 9, 10, asa pakai baterai bertahan hingga 6 hari dengan sekali pengisian daya. Pengujian dilakukan oleh Samsung menggunakan kabel USB tipe C Fast Charging dan Adaptor Daya USB tipe C Samsung 25W. 

Waktu pengisian daya bervariasi menurut pengaturan, pola penggunaan, dan faktor lingkungan. Saat pengisian daya, cincin ini dilengkapi pencahayaan LED untuk menunjukkan status pengisian. 


4. Harus Dipasangkan ke Smartphone

Galaxy Ring harus dipasangkan dengan ponsel Samsung yang menggunakan sistem Android 11.0 atau lebih tinggi. Setidaknya kamu harus memiliki memori minimum 1,5 GB. Adapun penyimpanan pada cincin ini sebesar 8MB.

Kamu juga perlu mengaktifkan aplikasi Samsung Health untuk menggunakan Galaxy Ring. Semua data dan wawasan diintegrasikan ke dalam Samsung Health untuk akses tanpa batas dalam satu platform tanpa berlangganan. 


5. Punya Segudang Fitur Galaxy Ring

Galaxy Ring punya banyak fitur pemantauan yang bisa dimanfaatkan pengguna. Dengan algoritma AI pada fitur pelacakan tidur, kamu bisa memahami pola tidur dengan mudah dan membangun kebiasaan tidur yang lebih baik. 

Dengan fitur ini kamu bisa mendeteksi dengkuran, pergerakan saat tidur, latensi tidur, detak jantung, dan pernapasan untuk memberikan analisis kualitas tidur yang mendetail dan akurat. Ada pula fitur pelacakan siklus menstruasi melalui pemantauan suhu kulit. Fitur ini tidak akan berfungsi buat kamu yang memakai alat kontrasepsi atau sedang menjalani terapi hormon.
 
Fitur lainnya yakni skor energi yang mendukung Galaxy AI untuk meningkatkan kesadaran tentang pengaruh kesehatan terhadap kehidupan sehari-hari. Skor ini dihitung dengan mengevaluasi kondisi fisik dan mental berdasarkan empat faktor penting yakni tidur, aktivitas, detak jantung saat tidur, dan variabilitas denyut jantung saat tidur. 

Kalian dapat menerima pesan yang dipersonalisasi dan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan melalui Wellness Tips yang tersedia di ponsel Android.
 
Galaxy Ring juga mendukung pemantauan kesehatan jantung dengan fitur peringatan denyut jantung. Fitur ini memberikan pemberitahuan instan mengenai detak jantung yang sangat tinggi atau rendah secara real-time melalui aplikasi Samsung Health. 

Cincin pintar ini turut membantu dalam mempertahankan gaya hidup aktif dan tetap termotivasi dengan pelacakan berjalan dan berlari otomatis melalui fitur deteksi latihan otomatis . Selain itu, kamu dapat mengambil foto atau mematikan alarm di smartphone Galaxy dengan melakukan double pinch melalui Gestures dan menemukan lokasi Galaxy Ring melalui smartphone dengan Find My Ring di Samsung Find. 

Baca juga: Tidak Jauh Beda dari Flip 5? Cek Harga & Fitur Terbaru Galaxy Z Flip 6

Galaxy Ring belum tersedia di pasar gawai Indonesia. Untuk perangkat wearable, Samsung hanya meluncurkan Galaxy Watch 7, Galaxy Watch Ultra, dan seri Galaxy Buds 3. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Suguhkan Adegan Gore yang Kental, Film Pusaka Punya 2 Versi Rating 17 Tahun & 21 Tahun

BERIKUTNYA

Jajaran Merek Otomotif Baru Tampil Perdana di GIIAS 2024, BYD hingga VinFast

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: