The Conjuring (Sumber Foto: Imdb)

Film Terakhir Waralaba The Conjuring Dijadwalkan Tayang 5 September 2024

11 July 2024   |   16:09 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Warner Bros mengumumkan The Conjuring akan merilis film keempatnya yang dijadwalkan tayang 5 September 2025 mendatang. Mengutip Hollywood reporter, Kamis (11/7/24), film teranyar The Conjuring ini akan menjadi rilisan terakhir dari seri horor tersebut.

Meski begitu, Warner Bros belum mengumumkan judul resmi film The Conjuring 4. Sampai saat ini, franchise The Conjuring telah mengalami perkembangan cerita yang luas di semestanya lewat film-film prekuel, sekuel, serta spin-offnya. Melalui rangkaian film horor tersebut, kita mengenal tokoh-tokoh ikonik seperti Annabelle, The Nun atau Valak, serta pasangan paranormal Ed dan Lorraine Warren.

Baca juga: 9 Urutan Film di Semesta The Conjuring, Wajib Nonton Sebelum The Nun 2

Waralaba The Conjuring dibuka dengan film The Conjuring (2013) yang disutradarai oleh James Wan. Dibintangi oleh Vera Farmiga dan Patrick Wilson, yang berperan sebagai Ed dan Lorraine Warren. Ceritanya diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh seorang paranormal bernama Warren.

Film ini mengisahkan tentang Ed dan Lorraine Warren yang membantu keluarga Perron (Ron Livingston dan Lili Taylor), di mana mereka mengalami peristiwa-peristiwa mistis di rumah mereka di Harrisville, Rhode Island, pada 1971.

Satu tahun setelahnya, saga The Conjuring berkembang dengan perilisan Annabelle (2014) yang disutradarai oleh John R. Leonetti, diproduksi oleh James Wan, dan ditulis oleh Gary Dauberman. Film ini adalah prekuel dan spin-off dari The Conjuring. Ceritanya terinspirasi dari boneka Annabelle yang di dalamnya bersemayam roh jahat. Siapapun yang memiliki boneka ini akan celaka.

Waralaba The Conjuring berlanjut dengan dirilisnya The Conjuring 2 (2016) yang masih disutradarai James Wan. Patrick Wilson dan Vera Farmiga mengulangi peran mereka sebagai paranormal Ed dan Lorraine Warren. Kisahnya mengikuti Warrens saat mereka melakukan perjalanan ke Inggris untuk membantu keluarga Hodgson yang diganggu oleh makhluk halus di rumah mereka di Enfield pada 1977.

Selanjutnya seri Annabelle juga berlanjut dengan sekuelnya, yakni Annabelle: Creation (2017). Disutradarai oleh David F. Sandberg dan naskahnya ditulis oleh Gary Dauberman. Dibintangi oleh Stephanie Sigman, Talitha Bateman, Anthony LaPaglia dan Miranda Otto. Film ini mengisahkan asal muasal boneka Annabelle. Dalam adegan pasca-kredit Annabelle: Creation, memperlihatkan Valak atau The Nun yang berjalan di aula Câr?a Monastery di Rumania pada era 1952.

Setelah menonton Anabelle: Creation banyak orang yang penasaran dengan kisah hantu biarawati asal Rumania tersebut. Akhirnya, Warner Bros merilis spin-off berjudul The Nun (2018) yang disutradarai oleh Corin Hardy dan naskahnya ditulis oleh Gary Dauberman dan James Wan.

Berlatar di Rumania pada 1952, dua biarawati yang tinggal di Biara Câr?a diserang sebuah kekuatan mistis saat memasuki sebuah terowongan untuk mengambil kembali sebuah pusaka peninggalan kekristenan. Biarawati yang selamat, Suster Victoria lari dari setan yang berwujud biarawati, lalu menggantung dirinya sendiri. Tubuhnya ditemukan oleh Frenchie, seorang warga desa yang mengangkut persediaan untuk para biarawati.

Waralaba The Conjuring dilanjutkan dengan film ketiga Annabelle yang berjudul Annabelle: Comes Home (2019). Mengisahkan Ed dan Lorraine Warren yang sepakat untuk meletakkan boneka Annabelle di ruang khusus dalam lemari kaca suci, setelah diberkati seorang pendeta.

Namun malapetaka datang saat Annabelle membangunkan roh-roh jahat yang ada di ruangan itu. Putri mereka, Judy Warren (Mckenna Grace) dan temannya menjadi target teror baru Annabelle dan iblis jahat lainnya.

Setelah Annabelle 3, diikuti dengan The Conjuring: The Devil Made Me Do It yang disutradarai Michael Chaves dan naskahnya ditulis oleh David Leslie Johnson-McGoldrick dari cerita yang dibuat oleh Johnson-McGoldrick and James Wan. 

Kisahnya bermula pada 1981, kala itu Ed dan Lorraine Warren diminta untuk mendampingi prosesi eksorsis terhadap seorang anak kecil bernama David Glatzel (Julian Hilliard). Makhluk jahat itu mengincar David, bahkan membuatnya menyerang orang tuanya.

Namun, setan yang merasuki David jauh lebih kuat sehingga proses eksorsis berjalan kacau, sampai mengancam keselamatan Ed dan Lorraine Warren. Di tegah kekacauan itu, pemuda bernama Arne Johnson (Ruairi O'Connor) yang ikut membantu eksorsis berusaha menyadarkan David. Demi menolong David, Arne menyerahkan dirinya pada iblis tersebut. Eksorsis David berakhir begitu saja dan penderitaan pun Arne dimulai.

Kisah dalam semesta The Conjuring terus berlanjut dengan dirilisnya sekuel The Nun yang tayang pada 2023. Ini juga sekaligus menjadi rilisan terbaru dari waralaba tersebut. The Nun 2 disutradarai oleh Michael Chaves dan dibintangi Taisa Farmiga, Anna Popplewell, hingga Bonnie Aarons.

Masih berlatar tahun 1956, bermula dari pembunuhan seorang pendeta, Suster Irene (Taissa Farmiga) sekali lagi berhadapan dengan kekuatan jahat yang sangat besar, yakni Valak sang biarawati iblis yang mengancam kedamaian hidupnya serta orang-orang di sekitarnya.

Sementara itu, proyek The Conjuring 4 belum mengumumkan plot maupun deretan pemeran secara detail. Namun, Patrick Wilson dan Vera Farmiga kemungkinan akan kembali didapuk menjadi pemeran utama. Michael Chaves juga diprediksi akan ikut terlibat sebagai sutradara setelah menggarap satu film The Conjuring 3, The Nun II, hingga The Curse of La Llorona (2019).

Baca juga: Rumah Asli Film Conjuring Dijual US$1,2 Juta, Berminat?

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Dibanderol Mulai Rp26 Juta, Cek Fitur Baru di Galaxy Z Fold 6

BERIKUTNYA

Resep Soto Lamongan Lengkap dengan Koya Gurih ala Chef Devina

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: