Ilustrasi sepak bola (Sumber gambar: Unsplash/ Pedro Menezes)

Fakta Pertandingan Spanyol vs Prancis: Duel 'Harga Diri' Dua Tim Raksasa Sepak Bola Eropa

09 July 2024   |   19:37 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Spanyol dan Prancis akan berduel dalam laga semifinal EURO 2024. Pertemuan antara dua tim raksasa sepak bola Eropa ini akan digelar di Allianz Arena atau Munich Football Arena pada Rabu (10/7/2024) pukul 02.00 WIB dini hari.

Spanyol dan Prancis sama-sama berebut satu tiket menuju ke babak final. Duel kedua negara besar ini diprediksi berjalan sengit dan menjadi pertaruhan 'harga diri' keduanya. Sebab, ada motivasi besar yang dimiliki kedua tim untuk menembus babak pamungkas sekaligus menjadi juara turnamen ini.

Baca juga: Jadwal & Link Streaming Semifinal UEFA Euro 2024, Spanyol vs Prancis & Belanda vs Inggris

Dua tim ini juga tercatat tampil apik sepanjang turnamen. Spanyol sejauh ini menjadi tim yang paling bersinar di EURO 2024, dengan menjadi satu-satunya tim yang memenangkan lima pertandingan mereka.

Tim ini juga berada di posisi teratas dengan jumlah 11 gol dalam 102 percobaan serangan ke gawang lawan. Namun, tim berjuluk La Roja ini diprediksi tak akan bisa menang mudah.

Sebab, saat ini mereka berhadapan dengan Prancis, tim yang berbeda dari lawan-lawan mereka saat laga grup dan perempat final. Les Bleus mencatatkan empat clean sheet dalam lima pertandingan mereka sejauh ini. Prancis juga memiliki motivasi besar mengincar final turnamen utama keempat dalam 8 tahun terakhir.

Prancis cukup sering menembus babak final berbagai kejuaraan dalam 8 tahun terakhir dan tercatat sebagai rekor yang luar biasa. Tim ini membuktikan diri tak hanya piawai mengolah si kulit bundar, tetapi juga para pemainnya memiliki mentalitas yang kuat.

Dilihat dari sisi head to head, Spanyol vs Prancis terbilang cukup seimbang dalri segi materi materi pemain. Kedua tim sejauh ini telah bertemu sebanyak 36 kali di semua ajang. Spanyol tercatat unggul dengan raihan 16 kemenangan, sedangkan Prancis sudah mengoleksi 13 kemenangan. Adapun 7 laga lain berakhir imbang.

Pelatih Spanyol Luis de la Fuente mengatakan timnya menyadari betul bahwa kini lawan yang dihadapi adalah salah satu negara adikuasa dalam sepak bola. Luis menilai Prancis adalah tim yang hebat, punya pemain dengan fisik kuat, cepat, dan permainan individu yang baik.

“Tidak diragukan lagi, mereka memiliki beberapa pemain terbaik di dunia. Kami akan menunjukkan semua potensi kami. Saya pikir kami berada di level yang sama dengan mereka, baik secara kolektif maupun individu,” ucapnya dikutip Hypeabis.id dari laman resmi UEFA.

Sementara itu, Pelatih Prancis Didier Deschamps mengakui kalau laga ini, akan berjalan berat. Menurutnya, Spanyol adalah tim EURO terbaik sejauh ini dan telah meninggalkan kesan sangar sepanjang pertandingan yang sudah dilakoni.

“Spanyol memiliki lini tengah yang bagus sehingga mampu mengendalikan permainan. Rodri khususnya sangat penting bagi tim Spanyol, tetapi semua pemain mereka juga penting,” imbuhnya.
 

Jejak Spanyol Menuju Semifinal

Grup B
Spanyol 3-0 Kroasia (Morata 29, Fabián Ruiz 32, Carvajal 45+2)
Spanyol 1-0 Italia (Calafiori dan 55)
Spanyol 1-0 Albania (Ferran Torres 13)
Babak 16 besar
Spanyol 4-1 Georgia (Rodri 39, Fabián Ruiz 51, Williams 75, Olmo 83; Le Normand og 18)
Perempat final
Spanyol 2-1 vs Jerman (Dani Olmo 51, Merino 119; Wirtz 89)


Jejak Prancis Menuju Semifinal

Grup D
Prancis 1-0 Austria (Wöber dan 38)
Prancis 0-0 Belanda
Prancis 1-1 Polandia (Mbappé 56 pen; Lewandowski 79 pen)
Babak 16 besar
Prancis 1-0 Belgia (Vertonghen dan 85)
Perempat final
Prancis 0-0 Portugal (5-3 adu penalti)

Baca juga: Rekap Hasil Pertandingan Perempat Final EURO 2024, Jerman Tumbang hingga Inggris Melaju


Pertemuan Terakhir Prancis vs Spanyol

(11-10-2021) Prancis vs Spanyol 2-1
(28-03-2017) Prancis vs Spanyol 0-2
(04-09-2014) Prancis vs Spanyol 1-0
(26-03-2013) Prancis vs Spanyol 0-1
(16-10-2012) Prancis vs Spanyol 1-1

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Label Musik yang Sukses Orbitkan Mikha Angelo & Rendy Pandugo Ucapkan Sayonara

BERIKUTNYA

Pakar IT Beberkan Keanehan Geng Brain Chiper yang Serang PDNS 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: