Pemandangan Matahari Terbenam di Sungai Greenbelt (Sumber foto: Instagram/greenbeltpik2)

Rekomendasi Wisata Gratis di PIK: Ada Pantai Pasir Putih dan Greenbelt

09 July 2024   |   20:10 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Pantai Indah Kapuk atau yang lebih dikenal dengan sebutan PIK, menjadi magnet bagi para pengunjung untuk berwisata dan sekaligus kulineran di utara Jakarta. Terletak di atas pulau buatan teluk Jakarta, PIK menjadi oase baru bagi para pengunjung untuk menikmati wisata pantai. 

Sebagai pulau reklamasi yang didesain sebagai kawasan komersial dan wisata, PIK juga dikenal sebagai surga kuliner yang menawarkan berbagai hidangan lezat dari berbagai penjuru dunia.

Baca juga: Eksotisme Lautan Bangka di Pantai Tikus Emas

Dari makanan lokal hingga cita rasa internasional, ada banyak spot di PIK yang menyuguhkan pengalaman kuliner yang berbeda, yang pas dinikmati sambil bersantai di tepi pantai atau suasana foodcourt tematik yang bikin betah.

Buat kalian yang ingin menikmati wisata gratisan dengan ragam pilihan kuliner, berikut ini rekomendasi tempat wisata di PIK yang dirangkum dari Instagram resmi setiap tempat wisata: 


1. Pantjoran Chinatown

Pantjoran Chinatown yang berlokasi di kawasan Golf Island, Pantai Indah Kapuk, merupakan destinasi wisata gratis yang wajib dikunjungi bagi para pencinta kuliner dan budaya. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 23.00 WIB, dengan menawarkan berbagai pengalaman kuliner yang beragam di tengah suasana yang kental dengan budaya Tionghoa. 

Ketika menuju area Pantjoran Chinatown, kalian akan disambut deretan bangunan bergaya klasik Tionghoa yang dihiasi lentera merah dan dekorasi artistik yang keren. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke sini untuk berfoto-foto, dengan memanfaatkan latar belakang gaya arsitektur bangunan kuil untuk menghasilkan gambar yang Instagramable.

Pantjoran Chinatown pun jadi surga bagi petualang kuliner karena menawarkan berbagai pilihan makanan yang menggugah selera. Di sini kalian bisa menemukan berbagai macam hidangan, baik yang halal maupun non-halal. Dari dimsum yang lezat hingga bakpao hangat, serta berbagai hidangan khas Tionghoa lainnya.

Ada juga kafe-kafe dengan konsep unik yang menawarkan minuman kekinian yang menyegarkan, baik teh maupun kopi. Tak hanya soal makanan, Pantjoran Chinatown juga biasanya menghadirkan hiburan yang menarik. Dalam akun Instagram resminya @pantjoranpik pada Selasa (9/7/2024), ada dua pertunjukan live music setiap harinya yang menampilkan musik tradisional Tionghoa.


2. Pantai Pasir Putih Aloha

Kawasan Pantai Pasir Putih yang di PIK 2 kalian bisa menikmati wisata Pantai Pasir Putih ini bukan hanya pantai saja, akan tetapi terdapat juga tempat kuliner yang bernama Aloha dan sebuah playground  untuk anak-anak.

Pantai Pasir Putih Aloha, dalam akun Instagram resminya @aloha.pik, buka mulai dari pukul 10.00 hingga 22.00 pada Senin-Kamis, Lalu, pada Jumat diperpanjang menjadi 10.00-24.00, sementara pada Sabtu 07.00-24.00 WIB,  serta Minggu 07.00-22.00 WIB.
.

Di kawasan ini, terdapat satu ikon Patung Dewi yang menjadi gerbang utama memasuki kawasan pantai pasir putih. Patung itu pun menjadi spot berfoto favorit para pengunjung untuk dibagikan ke media sosial mereka.

Di sekitar pantai, terdapat banyak pilihan tenda kuliner dengan sajian yang menggugah selera mulai dari menu nasi goreng, mie goreng hingga aneka jajanan camilan yang dapat dibeli dengan harga Rp40.000-Rp100.000.


3. Greenbelt 

Masih di wilayah PIK 2 yaitu Wisata Sungai Greenbelt. Di sini kalian bisa berpiknik, jogging, sampai berjalan-jalan dengan binatang peliharaan kalian sambil menyusuri sepanjang sungai yang tenang. Terbagi menjadi lima zona menarik, kawasan ini selalu mengundang pengunjung untuk menikmati berbagai aktivitas seperti triathlon, yoga, dan bersepeda.

Di zona 1, terdapat Children Playground, Viewing Deck, Bridge, Broadwalk, dan Floating Deck lengkap dengan fasilitas kamar mandi dan tempat duduk untuk bersantai. Zona 2, terdapat fasilitas penyewaan sepeda listrik Beam dan tempat makan Orange Groves.

Lalu di Zona 3, terdapat Pavilion, Bridge, dan Boardwalk dan tempat jogging trail dan goose ride serta area parkir kendaraan yang luas.

Di zona 4, biasanya ada aktivitas Yoga pada pukul 16.00-17.00, dan pukul 07.00-08.00 WIB pada Sabtu dan Minggu. Terdapat juga track untuk sepeda listrik Beam, gazebo untuk bersantai dan berteduh. Adapun di zona 5, diisi komunitas olahraga seperti triathlon, yoga, dan bersepeda.
.

Greenbelt menjadi destinasi ideal untuk berpiknik, jogging, atau sekadar berjalan-jalan memabwa hewan peliharaan. Setiap zona menawarkan pengalaman unik, dari kegiatan olahraga hingga santai, menjadikan Greenbelt destinasi yang menyenangkan untuk semua kalangan.

Baca juga: Menikmati Pesona Ufuk Pantai Tanjung Kesirat di Yogyakarta

Itulah beberapa rekomendasi menarik untuk menikmati wisata gratis di Pantai Indah Kapuk (PIK).

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sekuel Film The Devil Wears Prada Digarap Lagi Oleh Penulis Aslinya

BERIKUTNYA

Ini Daftar PR Untuk Mencetak Ahli Keamanan Siber Sesuai Standar Industri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: