Sistem operasi iOS di iPhone (Sumber gambar: Unsplash/Yura Fresh)

Daftar Fitur Terbaru iOS 18 Beta 3, Update Aplikasi Maps sampai Wallpaper Anyar

09 July 2024   |   11:13 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Apple terus melakukan pengembangan terhadap sistem operasi paling mutakhirnya, iOS 18. Terbaru, perusahaan raksasa teknologi itu meluncurkan versi teranyar, yakni iOS Beta 3 dengan berbagai fitur baru yang ada di dalamnya.

Dikutip dari laman Macrumors, manajemen telah meluncurkan versi Beta 3 dan diperkirakan akan terus meluncurkan versi lainnya selama beberapa bulan ke depan, guna menyempurnakan sistem operasinya itu sebelum resmi diluncurkan ke lebih banyak pengguna.

Dalam sistem operasi iOS 18 versi Beta 3, perusahaan menyematkan sejumlah fitur baru yang unik. Salah satu di antaranya adalah ikon Mode Gelap (Dark Mode) yang tersedia untuk banyak aplikasi pihak ketiga, seperti YouTube, Facebook, Telegram, Signal, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Fitur-fitur Terbaru iOS 18 Beta 2, Ada iPhone Mirroring

Ikon Mode Gelap ini akan otomatis muncul jika aplikasi yang terpasang dalam gawai pintar memiliki ikon dengan beberapa warna. Sementara itu, terhadap beberapa ikon, warna sekunder akan menjadi utama, sedangkan warna latar berubah menjadi hitam. 

Adapun, aplikasi dengan desain ikon rumit yang menggunakan berbagai warna tidak mengalami perubahan ke ‌Mode Gelap‌. Namun, Apple akan mewarnainya menjadi lebih gelap. Saat ‌iOS 18‌ diluncurkan, pengembang aplikasi akan dapat menyediakan ikon berwarna gelap sendiri untuk digunakan sebagai pengganti ikon bawaan Apple.

Selain Dark Mode, berikut fitur lain yang terdapat dalam iOS 18 versi Beta 3. 
 

1. Emoji dalam pesan

Fitur baru yang ada di iOS 18 Beta 3 adalah penggabungan emoji, memoji, dan stiker dalam satu antarmuka. Penggabungan ini membuatnya dapat dinavigasi menggunakan ikon kecil di bagian bawah layar.

Pengguna akan menemukan ikon yang dapat diketuk untuk membuka stiker atau memoji. Kemudian, pengguna juga dapat menggulir memoji guna menemukan karakter dan pose tertentu dengan lebih cepat. 
 

2. Aplikasi Foto

Dalam versi paling anyar dari iOS 18, manajemen menambahkan tombol "Pilih" untuk memilih beberapa gambar ke antarmuka foto utama. Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi menggeser ke bawah untuk membuka tombol Pilih. Perubahan ini membuat tombol Cari menjadi berbentuk kaca pembesar dengan latar belakang berwarna biru, sehingga lebih menonjol. 
 

3. Antarmuka senter 

Fitur lain yang terdapat dalam versi Beta 3 adalah antarmuka senter. Saat mengaktifkan senter atau mengetuk kontrol dari Dynamic Island, pengguna dapat menemukan antarmuka yang lebih besar dan intuitif. Antarmuka tersebut memiliki fungsi untuk mengubah kecerahan dan penyebaran lampu kilat LED yang digunakan untuk fitur senter. 
 

4. Wallpaper baru

Fitur paling baru lainnya adalah Wallpaper dengan versi dinamis. Tampilan warna Wallpaper dapat mengalami perubahan berbeda berdasarkan waktu. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memilih warna yang akan berubah. 
 

5. Peta

Apple juga memutuskan untuk mengubah ikon Maps dalam versi iOS 18 Beta 3. Warna perangkat lunak Maps akan mengalami perubahan ketika pengguna mengaktifkan mode gelap. 

Baca juga: Fitur-fitur Menarik iOS 18 yang Tidak Disinggung di WWDC 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jadwal & Link Streaming Semifinal UEFA Euro 2024, Spanyol vs Prancis & Belanda vs Inggris

BERIKUTNYA

70+ Kunci Jawaban Teka-teki MPLS 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: