iPhone 15 jadi perangkat yang kebagian sistem operasi iOS 18 (Sumber gambar: Unsplash/Mockup Free)

Fitur-fitur Menarik iOS 18 yang Tidak Disinggung di WWDC 

14 June 2024   |   17:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perusahaan gawai Apple belum lama ini telah menggelar presentasi rutinnya bertajuk WWDC 2024 - June 10. Di ajang tersebut, perusahaan banyak menyinggung soal pembaruan sistem operasi paling mutakhirnya, ditambah pengumuman besar soal implementasi teknologi artificial intelligence (AI). 

Di konferensi tersebut, mereka meng-highlight kehadiran Apple Intelligence, yang bakal jadi model AI andalan perusahaan. Ada sejumlah fitur menarik yang dihadirkan seperti Image Playground, Memory Movie, sampai integrasi ChatGPT ke asisten virtual mereka, Siri. 

Baca juga: Apple Intelligence Akhirnya Rilis, Ada Fitur Apa Saja?

Rencananya, Apple Intelligence bakal tersedia di perangkat Apple yang telah menginstal iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia sebagai sistem operasi baru paling terkini yang juga diungkap di ajang tersebut. 

Namun, di luar hal-hal besar yang diungkap, pembaruan sistem operasi perusahaan itu juga menghadirkan sejumlah fitur menarik. Apa saja? Simak ulasannya sebagaimana dilansir dari The Verge
 

1. Bezel yang tampak hidup 

Di iOS 18 beta, saat pengguna menekan tombol samping (tombol power dan volume), bakal ada animasi baru yang membuatnya tampak seperti menekan bezel ke layar. Hal ini menjadikan tampilan lebih hidup, dan memberi tanda tersendiri saat pengguna menekan tombol tersebut.

Selain itu, hal ini disebut-sebut bakal jadi indikator visual jika Apple jadi merilis iPhone dengan tombol samping solid-state, yang bocorannya sempat beredar beberapa waktu lalu. 
 

2. Pengaturan lampu senter 


Dengan sistem operasi terbarunya, pengguna bakal bisa mengetuk ikon senter (Flash) di iPhone, yang selanjutnya bisa dilakukan pengaturan tertentu. Ini mencakup menaikkan dan menurunkan pencahayaan serta menyesuaikan bentuk sinar yang dihasilkan. 

Namun, fitur ini tampaknya hanya berfungsi di iPhone 15 Pro, karena memiliki fitur Flash khusus yang tidak ditemukan di varian lainnya. 
 

3. Kustomisasi widget yang lebih mudah 


Sistem operasi iOS 18 memungkinkan penggunanya untuk mengatur posisi widget tampilan utama ponsel mereka. Tak hanya menggeser-geser lokasinya, kalian juga dapat menyesuaikan deretan ukuran yang diinginkan dengan menekan lama (hold) widget-nya. 
 

4. Batasan pengisian daya 

Pengguna iOS 18 juga bakal mendapatkan opsi batas pengisian daya yang lebih terperinci. Selama ini, mereka hanya bisa memilih opsi 80 persen atau 100 persen maksimal pengisian daya yang diizinkan. 

Akan tetapi, dengan sistem operasi anyarnya, pengguna bisa memilih opsi lain dengan cara menggeser pilihan antara 80 dan 100 persen, dengan jarak setiap 5 persen. Hal ini bakal memberikan penggunanya keleluasaan guna menentukan maksimum pengisian daya hingga 95 persen untuk penggunaan yang lebih lama. 

Baca juga: Cek Daftar iPhone yang Dapat Pembaruan iOS 18

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Menyusuri Pameran D'FESTA, Koleksi Foto dan Video 9 Grup dan 69 Idola K-Pop

BERIKUTNYA

Minat Bekerja di Jepang atau Jerman? Cek Program Tokutei Ginou & Ausbildung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: