Aktris Della Dartyan dalam film Sakaratul Maut. (Sumber gambar: Rapi Films)

Fakta-Fakta Menarik Film Sakaratul Maut, Tayang 1 Agustus 2024 di Bioskop

29 June 2024   |   10:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rumah produksi Rapi Films bekerja sama dengan Sky Media, Legacy Pictures, dan Rhaya Flicks akan merilis film horor bertajuk Sakaratul Maut. Film yang disutradarai oleh Sidharta Tata ini menawarkan kisah horor penuh teror berbalut supranatural dengan latar belakang konflik keluarga.
 
Menjelang perilisannya, trailer film Sakaratul Maut diluncurkan. Klip berdurasi dua menit lebih itu dibuka dengan adegan tokoh Retno (diperankan oleh Indah Permatasari) yang tampak berlari di tengah jalan raya membelah keramaian. Dia menghampiri tubuh Pak Wiryo (Jose Rizal Manua) yang tergeletak penuh luka akibat kecelakaan.
 
Kondisi Pak Wiryo memunculkan perdebatan di antara anak-anaknya. Retno menganggap bahwa sang ayah masih hidup dan bisa diselamatkan. Sementara Wati (Della Dartyan) menganggap Pak Wiryo sebenarnya sudah tidak bisa tertolong, hanya karena dibantu alat-alat medis. 

Baca juga: 10 Film Horor Indonesia Terlaris Sepanjang Paruh Pertama 2024
 
Di tengah kondisi itu, mereka juga harus menghadapi konflik soal warisan dengan Tarjo (Aksara Dena). Setelah dirawat di rumah sakit, akhirnya Pak Wirya dipulangkan dan dirawat di rumah. Sejak itu, situasi di rumah pun berubah menjadi penuh teror.
 
Beberapa adegan menunjukkan Pak Wiryo seperti sedang sakaratul maut dengan ekspresi yang mengerikan, serta gejala-gejala yang aneh. Suasana makin horor dengan kehadiran sosok jin yang muncul dari kamar, dan meneror anggota rumah satu per satu. 
 
Rupanya, ada sosok jin yang bersemayam di tubuh Pak Wiryo yang menyebabkan dia tidak bisa meninggal, dan terus mengalami sakaratul maut. Retno dan Pak Syafa’at (Landung Simatupang) kemudian berusaha menghentikan teror jin yang bernaung di tubuh Pak Wiryo. Klip penuh dengan ketegangan ini ditutup dengan adegan Wati yang ketakutan diikuti sosok jin yang tinggi besar.
 
Film Sakaratul Maut dijadwalkan tayang pada 1 Agustus 2024. Sebelum menonton jalinan kisahnya di bioskop, simak dulu sejumlah fakta menarik film Sakaratul Maut seperti yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id.


1. Sinopsis film Sakaratul Maut

Sakaratul Maut bercerita tentang Pak Wiryo dan Bu Wiryo, sepasang suami istri terpandang di Desa Umbul Krida. Keluarga mereka terlihat bahagia dan baik-baik saja. Namun, sebuah kecelakaan lalu lintas yang menimpa mereka menyebabkan Bu Wiryo tewas dan Pak Wiryo koma.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by RAPI FILMS (@rapifilm)


Retno (Indah Permatasari), anak bungsu mereka, menunda keberangkatannya ke Surabaya demi merawat ayahnya, dengan dibantu oleh Wati (Della Dartyan), kakaknya, meskipun peluang hidupnya sangat kecil. Masalah muncul ketika Wati memperebutkan warisan dengan Tarjo (Aksara Dena), adik tirinya dari pernikahan kedua Pak Wiryo.
 
Para tetangga pun mulai bergosip tentang pak Wiryo yang mempunyai “pegangan” hingga membuatnya sulit untuk meninggal. Satu per satu mereka mulai mengalami teror dari sosok jin yang sangat mengerikan, dan Pak Wiryo sendiri mulai menunjukkan gejala-gejala aneh dalam kondisi sekaratnya.


2. Film horor ketiga Sidharta Tata

Sakaratul Maut menjadi film horor ketiga yang disutradarai oleh Sidharta Tata. Sebelumnya, dia telah menggarap film Waktu Maghrib (2023) dan Malam Pencabut Nyawa (2024). Adapun, skenario Sakaratul Maut ditulis oleh Agasyah Karim, Khalid Kasogi, dan Bayu Kurnia.
 
Tata mengatakan berbeda dari film-film horor sebelumnya, dia mencoba mengeksplorasi konflik internal yang terjadi dalam sebuah keluarga di samping menyajikan kisah yang horor dan menyeramkan. Konflik yang diangkat seperti soal warisan keluarga, hingga konflik antaranak dan antarsaudara.
 
Tak hanya itu, Tata juga mencoba menghadirkan treatment-treament horor yang belum pernah dia lakukan dalam film Sakaratul Maut. "Itu sesuatu yang belum pernah saya kulik sebelumnya. Saya harap akan memberikan impresi seram yang berbeda yang bisa diterima oleh para penonton," katanya dalam keterangan tertulis. 
 
 

3. Kolaborasi Rapi Films & Tata kedua

Sakaratul Maut juga menjadi film kedua hasil kerja sama Rapi Films dengan Sidharta Tata. Sebelumnya, mereka telah merilis film horor Waktu Maghrib (2023), yang sekaligus menandai debut Tata menggarap film panjang. Di bioskop, film itu mencetak box office dengan torehan 2 juta lebih penonton.
 
"Sakaratul Maut merupakan film horor kedua Rapi Films dengan Sidharta Tata. Dengan penggarapan khas dari Tata yang 
mengangkat cerita horor lokal, saya berharap semoga film Sakaratul Maut bisa mengikuti kesuksesan film sebelumnya dan dapat dinikmati para pencinta film horor Indonesia," ujar Sunil G. Samtani selaku produser.
 

4. Indah Permatasari sempat ogah bintangi film horor

Dalam film Sakaratul Maut, Indah Permatasari didapuk menjadi salah satu karakter utama bernama Retno. Ini menjadi film horor ketiga yang dibintanginya setelah Si Manis Jembatan Ancol (2019) dan Agak Laen (2024).
 
Lewat akun media sosial pribadinya, Indah mengaku sudah tidak begitu tertarik untuk membintangi film horor. Namun, dia justru memiliki pendangan yang berbeda mengenai film horor setelah membaca skrip Sakaratul Maut
 
"Awalnya, aku tuh enggan mengambil peran horor dan mempertimbangkan menunggu tawaran karakter yang lebih menantang. Tetapi, setelah membaca naskahnya, film Sakaratul Maut ini membuat aku berubah pikiran," tulisnya.
 
Menurutnya, salah satu bagian yang paling menarik dari film ini adalah banyak mengulas secara tersirat pilihan-pilihan hidup manusia, yang akan menjadi pertimbangan utama menuju kehidupan selanjutnya. Hal ini yang menurutnya membuat Sakaratul Maut hadir bukan sebagai film horor yang hanya menjadi medium menghadirkan kengerian yang kosong, tetapi juga memberikan gambaran kehidupan manusia.
 
"Pada akhirnya horor hanyalah sebuah pilihan genre. Filmnya berkualitas atau tidak, itu tergantung penulisan, pendalaman karakter dan keseriusan segenap pihak yang terlibat," kata aktris kelahiran Makassar itu.
 
Selain Indah Permatasari, Sakaratul Maut juga dibintangi oleh Della Dartyan, Jose Rizal Manua, Landung Simatupang, Claresta Taufan, Maryam Supraba, dan Aksara Dena.

Baca juga: 7 Film Indonesia Tayang Juli 2024 di Bioskop, Didominasi Horor

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Simak Sejarah & Tema Hari Keluarga Nasional 2024, Diperingati Tiap 29 Juni

BERIKUTNYA

Treasure Relay Tour Reboot 29 & 30 Juni 2024 di Jakarta: Cek Rundown sampai Prediksi Setlist

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: