Deretan tempat tersunyi di dunia. (Sumber: Pixabay/Antranias)

Tempat Tersunyi di Dunia ini Cocok untuk Healing

29 June 2024   |   22:00 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Bagi sebagian besar orang, jauh dari hiruk pikuk keramaian kota dan berada di tempat terpencil mungkin akan terasa sangat menenangkan sekaligus menyenangkan. Namun, bagaimana jika kalian berada di tempat yang rasanya hanya ada kalian seorang? 

Ya, ada sejumlah kawasan di belahan bumi ini yang memiliki suasana begitu hening sehingga cocok untuk dijadikan tempat untuk healing dan berkomplasi dalam kesendirian.

Berikut adalah tempat-tempat tersunyi di dunia yang memiliki suasana menenangkan sekaligus menyenangkan.


1. Orfield Laboratories

Bangunan yang terletak Minnesota ini awalnya adalah studio terkenal dengan nama Sound 80, sebelum akhirnya berubah menjadi salah satu ruang paling tenang di Bumi. Bahkan, studio ini sempat menjadi rumah rekaman untuk Bob Dylan dalam perekaman albumnya “Blood on the Tracks”. 

Menurut Orfield, pemilik tempat ini, dilansir dari CBS News, kalian akan mendengarkan suara 'organ' dalam kalian seperti detak jantung atau suara persendian dalam tubuh jika kalian berdiam lama di ruangan tersebut.


2. Anechoic Room by Microsoft

Guinness Book of Record menetapkan tempat ini sebagai tempat paling tenang di muka Bumi. Ruangan ini terletak di kantor pusat Redmond, Washington. Tidak ada satupun orang yang dapat bertahan di ruangan ini lebih dari satu jam. Ruangan ini mampu untuk menghalangi segala suara dari luar ruangan.

Kalian akan dapat mendengarkan suara detak jantung kalian, suara nafas, hingga suara tulang kalian yang berderit. Namun, kesunyian di ruangan ini akan membuat telinga kalian berdenging dan hilangnya keseimbangan karena kurangnya gaung di dalam ruangan.


3. Cenote Tak Be Ha

Dari sekitar 7.000 gua di dunia, Cenote Tak Be Ha disebut-sebut sebagai salah satu gua paling sunyi di dunia – bahkan disebut sebagai tempat tersunyi di dunia. Kalian akan merasakan suasana yang sangat sunyi ketika memasuki gua ini dan sesekali terdengar suara tetesan air.


4. Kelso Dunes

Gurun yang terletak di Amerika Serikat ini memiliki makhluk hidup yang sangat sedikit di dalamnya, terutama satwa liar. Teriknya panas matahari juga membuat wisatawan malas untuk mengunjungi tempat ini. Kelso Dunes juga bukan daerah yang biasa dilewati pesawat, mobil, maupun jenis kendaraan lainnya.


5. Kielder Mires

Tempat ini dinobatkan sebagai tempat tersunyi oleh The Telegraph. Selain itu, akademisi dari Universitas Salford, Trevor Cox, juga menyatakan tempat ini adalah tempat paling tenang di Inggris. Profesor Cox adalah orang pertama yang melakukan perjalanan ke tempat ini.

Letaknya yang dekat dengan pangkalan militer dan berada jauh dari pemukiman – 2 jam menuju pemukiman terdekat – menghadirkan perasaan tak nyaman setiap kali kalian menginjakkan kaki di tempat ini. Tidak hanya itu, rute yang harus dilalui untuk menuju tempat ini juga kurang terjangkau, seperti jalan setapak bekas tambang, menyeberangi sungai yang meluap, dan membelah pepohonan pinus. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Intip Fitur SmartFold AI, Teknologi Kecerdasan Buatan Terbaru dari Vivo

BERIKUTNYA

Cek Kiat Produser Yulia Evina Bhara Agar Lolos ke Festival Film Internasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: